fbpx

Ini Ciri Karyawan yang Punya Loyalitas Tinggi, Simak!

Bagikan artikel ini

ciri karyawan yang punya loyalitas tinggi

Suatu perusahaan pasti memiliki karyawan dengan karakter yang beragam. Tingkat loyalitas dari masing-masing karyawan pun tentu berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang akan memengaruhi tingkat loyalitas karyawan tersebut, seperti, tingkat lembur, pekerjaan di luar jam kerja, peraturan perusahaan, hingga benefit yang didapatkan oleh karyawan. Tapi biasanya karyawan yang memiliki loyalitas tinggi memiliki ciri tersendiri. Apa saja ciri karyawan yang punya loyalitas tinggi? Simak ulasan SmartPresence berikut ini:

Ciri karyawan yang punya loyalitas tinggi

1. Bekerja dengan landasan integritas

Perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang memiliki integritas. Karena memang pada dasarnya integritas selalu dibutuhkan ketika melakukan apapun. Biasanya karyawan yang punya loyalitas tinggi pasti memiliki integritas dalam setiap pekerjaan yang ia lakukan.

Baca juga: Pentingnya Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

Baca Selengkapnya :   Pemimpin Dan Manajer Itu Berbeda? Ini Jawabannya!

Integritas dalam pekerjaan biasanya bisa dideskripsikan dengan menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diekspektasikan. Selain itu karyawan tersebut pun biasanya lebih disiplin terhadap perusahaan, bertanggung jawab, dan menonjolkan kejujuran.

2. Memiliki perasaan bangga

Ketika seseorang karyawan memiliki rasa bangga menjadi karyawan pada perusahaan tersebut, Anda pasti bisa melihatnya dari gerak-gerik, atau cara ia menjelaskan mengenai perusahaannya.

Ketika seseorang memiliki perasaan bangga, tentu dibarengi dengan tingkat loyalitas yang tinggi. Selain itu pun karyawan akan bekerja dengan lebih ikhlas, karena memang ada perasaan nyaman. Itu juga sebagai tanda bahwa perusahaan memiliki strategi mempertahankan karyawan yang baik dan berhasil memiliki efek yang positif.

Ada beberapa strategi mempertahankan karyawan yang bisa perusahaan Anda coba. Simak di sini daftar lengkapnya.

3. Berani memberikan kritik demi kemajuan perusahaan

Seorang karyawan dengan loyalitas yang tinggi tentu akan melakukan apapun untuk kwmJUn perusahaan, meskipun hal tersebut mengharuskan dirinya untuk mengkritik perusahaan. Karyawan dengan loyalitas tinggi tak akan takut untuk memberikan kritik.

Baca Selengkapnya :   FAQ : Ekspor Laporan

Selain itu karyawan pun biasanya memiliki pemikiran yang kritis. Mereka tak akan takut untuk mengutarakan pendapat, dan ide-ide baru yang bisa membawa perubahan baik bagi perusahaan.

Baca juga: 5 Cara Tepat Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

4. Berani mengapresiasi hasil pekerjaan karyawan lain

Bekerja yang didasari dengan loyalitas tinggi tentu tidak membuat seseorang menjadi kompetitif, atau ingin hasil kerjanya dilihat oleh sanga atasan. Karyawan akan bekerja dengan ketulusan, kejujuran, dan penuh tanggung jawab.

Jadi, ia pun tak akan merasa tertandingi ketika ada teman sekantor yang melakukan pekerjaan dengan baik. Ia akan dengan ikhlas mengapresiasi hasil kerja teman kantornya, apalagi dengan tujuan untuk kemajuan perusahaan itu sendiri.

5. Biasanya jadi panutan karyawan lain

Karyawan dengan loyalitas tinggi biasanya bisa menjadi panutan bagi karyawan lain. Dengan sifat-sifat yang menjunjung tinggi nilai-nilai perusahaan, mempunya inisiatif yang tinggi, berpikir kritis, tidak takut mengkritik, cepat beradaptasi, dan berorientasi atas target perusahaan, tentu karyawan dengan loyalitas tinggi mampu menjadi panutan bagi karyawan lain.

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Sistem Work From Home?

Tapi perusahaan pun harus mau untuk mengapresiasi karyawan dengan paket lengkap seperti itu. Buat penghargaan untuk employee of the month, atau mungkin beri hadiah bagi karyawan yang bisa mencapai target lebih cepat. Tentu tingkat loyalitas karyawan tersebut akan lebih meningkat.

Apakah perusahaan Anda memiliki salah satu karyawan dengan karakteristik tersebut? Kalau iya, jangan lupa untuk diapresiasi agar karyawan tetap bertahan di perusahaan. Ingat karyawan yang punya loyalitas tinggi adalah aset terbaik perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!