fbpx

5 Alasan Absensi Online Siswa Harus Dilakukan

Bagikan artikel ini

absensi online siswa

Absensi Online Siswa dengan cara digital sebenarnya sudah populer di beberapa kota besar di Indonesia sebelum wabah Covid-19. Karena kondisi lingkungan sekolah dan kemajuan technologi maka absensi online siswa semakin banyak digunakan oleh sekolah sekolah di Indonesia.

Absensi Merupakan hal yang sangatlah diperlukan dalam sebuah instansi pendidikan dikarenakan dengan absensi ini pihak sekolah dapat memantau kedisiplinan siswa. Absensi yang dilakukan setiap harinya oleh siswa diharapkan menjadi sebuah indikator penerapan nilai-nilai bela negara pada diri siswa seperti nilai-nilai kedisiplinan, ketekunan, kejujuran, semangat, dan etos kerja.

Sistem absensi konvensional umumnya menggunakan id card, finger print atau secara manual dengan menulis nama atau membuat tanda tangan. Metode tersebut jelas memiliki banyak celah yang bisa dimanfaatkan untuk memanipulasi kehadiran.

National Institute of Technology Rourkela melakukan peneliatian sistem absensi dengan mobile device pada tahun 2012. Proses absensi ini menghasilkan kesimpulan bahwa, penggunaan sistem ini dapat mengakibatkan pengurangan jumlah jam yang dihabiskan dalam melihat detail kehadiran dalam database server. Ini juga menyediakan interface yang mudah dipahami oleh pengguna dan sangat membantu dalam beradaptasi dengan penggunaan sistem. Link Penelitian http://ethesis.nitrkl.ac.in/5195/1/109CS0146.pdf

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 3 Contoh Proker/Program Kerja dalam Perusahaan!

Kali ini kita akan membahas 6 hal yang jadi alasan Absensi Online Siswa harus dilakukan

  1. Efektifitas Laporan
  2. Keamanan yang lebih terjamin
  3. Fleksibilitas aktifitas
  4. Terintergrasi dengan sitem lain
  5. Pemantauan Realtime

Berikut pejabarannya

Efektifitas Laporan

Penggunaan aplikasi untuk Absensi Online Siswa tentu memiliki kerumitan yang berbeda setiap sekolah. Pada umumnya Efektifitas pembuatan laporan absensi adalah salah satu hal yang selalu menjadi masalah yang ada dari waktu ke waktu. Sebelum adanya aplikasi absesnsi online yang populer akhir akhir ini, cara konvensional absensi bagi siswa adalah penggunaan absensi satu arah dari guru dengan cara memanggil nama setiap anak yang berada di kelas. Laporan hasil absensi tersebut kemudian di distribusikan ke bagian Tata Usaha untuk dilakukan rekapitulasi absensi siswa. Laporan absensi siswa hasil dari bagian Tata Usaha kemudian akan di laporkan kepada Kelasa sekolah setiap semesternya.

Dengan menggunakan absensi online siswa, alur yang panjang tersebut dapat disingkat. Siswa dapat melakukan absen mandiri setiap masuk di pagi hari dan bahkan siswa bisa melakukan absen mandiri setiap pelajaran. Dengan system ini Guru tidak perlu lagi melakukan absensi setiap pelajaran dan artinya waktu yang digunakan bisa digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar. Di lain pihak, bagian Tata Usaha akan sangat menghemat waktu, alih alih melakukan rekapilutasi absen ratusan kelas setiap hari, dengan absen online semua laporan otomatis dibuat oleh sistem.

Baca Selengkapnya :   Jenis Pekerjaan Yang Cocok Terhadap Kepribadian

Keamanan yang lebih terjamin

Penggunaan Absensi Online siswa memberikan keamanan yang lebih baik. Dalam proses pengumpulan – pengolahan -pelaporan – penyimpanan data absensi siswa pasti memiliki kerawanan disetiap langkahnya, absensi online dapat mengurangi resiko keamanan yang bisa terjadi seperti :

Pada fase pengumpulan – penyalahgunaan absen sering kali dilakukan dengan cara memanipulasi kehadiran siswa, hal ini bisa ditekan potensinya dengan absensi online.

Pada fase pengolahan – kebocoran data bisa terjadi karena akses terhadap absensi dapat dengan mudah dilakukan. dengan menggunakan absensi online, pada fase pengolahan absen yang dilakukan oleh bagian Tata Usaha dapat dilakukan dengan tepat.

Pada fase pelaporan – pelaporan absensi siswa biasanya dilakukan dalam bentuk fisik dan diberikan kepada wali kelas dan kepala sekolah, pada laporan laporan tertentu yang bersifat sensitif absensi online memberikan keamanan yang lebih baik.

Pada fase penyimpanan – data absensi siswa biasanya disimpan dalam bentuk fisik dalam ruangan tertentu, hal ini menghadapi resiko ketika terjadi bencana alam atau musibah seperti banjir dan kebakaran. Tentu dengan absensi siswa online berbasis cloud hal ini bisa dihindarkan. data siswa tetap bisa dijaga dengan baik.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Syarat Pengajuan Cuti Karyawan !

Fleksibilitas aktifitas

Contoh Fleksibilitas aktifitas dengan penggunaan absensi siswa online dapat dilakukan dengan membuat jaringan dengan batasan lokasi kusus agar para siswa hanya bisa melakukan absen di area tertentu. Jika aturan sekolah berupah syarat ketentuan juga bisa dirubah mengikuti aturan sekolah dengan mudah seperti hari libur, perubahan jam masuk sekolah pada hari tertentu.

Terintergrasi dengan sitem lain

Penggunaan Absensi Online tentu berfariasi dan memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Hal ini pada akhirnya membutuhkan aplikasi pendukung lain, kadang dihubungkan dengan aplikasi pengolah yang lebih populer terhadap pekerja di sekolah.

Pemantauan Realtime

Kelebihan terakhir adalah pemantauan Realtime, ini adalah kelebihan yang manfaatnya secara langsung terasa ketika menggunakan absensi online . Semua lapisan yang bertanggung jawab dan memerlukan data tentang absensi online dapat melihat disaat itu juga, tidak hanya guru, orang tua juga dapat melakukan akses terhadap absensi online sang anak.

Setelah 5 kelebihan absensi online siswa telah kita bahas, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pemegang keputusan untuk menentukan kebijaksanaan di sekolah.

Smartpresence.id sebagai salah satu aplikasi terbaik dapat juga digunakan untuk aplikasi absensi karyawan termasuk guru, dan semua pegawai di sekolah. informasi tentang detail tentang aplikasi absensi karyawan dapat di check smartpresence.id

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!