fbpx

Ini 5 Cara Meningkatkan Etos Kerja Karyawan

Bagikan artikel ini

meningkatkan etos kerja karyawan

Memiliki etos kerja yang baik tentu jadi impian semua perusahaan. Pasalnya etos kerja yang baik tentu akan menghasilkan output yang maksimal pula. Tapi pada dasarnya apa sebetulnya etos kerja tersebut? Etos kerja didefisinikan sebagai pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau mencapai kesuksesan. Tentu hal ini dibutuhkan oleh semua perusahaan. Maka dari itu, berbagai cara meningkatkan etos kerja karyawan terus dicoba oleh manajemen perusahaan. Hal ini agar perusahaan bisa menemukan formula yang tepat. Ada beberapa cara meningkatkan etos kerja karyawan yang bisa diikuti. Simak di sini penjelasannya!

Cara meningkatkan etos kerja karyawan

Motivasi karyawan agar datang lebih awal ke kantor

Di zaman startup yang sedang berkembang sangat pesat seperti sekarang, memang lebih banyak perusahaan yang membuat peraturan jam kerja yang lebih fleksibel. Sehingga tidak aneh, jika banyak karyawan yang boleh datang siang.

Baca Selengkapnya :   Perbedaan Tunjangan Tetap Karyawan Dan Tidak Tetap

Tapi untuk meningkatkan etos kerja karyawan, tugas manajemen perusahaan yang pertama adalah memotivasi karyawan agar datang lebih awal ke kantor. Hal ini tentu agar menghindari adanya lembur.

Karyawan pun bisa mempersiapkan diri sebelum mulai bekerja. Selain motivasi Anda juga bisa membuat kebijakan seperti menyediakan sarapan untuk 50 orang pertama. Tentu, reward seperti ini akan meningkatkan motivasi karyawan untuk datang lebih pagi.

Jika di perusahaan Anda sudah memiliki karyawan yang datang pagi dan tidak pernah telat, dijamin karyawan tersebut menjunjung tinggi prinsip etika kerja.

Memiliki sifat profesional di mana saja

Poin yang satu ini mungkin ditujukan untuk para atasan. Jadilah atasan yang rendah hati, dan bersahabat kepada karyawan. Fokuskan pada pekerjaan, tapi jangan juga menjadi pribadi yang terlalu ambisius tak memikirkan tim Anda sendiri.

Pertahankan sifat profesional di mana saja. Jadi Anda bisa bersahabat dengan anak buah Anda, tapi tetap tunjukkan sikap profesional ketika sedang bekerja. Hal ini menjadi penting ketika berada di lingkungan pekerjaan.

Baca Selengkapnya :   Jenis-Jenis HRD dalam Perusahaan

Memiliki sikap positif meskipun diberikan komentar negatif

Sikap positif tentu penting harus ada di mana saja. Hal ini pun harus dimiliki oleh setiap karyawan pada satu perusahaan, termasuk untuk para atasan. Pasalnya masing-masing karyawan dan atasan harus memiliki sikap positif meskipun diberikan komentar negatif.

Dengan begitu akan terbentuk lingkungan kerja yang sehat dan terbuka. Ketika menjadi atasan Anda harus menerima jika ada karyawan yang memberikan kritik atau saran untuk sifat kepempimpinan Anda. Sebagai atasan Anda harus berani mengakui jika memang melakukan kesalahan. Itulah sifat pemimpin sejati.

Begitu pun sebaliknya, karyawan harus menerima kritik dan saran yang diberikan oleh atasan. Jadikan hal tersebut sebagai masukan yang akan membuat Anda lebih maju ke depannya.

Motivasi karyawan untuk memiliki inisiatif yang tinggi

Poin yang satu ini juga penting bagi output yang dihasilkan. Manajemen perusahan haruslah mampu untuk menstimulasi karyawan agar memiliki inisiatif yang tinggi saat mengerjakan pekerjaan atau projek baru.

Tentu hal ini tidaklah mudah. Sang atasan harus bisa memberikan kepercayaan penuh, dan sang karyawan harus aware mengenai hal tersebut. Tumbuhkan kepercayaan diri pada karyawan agar memiliki sifat optimis ketika mengerjakan projek tersebut.

Baca Selengkapnya :   FAQ: Penelusuran Data - Dashboard Web

Memberikan apresiasi dan menghormati partisipasi karyawan

Hal ini yang kadang luput dari perhatian. Sebagai atasan atau manajemen perusahaan, Anda harus rajin memberikan apresiasi dan menghormati partisipasi karyawan dalam mengerjakan sebuah projek atau pekerjaan.

Meskipun apresiasi hanya dalam bentuk hal kecil, tentu karyawan akan tetap senang dan merasa kerja kerasnya dihargai oleh perusahaan. Hingga akhirnya ia pun akan lebih komitmen untuk lebih kerja keras.

Bagaimana, dari lima poin di atas sudahkah Anda lakukan salah satunya? Atau mungkin Anda sudah memiliki karyawan yang memiliki etos kerja tinggi. Pastikan Anda mempertahankan hal tersebut ya, dan tentunya berujung dengan kesuksesan perusahaan Anda. Semangat!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!