fbpx

Manfaat Aplikasi Cuti Berbasis Web bagi Perusahaan

Bagikan artikel ini

Aplikasi Cuti Berbasis Web

Cuti merupakan hak setiap karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan yang dapat dipergunakan untuk izin tidak masuk kerja karena alasan tertentu. Hal tersebut juga telah diatur oleh diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Mengelola cuti secara manual untuk beberapa karyawan saja mungkin terlihat mudah, akan tetapi bila karyawan pada perusahaan tersebut banyak maka hal tersebut akan sangat sulit dan melelahkan. 

Agar pengelolaan cuti lebih mudah dan efisien sebaiknya perusahaan menggunakan aplikasi cuti baik itu aplikasi cuti berbasis web maupun aplikasi cuti berbasis desktop. Karena dengan bantuan aplikasi cuti, perusahaan dapat dengan mudah melihat laporan cuti seluruh karyawan ataupun untuk mengetahui siapa saja karyawan yang sedang mengambil cuti. Selain itu dengan aplikasi cuti karyawan juga bisa mengetahui sisa cuti yang ia miliki, sehingga karyawan dapat mengajukan cuti dengan lebih bijak.

Saat ini sudah banyak developer mengembangkan aplikasi cuti, baik itu aplikasi cuti berbasis web yang gratis ataupun yang berbayar dan dapat diakses secara online maupun offline. Anda hanya perlu mencari aplikasi cuti sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan menggunakan aplikasi cuti, Anda tidak akan kerepotan dalam mengelola dan melaporkan cuti karyawan di perusahaan.

Baca Selengkapnya :   5 Keterampilan SDM yang Diincar Perusahaan!

Mana Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Cuti atau Mengelola Cuti Manual ?

Jika dibandingkan dengan aplikasi cuti, pengelolaan cuti secara manual akan memakan waktu lama dan sulit untuk direkapitulasi. Hal ini dikarenakan jumlah karyawan yang banyak dalam perusahaan. Selain itu karyawan akan mengalami kesulitan karena harus membuat surat pengajuan cuti terlebih dahulu dalam kondisi genting seperti adanya anggota keluarga yang sakit atau meninggal. Hal tersebut tidak mungkin bagi karyawan harus membuat dan mengajukan surat cuti ke perusahaan terlebih disaat seperti itu. 

Mungkin bagi beberapa perusahaan memiliki kebijakan bila hal-hal tersebut terjadi, karyawan hanya perlu memberitahu atasannya dan HR bahwa pada hari itu ia tidak bisa bekerja karena ada hal genting dan surat pengajuan cuti dapat menyusul. Akan tetapi bila karyawan yang bersangkutan lupa memberikan surat pengajuan cuti HR dan HR pun juga lupa hal tersebut. Maka di akhir bulan ketika rekapitulasi absensi karyawan karyawan tersebut bisa saja dianggap tidak bekerja tanpa adanya keterangan yang jelas dan hal ini akan berpengaruh pada pendapatan si karyawan.

Baca Selengkapnya :   Peraturan THR Terkini 2024!

Sementara itu, aplikasi cuti memberikan sebuah kemudahan dalam mengelola cuti karyawan di perusahaan. Mulai dari pengajuan cuti yang dapat dilakukan secara real time sehingga dapat diketahui oleh atasan dan HR. Dengan kemudahaan ini juga karyawan dapat dengan cepat mengetahui apakah pengajuan cutinya di setujui atau tidak.  Jadi karyawan tidak perlu lagi menuliskan surat pengajuan cuti, karena seluruh prosesnya sudah tersusun secara otomatis. Karyawan hanya perlu mengajukan cuti melalui aplikasinya saja.

Manfaat Aplikasi Cuti

Menggunakan aplikasi cuti mempunyai beberapa manfaat bagi perusahaan dan karyawan. Manfaat tersebut tidak akan ditemukan bila Anda mengelola cuti secara manual. Apa saja manfaat yang dimaksud?

Memudahkan Koordinasi

Koordinasi mengenai cuti antara karyawan dan perusahaan dilakukan menggunakan aplikasi cuti online, membuat karyawan dapat mengajukan cuti secara mendadak ketika ada urusan tertentu. Kemudian pengajuan cuti akan masuk kedalam sistem dan ditindak langsung oleh perusahaan.

Terlacak secara Real Time

Sistem aplikasi yang terintegrasi secara real time membuat pengajuan cuti mudah dilacak. Perusahaan lebih mudah melacak karyawan mana saja yang mengajukan cuti. Lalu, perusahaan akan mengambil keputusan terkait pendelegasian tugas kepada karyawan yang tidak mengajukan cuti.

Hemat Waktu

Karena tidak membutuhkan berbagai surat pengajuan dan approval dapat dilakukan secara langsung. Karena prosedurnya mudah dan sederhana, pengajuan dan persetujuan cuti menghemat waktu.

Baca Selengkapnya :   Tugas Dan Tanggung Jawab Manager Hrd

Fleksibel

Karena aplikasi untuk mengelola cuti berbasis online, karyawan dapat mengajukan cuti saat itu juga tanpa perlu harus ke kantor atau membuat surat cuti termasuk saat si karyawan masih berada di rumah. Pihak HR pun bisa menerima dan menyetujui dimana saja. Fleksibilitas ini sangat berguna apalagi di masa pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung karena adanya peraturan work from home.

Aman dan Rahasia

Dengan menggunakan aplikasi cuti akan menjamin kerahasiaan serta keamanan data dan informasi karyawan. Data dan informasi karyawan yang masuk dalam pengelolaan cuti bersifat rahasia dan tidak dapat diketahui siapa pun kecuali karyawan dan dan pihak HR sendiri. Jika data dan informasi karyawan jatuh ke tangan orang yang bertanggung jawab, maka akan ada kemungkinan terjadinya manipulasi dan disalahgunakan.

Itu tadi beberapa manfaat dari aplikasi cuti, dimana perusahaan juga bisa menggunakan SmartPresence sebagai sistem pengelolaan cutinya. SmartPresence selain memberikan kemudahan dalam melakukan absensi juga memberikan fasilitas pengelolaan cuti karyawan yang mana akan sangat berguna bagi perusahaan. Jadi tunggu apa lagi segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan penawaran spesial uji coba GRATIS!!!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!