fbpx

Seberapa Pentingkah Quality Assurance Bagi Perusahaan?

Bagikan artikel ini

Quality Assurance

Pastinya setiap perusahaan selalu berusaha untuk memberikan produk yang terbaik agar mendapatkan kepuasan dari konsumennya. Maka dari itu perusahaan memerlukan Quality Assurance (QA) guna memastikan seluruh produk yang dijual ke pasar dalam kondisi baik dan layak untuk dijual. Lalu apa itu Quality Assurance dan seberapa pentingnya bagi perusahaan?

Apa Itu Quality Assurance? 

Quality Assurance merupakan salah satu profesi yang memonitoring, uji-tes serta memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk di perusahaan. Selain itu seorang yang berprofesi sebagai QA juga harus memastikan semua standar kualitas sudah dipenuhi oleh setiap produk maupun layanan yang disediakan oleh perusahaan. 

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya produk cacat mulai dari tahap perencanaan produksi hingga tahap distribusi produk ke konsumen untuk menghindari produksi ulang yang dapat menghabiskan banyak biaya. Meski begitu tugas Quality Assurance akan berbeda-beda berdasarkan pada industrinya, tugas utama dan kompetensi terkait dengan memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang diperlukan atau diberikan sesuai standar perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Menuju Beta Release Layanan Payroll

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance

Pekerjaan seorang QA tidak hanya sebatas memeriksa, menguji coba, dan memberikan saran terhadap produk. Berikut ini tugas dan tanggung jawabnya secara detail:

  • Melakukan perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa.
  • Memastikan kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan peraturan kualitas dan industri yang ditetapkan perusahaan.
  • Melakukan analisa data untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam sistem mutu.
  • Mengembangkan, merekomendasikan serta memantau tindakan perbaikan dan pencegahan.
  • Mendokumentasikan audit internal dan kegiatan jaminan kualitas lainnya.
  • Mengevaluasi temuan audit dan menerapkan tindakan koreksi yang tepat
  • Mengumpulkan data keluhan pelanggan dan masalah ketidaksesuaian produk atau jasa yang diberikan.
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan kualitas terhadap produk atau jasa yang diberikan.
  • Melakukan pengelolaan serta pemeriksaaan kegiatan manajemen risiko.
  • Menyiapkan laporan hasil pemantauan seputar kualitas produk.

Mengapa Perusahaan Memerlukan QA?

Quality Assurance dapat memberi data nyata kepada perusahaan mengenai apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Dengan begitu perusahaan dapat mengidentifikasi apa saja yang perlu ditingkatkan guna menjaga kualitas produk perusahaan. Biasanya perusahaan yang memproduksi banyak produk dapat mengalami penurunan kualitas karena tingkat jaminan yang longgar.

Baca Selengkapnya :   Fitur Pinless Pada Data Capture

Walaupun kualitas produk yang diberikan perusahaan adalah produk dengan kualitas tinggi yang mana hal tersebut dapat membangun kepercayaan dengan konsumen dan membuat tingkat kekuatan perusahaan di pasar semakin kuat. Akan tetapi ketika konsumen merasa tidak puas dengan produk yang diberikan, maka konsumen pada umumnya akan melakukan protes terhadap produk tersebut. Hal ini tentu saja dapat merusak reputasi perusahaan dan akan berdampak negatif terhadap masa depan produk. Disinilah perlu adanya jaminan kualitas dari seorang Quality Assurance yang dapat membantu perusahaan memenuhi tuntutan dan harapan konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

Tidak hanya itu, dengan adanya Quality Assurance perusahaan dapat melakukan penghematan dan memetakan risiko sebelum terjadinya masalah mengenai produk yang akan muncul. QA juga akan membantu menetapkan dan mempertahankan standar kualitas produk atau jasa dengan melakukan pencegahan awal. Kualitas produk yang terjamin adalah sebuah investasi bagi perusahaan. Apabila jaminan kualitas dilakukan dengan benar, maka perusahaan akan lebih percaya diri dan maksimal dalam memasarkan produk ataupun jasanya sehingga dapat bersaing dengan kompetitor.

Baca Selengkapnya :   Motivasi Kerja, Penting untuk Karyawan!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!