fbpx

6 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Bagikan artikel ini

Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja

Dalam sebuah perusahaan maupun organisasi karyawan merupakan aset yang sangat penting. Walaupun perusahaan memiliki aset lain seperti bangunan dan properti, akan tetapi karyawan lah yang sangat berperan penting. Karena karyawan menentukan bagaimana perkembangan dari suatu perusahaan atau organisasi kedepannya.

Walaupun begitu masih sering ditemukan banyak kasus dimana karyawan dituntut untuk bisa maksimal saat bekerja, namun perusahaan tidak mendukung atau memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pekerja mereka. Padahal maju atau mundurnya perusahaan dapat dilihat dari bagaimana kinerja karyawan itu sendiri.

Faktor Yang Mempengaruhi

Ada beragam faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, dan hal ini penting untuk diketahui. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan:

Lingkungan Kerja

Yang pertama harus diperhatikan oleh perusahaan adalah lingkungan kerja, yang sangat berpengaruh pada keoptimalan kerja. Pasalnya kondisi tempat kerja yang sehat akan memberikan efek positif pada psikologi karyawan. Sehingga perhatikan setiap aspek seperti pencahayaan, sirkulasi udara pada ruangan yang ditempati, seperti tempat ibadah, toilet, pantry hingga ruang istirahat untuk karyawan.

Baca Selengkapnya :   Hard Skill vs Soft Skill: Mana yang Lebih Penting?

Ketersediaan Sarana dan Prasarana

Faktor yang tidak kalah penting lainnya selain lingkungan kerja adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dapat menunjang kinerja karyawan. Selalu perhatikan apakah fasilitas yang ada masih dapat berfungsi dengan baik, atau perlu perbaikan hingga pergantian.

Karena jika perusahaan tidak memberikan fasilitas yang memadai, maka ada kemungkinan untuk karyawan mencarinya di luar tempat kerja. Apabila perusahaan tidak dapat memberikan fasilitas yang memadai karena alasan tertentu, ada baiknya untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada karyawan terkait.

Job Description dan Tanggung Jawab

Sangat penting untuk masing-masing karyawan mengetahui tugas, peran mereka masing-masing. Karena dengan adanya pembagian yang jelas maka alur pekerjaan dan skala prioritas akan berjalan lebih mudah. Hal ini juga sangat berpengaruh bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan dalam jumlah besar

Selain itu, menempatkan karyawan pada tim kerja yang tepat, atau mempercayakan proyek khusus, akan menghadirkan minat dan perhatian mereka. Intinya adalah menyadarkan bahwa keberadaan setiap karyawan berharga dan masing-masing memiliki peran terhadap keberhasilan perusahaan.

Baca Selengkapnya :   FAQ : Jadwal Shift

Cara Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan

Menjadi unsur penting dalam dunia kerja bukan saja memperlancar penyampaian pesan, namun juga mempengaruhi motivasi kerja, dan menjauhkan konflik yang mungkin terjadi dalam sebuah perusahaan. Komunikasi karyawan juga menjadi kunci suksesnya perusahaan agar dapat menghasilkan produk yang baik.

Selain itu sebagai seorang pemimpin harus dapat mengambil keputusan yang tepat, perlu juga diketahui kalau setiap orang memiliki karakter dan gaya memimpinnya masing-masing dan hal tersebut dapat memberikan pengaruh kepada kinerja karyawan. Sehingga tidak bisa dihindari juga jika tidak selalu ada kecocokan antara pemimpin dan karyawan.

Career Development

Memberikan pengembangan diri bagi karyawan itu sangat penting, karena pasalnya ini akan memberikan kepuasan terhadap karyawan di saat sekarang dan masa depan. Selain itu career development atau pengembangan karir juga berguna untuk meningkatkan performa pekerjaan, meningkatkan loyalitas, serta mendorong motivasi karyawan. Sedangkan  untuk perusahaan sendiri, hal ini sangat berguna agar perusahaan memiliki karyawan yang handal dalam setiap pekerjaannya.

Bonus dan Insentif

Tidak bisa dipungkiri kalau faktor penting dalam usaha untuk meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan itu juga ada dalam upah. Selain gaji pokok dan tunjangan tetap, HR harus kreatif dalam merancang paket benefit agar kinerja karyawan tetap terjaga, seperti memberikan bonus dan insentif kepada karyawan maupun tim kerja yang telah mencapai target perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Manajemen Bisnis Pada Perusahaan

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!