fbpx

6 Tips Untuk Meningkatkan Skill Komunikasi di Lingkungan Kerja

Bagikan artikel ini

Skill Komunikasi

Anda tentunya pasti sudah tahu bahwa komunikasi telah menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Komunikasi disini bukan hanya sekedar mampu berbicara dengan baik saja, tapi bagaimana cara seseorang dalam memproses sebuah pesan dan bisa menyampaikannya kembali dengan jelas dan akurat. 

Tapi, di beberapa kasus, beberapa orang mungkin kesulitan untuk berkomunikasi dengan baik. Inilah yang kemudian menjadi penghalang seseorang dalam berinteraksi di berbagai kondisi tertentu. Demi mengatasi hal ini, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara berikut untuk meningkatkan skill komunikasi. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara meningkatkan skill komunikasi 

Fokus pada apa yang ingin disampaikan 

Ketika berbicara dengan karyawan, jangan bicara bertele-tele karena akan membuat kemampuan komunikasi Anda terlihat buruk. Sampaikan apa yang ingin Anda sampaikan secara lugas dan langsung pada intinya. Jadi, sebelum Anda akan berbicara dengan klien atau karyawan, pastikan Anda berpikir dan menyusun kata-kata apa yang ingin Anda sampaikan. Dari pada Anda fokus untuk memikirkan apa yang harus dilakukan sebaiknya Anda berfokus pada alasan Anda berkomunikasi dengan mereka dan inti atau poin penting dari hal yang akan disampaikan. Dengan begitu, informasi yang disampaikan dapat diterima dengan mudah dan otomatis kemampuan komunikasi akan semakin berkembang. 

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Interpersonal Skill Bagi Karyawan!

Latihan berbicara di depan banyak orang 

Berbicara di depan banyak orang memang menjadi hal yang sulit dilakukan, apalagi ketika Anda malu, takut, gugup, Anda dituntut untuk melawan rasa itu. Mulai dengan belajar berbicara di depan kaca untuk bisa melihat dan mengontrol ekspresi wajah, intonasi dan nada Anda saat akan menyampaikan informasi. Setelah itu, Anda bisa mencoba memberanikan diri untuk tampil dan berbicara di depan umum. Tidak harus dalam jumlah yang besar, Anda bisa berbicara di depan teman atau anggota tim sebagai audiens. Hal ini tentunya akan membuat skill komunikasi Anda semakin berkembang dan percaya diri meningkat. 

Pahami situasi dan konteks pembicaraan 

Latih diri Anda untuk bisa memahami konteks dari pembicaraan dengan menjadi pendengar yang baik. Alih-alih hanya diam dan mendengarkan, coba sesekali bergabung ketika sedang ada pembicaraan. Tapi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendengarkan dahulu, pahami topik yang sedang terjalin di dalam ruang pekerjaan tersebut. Setelah itu, Anda bisa merespon sesuai dengan pemahaman yang Anda miliki tentang topik tersebut. Memahami konteks pembicaraan membuat Anda dapat merespon pesan yang disampaikan secara baik, dan pembicaraan yang dilakukan tidak kemana-mana. 

Baca Selengkapnya :   5 Tips Kerja Sambil Healing Buat Kamu yang Hobi Travelling

Perluas jaringan atau relasi 

Hal ini bisa dilakukan dengan memperluas networking Anda yang bukan hanya sebatas teman kantor, tetapi juga hubungan baik dengan yang berpotensi membantu Anda di masa depan. Ketika Anda mempunyai jaringan yang luas, maka bukan hanya kemampuan komunikasi Anda yang berkembang, tetapi wawasan juga semakin luas.

Tingkatkan kemampuan komunikasi tertulis 

Walaupun melakukan interaksi secara langsung menjadi cara terbaik untuk meningkatkan skill komunikasi, Anda bukan berarti bisa mengesampingkan komunikasi tertulis. Hal ini karena, Anda akan menyampaikan informasi kepada client dan karyawan dalam bentuk tertulis, sehingga diperlukan penulisan yang lengkap, jelas, ringkas, dan dipahami.

Pelajari komunikasi non-verbal 

Dikatakan bahwa komunikasi nonverbal menyumbang 55% dari bagaimana audiens memandang seseorang. Informasi inilah yang menjadi acuan penting bagi kita untuk paham akan etika berpakaian, bagaimana gerak dan bahasa tubuh yang baik. Dengan begitu, komunikasi yang kita lakukan terkesan terpercaya dan mudah dipahami oleh rekan kerja.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang meningkatkan skill komunikasi. Selalu berlatih dan perhatikan hal-hal penting lainnya seperti intonasi, bahasa tubuh, ekspresi wajah, audiens Anda dan kontak mata. Dengan begitu, perjalanan komunikasi akan membawa Anda kepada pos keefektifan dan informasi yang disebar dapat tersampaikan secara maksimal. 

Baca Selengkapnya :   Bagaimana Ketentuan Cuti Diluar Tanggungan?

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!