fbpx

Ini Dia Tanggung Jawab Manajemen SDM !!!

Bagikan artikel ini

Manajemen Sumber Daya Manusia

Di dalam sebuah perusahaan, peran departemen yang menangani manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) sangatlah besar. Pekerjaan departemen ini akan sangat menentukan bagaimana kualitas masing – masing karyawan dan kesuksesan yang dapat dicapai oleh perusahaan dengan Sumber Daya Manusia yang mereka miliki.

Departemen ini memiliki fungsi yang sangat penting karena merekalah yang akan mengatur proses perekrutan tenaga kerja, melakukan analisis kebijakan terkait tenaga kerja, pendidikan tenaga kerja, dan juga kesejahteraan masing – masing tenaga kerja.

Dengan begitu, tim manajemen SDM adalah mereka yang mengatur dan merencanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan hak dan kewajiban setiap SDM atau karyawan dalam perusahaan. Manajemen ini termasuk dalam manajemen kinerja karyawan, pelatihan dan pendidikan karyawan, administrasi, komunikasi, gaji dan kompensasi, kesehatan, keamanan, hingga pengembangan organisasi. Berikut ini 10 tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan.

Menangani hubungan dengan karyawan

Pada umumnya HR menangani hubungan karyawan-ke-karyawan serta hubungan karyawan-ke-perusahaan. Ini berarti mereka bekerja untuk mengembangkan interaksi dan perlakuan positif di antara semua karyawan dalam perusahaan sehingga mereka merasa nyaman untuk bekerja, berkomitmen pada pekerjaan mereka, dan berinvestasi dalam pertumbuhan bisnis. Baik itu masalah pribadi atau masalah yang terkait dengan pekerjaan, manajemen Sumber Daya Manusia akan menangani semua masalah dengan hati-hati dan selalu memikirkan kepentingan terbaik bagi perusahaan dan karyawan.

Baca Selengkapnya :   Berapa Kenaikan UMP 2023? Ini Daftarnya!

Menciptakan struktur pekerjaan

Departemen SDM akan menangani seluruh rencana kepegawaian dalam perusahaan yang artinya mereka akan mengidentifikasi celah dalam struktur karyawan saat ini dan mengisinya dengan memperoleh bakat baru. Mereka juga bertanggung jawab untuk memberhentikan karyawan yang tidak memenuhi standar perusahaan. Manajemen SDM akan memastikan bahwa perusahaan memiliki orang-orang yang tepat untuk membantu mengembangkan bisnisnya.

Memberikan kepuasan kerja kepada karyawan

Setelah karyawan mulai bekerja, Anda pasti ingin memastikan mereka bersemangat untuk datang ke kantor setiap hari dan menambah nilai bagi perusahaan. Jika karyawan senang dengan peran mereka, merasa seolah-olah mereka dapat tumbuh dalam perusahaan dan dapat berganti departemen jika mereka mau, mereka akan cenderung menjadi anggota tim yang produktif. Manajemen SDM akan memastikan semua karyawan benar-benar merasa puas dengan peran mereka dan akan bekerja dengan baik di perusahaan.

Mengelola tunjangan karyawan

Departemen SDM akan menangani jumlah dan jenis tunjangan karyawan yang diberikan perusahaan. Memberikan manfaat karyawan yang baik sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda karena terbukti menarik dan mempertahankan bakat serta meningkatkan produktivitas karyawan. Tunjangan membuat karyawan tetap puas dengan memberi mereka berbagai fasilitas dan dan membuat mereka merasa aman dalam pekerjaan    mereka.

Baca Selengkapnya :   Apa itu Attendance Management ?

Menangani kompensasi

Semua pekerjaan penggajian dan kompensasi biasanya dikelola oleh manajemen SDM. Hal ini termasuk gaji karyawan, jadwal pembayaran dan semua dokumen terkait pajak lainnya. Jika seorang karyawan ditawari promosi, atau jika karyawan diberi bonus, HR akan menangani semua perubahan dalam jadwal pembayaran reguler mereka.

Menjaga rencana bisnis perusahaan

Departemen SDM akan membantu perusahaan membuat, mendistribusikan, dan memelihara rencana bisnis perusahaan. Hal tersebut berfungsi sebagai ikhtisar struktur organisasi perusahaan Anda. Ini mencakup filosofi dan budaya perusahaan Anda, cara Anda mengelola karyawan, dan cara Anda mendistribusikan sumber daya.

Memberikan pelatihan karyawan baru

Ketika seorang karyawan dipekerjakan, HR akan membawa mereka untuk melakukan pelatihan yang memang mereka butuhkan sebelum terjun ke dalam tugas sehari-hari mereka. Baik itu satu hari atau enam minggu, pelatihan perekrutan baru sangat penting untuk membuat orang tersebut merasa nyaman dengan peran baru mereka. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menetapkan ekspektasi sejak dini dan mempersiapkannya sehingga mereka dapat mulai memberikan pengaruh secepat mungkin.

Baca Selengkapnya :   Pimpinan perusahaan bisa berawal dari HR.

Membuat standar budaya perusahaan

HR bertanggung jawab untuk membantu Anda menciptakan dan memelihara budaya perusahaan termasuk filosofi, pernyataan misi, dan lingkungan kerja. Ini juga mencakup standar etika, nilai, sasaran, dan harapan perusahaan. HR dapat mengimplementasikan pemrograman, aktivitas, check-in, atau acara di kantor sehingga karyawan dapat belajar dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya.

Menjaga lingkungan kerja yang sehat

Manajemen SDM akan membantu Perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi seluruh karyawan. Peran mereka dalam hal ini termasuk menetapkan standar kesehatan dan keselamatan di kantor, mengkomunikasikan standar ini kepada semua karyawan serta menegakkannya seiring pertumbuhan bisnis. Standar kesehatan dan keselamatan ini harus ditulis sehingga dapat dengan mudah direferensikan kapan saja pada waktu terdapat karyawan baru di perusahaan.

Menangani pekerjaan administratif yang diperlukan

Banyak pekerjaan administrasi perusahaan yang dapat ditangani oleh HR. Ini termasuk dokumen yang terkait dengan undang-undang ketenagakerjaan, lamaran pekerjaan, informasi penggajian dan waktu, dan kontrak karyawan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!