fbpx

Sudah Siap? Ini Dia Prediksi Tren HR 2024!

Bagikan artikel ini

Tren Sumber Daya Manusia

Seperti kapal yang membutuhkan kapten, begitu pula dengan bisnis yang memerlukan manajemen sumber daya manusia sebagai pengarah dalam melewati perairan yang belum terpetakan. Dari model kerja hybrid yang lebih efisien hingga AI dan analisis prediktif, tren SDM yang terus berkembang kian mengubah SDM. 

Untuk mengikuti perkembangan HR yang terus berevolusi, Anda harus bersiap menghadapi perubahan yang terjadi. Lagi pula, bukankah kesuksesan adalah hasil dari persiapan dan pertemuan dengan peluang? Mengingat hal tersebut, mari kita simak tren SDM tahun 2024 yang ditandai dengan perkembangan teknologi, pergeseran generasi dan kebutuhan karyawan yang semakin beragam. Para HR dituntut untuk mampu beradaptasi dan terus berinovasi agar tetap relevan dengan apa yang ada dalam dunia ini. 

4 Tren HR di Tahun 2024 

1. Generatif AI Untuk Meningkatkan Proses SDM 

Meskipun AI sudah mulai diterapkan dalam beberapa tahun terakhir, perkembangannya telah diperkirakan terus meningkat di tahun 2024. Bahkan, ini menjadi salah satu tren HR paling populer di tahun 2024 terutama untuk proses SDM. Proses ini termasuk rekrutmen, evaluasi karyawan hingga pengelolaan gaji karyawan. 

Baca Selengkapnya :   Segera Hadir, SmartPresence Fight Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Corona

Menariknya lagi, berdasarkan studi dari International Data Corporation (IDC), diperkirakan 80% dari 2000 organisasi global akan lebih mengandalkan kemampuan AI atau Machine Learning (ML) dalam mempermudah proses rekrutmen, rencana tenaga kerja, pengembangan pribadi dan tugas administratif. Nah, tentu saja akan ada tantangan yaitu menemukan keseimbangan antara efisiensi yang diberikan AI tapi tetap mempertahankan kualitas manusia yang masih penting. Sehingga dibutuhkan pemahaman bagaimana teknologi hadir sebagai pendukung bukan pengganti peran manusia dalam organisasi. 

2. Keanekaragaman, kesetaraan dan inklusi (DEI)

Organisasi pastinya terus berusaha menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dengan mencerminkan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini bisa dicapai dengan menitikberatkan fokus utamanya terhadap strategi HR dengan mengembangkan strategi DEI. Strategi DEI yang dimaksud disini adalah melatih kesadaran bias, proses perekrutan yang beragam serta kebijakan yang mendukung kesetaraan. Dengan begitu akan tercipta peningkatan akan inovasi dan kinerja perusahaan. 

3. Fleksibilitas kerja 

Yang pertama kali muncul di benak masyarakat ketika membahas tentang fleksibilitas kerja itu hanya berlaku di masa pandemi. Padahal, meski pandemi telah berakhir, beberapa perusahaan menjadi terbiasa dengan aturan kerja secara remote. Bahkan, fleksibilitas yang dimaksud bukan hanya bekerja remote, tetapi termasuk sistem kerja secara hybrid atau work from anywhere. Dengan begitu, strategi pekerjaan yang mengedepankan fleksibilitas kerja diperkirakan tetap relevan di tahun 2024 mengingat tren ini juga didukung oleh kemajuan teknologi seperti cloud, yang memungkinkan untuk bekerja dimanapun lokasinya. 

Baca Selengkapnya :   Meningkatkan Keefektifan HR Analytics dengan Teknologi Absensi Online

4. Hadir generasi baru di tempat kerja 

Di tahun 2024 dunia kerja akan lebih didominasi oleh Generasi Z, sedangkan pihak milenial akan mendominasi senior. Dengan kondisi demikian, HR akan dihadapkan pada tantangan untuk mengubah ekspektasi yang berbeda, dimana Gen Z lebih memilih keseimbangan antara kerja dan hidup (work-life balance), keberagaman dan inklusi. Jadi, HR dituntut untuk mampu menciptakan lingkungan kerja yang mampu menarik produktivitas para Gen Z sehingga perusahaan tetap berada dalam kondisi yang stabil. 

Tren HR 2024 melahirkan era baru dalam manajemen sumber daya manusia (SDM), dimana teknologi, adaptasi, dan kebutuhan generasi baru terhadap perubahan lingkungan kerja menjadi kunci utamanya. Dengan perubahan yang ada, HR lah yang menjadi petunjuk perubahan dengan memastikan keseimbangan antara teknologi dan kemanusiaan sembari tetap mengembangkan talenta mereka. 

Jadi, apakah Anda sudah siap menghadapi tren dunia HR di tahun 2024 dan menjadi terdepan? 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!