Sales Monitoring adalah pemantauan atas kegiatan sales atau penjualan agar sesuai dengan target penjualan. Tugas ini menjadi salah satu tanggung jawab Sales Manager atau Manajer Penjualan dalam memantau kinerja tim Sales.
Sales Monitoring harus dilakukan dengan baik agar Manajer dapat memberikan dukungan serta masukan untuk kinerja penjualan. Lantas, bagaimana cara melaksanakan Sales Monitoring dengan baik? Pelajari di artikel ini!
Daftar Isi
ToggleApa Itu Sales Monitoring?
Sales Monitoring adalah kegiatan mengawasi, memantau, serta menganalisis proses sales atau penjualan suatu bisnis. Melalui pemantauan, didapat data serta analisis mengenai performa penjualan.
Monitoring dapat dilakukan dengan konvensional secara offline atau dengan teknologi secara online. Sales Monitoring konvensional mengandalkan pada analisis dan riset laporan penjualan, wawancara dan rapat dengan tim penjualan . Sementara, pemantauan dengan teknologi menggunakan sistem berbasis cloud, software, hingga CRM atau Customer Relationship Management.
Apa Manfaat Pemantauan Penjualan?
Memantau penjualan memiliki beberapa manfaat bagi penjualan dan perusahaan secara umum, yaitu:
1. Memastikan Strategi Penjualan berjalan dengan baik
Melalui Pemantauan, manajer dan tim penjualan dapat memantau progress atau kemajuan penjualan secara bertahap. Pemantauan dapat memberikan analisis yang dapat menjadi bahan evaluasi agar performa tim penjualan dapat terus meningkat.
2. Memantau Hubungan dengan Pelanggan
Pemantauan dapat mengikutsertakan CRM atau Customer Relationship Management sebagai salah satu fitur. Melalui pemantauan, dapat dianalisis apakah strategi penjualan terimplementasi secara efektif pada pelanggan.
3. Menyusun Prediksi Penjualan yang Akurat
Selain memantau penjualan saat ini, hasil pemantauan Sales juga dapat menjadi dasar untuk menyusun prediksi hasil penjualan yang akurat.
Baca juga: Onboarding Karyawan: Pengertian & Tips Melakukannya
4 Pilar Sales Monitoring
Terdapat 4 pilar yang mendasari Pemantauan Penjualan yang efektif, yaitu:
1. Activity Monitoring
Activity Monitoring atau Pemantauan Aktivitas fokus pada pemantauan aktivitas penjualan, seperti kontak dengan leads. Pengawasan dilakukan untuk memastikan penjualan dilaksanakan sesuai target dan timeline agar strategi dapat berjalan sesuai rencana.
2. Lead Monitoring
Leads adalah bagian dari audiens yang terdampak atau terpengaruh oleh aktivitas penjualan dan berpotensi menjadi konsumen aktual. Pemantauan perlu dilakukan terhadap hubungan antara perusahaan dan leads agar leads dapat berkontribusi langsung pada penjualan.
3. Pipeline Monitoring
Pemantauan Pipeline dilakukan untuk memastikan apakah leads penjualan benar-benar melakukan transaksi. Pemantauan akan memberi informasi mengenai tahap pipeline yang tengah dilakukan oleh calon konsumen. Selain itu, pemantauan pipeline juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi siklus transaksi bisnis dan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi.
4. Analisis Performa
Analisis ini memantau data penjualan yang berkaitan dengan hasil penjualan serta kaitannya dengan ekspektasi strategi. Contohnya, apakah pendapatan yang dicapai sesuai dengan target, siapa tim sales yang paling berhasil mencapai target, dan lain-lain. Analisis performa berguna bagi manajer dan tim Sales untuk mengevaluasi kinerja mereka.
Ternyata, melakukan Sales Monitoring sangat penting, ya! Dengan pemantauan, perusahaan dapat memastikan penjualan berjalan dengan baik.
Cari tahu tips bisnis lainnya dalam blog SmartPresence!