fbpx

Pengertian Perusahaan Dagang Dan Karakteristiknya

Bagikan artikel ini

pengertian perusahaan dagang

Ada beberapa jenis perusahaan, salah satunya adalah perusahaan dagang. Pengertian perusahaan dagang sendiri, yaitu jenis perusahaan  yang melakukan perdagangan barang atau menjual barang. Perusahaan jenis ini tidak memproduksi barang sendiri namun menjual barang dari orang lain. Barang yang dijual bisa berupa barang mentah atau barang yang sudah diolah/barang jadi.

Perusahaan dagang tidak perlu mengolah barang dari pihak lain. Mereka hanya tinggal menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi. Konsumen tetap akan membeli karena perusahaan dagang menjadi jalur distribusi yang lebih dekat dengan mereka. Berikut ini beberapa karakteristik perusahaan dagang:

Aktivitas Utama Membeli, Menyimpan, Dan Menjual Barang

Perusahaan dagang mendapatkan barang dagangan dengan membeli barang dalam jumlah banyak dari produsen atau distributor besar. Barang yang dibeli nantinya dapat disimpan terlebih dahulu atau langsung dijual kepada konsumen. Perusahaan ini tentunya harus memiliki gudang untuk tempat penyimpanan. 

Baca Selengkapnya :   Cara Membuat Absensi Online Berbasis Android

Tidak Melakukan Proses Produksi

Perusahaan dagang tidak memiliki pabrik untuk tempat mengolah barang. Mereka tidak membutuhkan proses produksi karena kegiatannya hanya membeli dan menjual barang saja.

Keuntungan Dari Hasil Penjualan Dikurangi Pembelian Dan Operasional

Perusahaan dagang tetap bisa mendapatkan keuntungan meskipun tidak mengolah barang sama sekali. Mereka bisa membeli barang secara grosir lalu menjualnya satuan dengan harga yang lebih tinggi. Biaya yang muncul para perusahaan ini yaitu biaya pembelian dan operasional. Meskipun terkesan mudah, namun kekurangannya yaitu tidak memiliki produk sendiri sehingga sangat tergantung para perusahaan lain.

Pengertian perusahaan dagang bisa didapatkan dengan memahami karakteristiknya. Jenis perusahaan yang satu ini sebenarnya sangat mudah ditemui di sekitar. Toko, supermarket, mall, dan sejenisnya merupakan contoh dari perusahaan dagang. Mereka tidak memproduksi barang sendiri, namun hanya menjual barang milik orang lain.

Contoh perusahaan dagang berdasarkan konsumennya yaitu perusahaan wholesaler, perusahaan perusahaan perantara, dan perusahaan retail. Perusahaan wholesaler menjual barang dari pabrik ke perusahaan lain dalam jumlah besar. Sedangkan perusahaan perantara menjual  dalam jumlah sedang. Perusahaan retail atau eceran menjual barang secara satuan ke konsumen.

Baca Selengkapnya :   5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tabungan Terus Bertambah!

Selain perusahaan dagang, ada beberapa jenis perusahaan lain misalnya perusahaan industri, perusahaan ekstraktif, perusahaan jasa, dan perusahaan agraris. Salah satu persamaan perusahaan dagang dengan perusahaan lainnya yaitu memiliki tenaga kerja. Setiap jenis perusahaan pastinya membutuhkan sistem manajemen yang baik. Salah satunya sistem absensi yang membantu masalah kehadiran karyawan. Smartpresence.id bisa menjadi solusi untuk sistem absensi modern di perusahaan dagang dan perusahaan lainnya. Pengertian perusahaan dagang sendiri bisa dijabarkan sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perniagaan. Perdagangan atau perniagaan sendiri merupakan kegiatan jual beli atau tukar menukar barang berdasarkan kesepakatan. Seperti perusahaan jenis lainnya, perusahaan ini juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan.

Anda dapat mengetahui detail Undang-Undang tentang Perdagangan disini

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!