fbpx

Cara Membuat Surat Resign Yang Baik dan Benar

Bagikan artikel ini

surat resign

Terlalu lama bekerja terkadang bisa membuat Anda bosan. Karena waktu Anda disita untuk bekerja selama 8 jam dalam satu hari. Apalagi untuk karyawan yang bekerja di pabrik, pastinya mereka sering sekali kerja lembur sampai malam bahkan ada juga yang sampai pagi. Dari situlah banyak karyawan yang merasa lelah, dan akhirnya memilih untuk resign.

Sebagai seorang karyawan, pastinya sangat banyak alasan yang membuat mereka ingin resign dari tempat mereka bekerja. Misalnya karena lingkungan tempat mereka bekerja yang tidak sesuai, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan, resign dengan alasan ingin mengurus keluarga sampai dengan masalah kesehatan yang tidak kunjung membaik dan tidak mendukung untuk lanjut bekerja.

Nah, inilah beberapa contoh surat resign (pengunduran diri) kerja yang baik dan benar. Dengan melihat contoh surat resign dibawah ini, diharapkan akan memberikan ide bagi Anda untuk menulis surat resign yang baik, benar dan sopan serta tidak menimbulkan efek negatif tentang pengunduran diri Anda.


Contoh Surat Resign Bahasa Indonesia

Jakarta, 1 Maret 2019

Kepada,

PT Mandiri Kencana

Jl Daan Mogot 1 Medan

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sebagai Project Manager PT Mandiri Kencana. Berdasarkan keputusan direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Maryoto
Departement : Pengembangan dan Riset
Jabatan : Manajer Proyek
ID Karyawan : EM-100

Berniat untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Manajer Proyek terhitung sejak tanggal 1 April 2019.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini. Demi kelancaran tugas dan jabatan Manajer Proyek, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan.

Hormat Saya

Maryoto


Jakarta, 11 januari 2019

Kepada Yth,
Manager PT Media Nirwana Tbk.
Jl. kampung Pulo No. 12
Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya sebagai Marketing Manager PT Media Nirwana Tbk. Sesuai dengan Surat Keterangan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan undang-undang tenaga kerja, oleh sebab itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ade Rasmanu
Divisi : Kepala Marketing
ID Karyawan : MNC-010123320

Ingin mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Media Nirwana Cakrawala Tbk. Karena faktor kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri saya buat, terima kasih atas segala bentung dukungan dan bantuan saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Ade Rasmanu


Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

September 4, 2023

To: Mr Andrei Setiawan
HRD Departement
PT Pertamina Tbk.

Dear Mr. Andrei,

I am writing to formally notify you of my resignation from the position as Digital Marketing Specialist with PT Abadi Jaya. Per my notice period, my final day will be October 4, 2023.

Following careful reflection, I have decided to step down from my role at PT Abadi Jaya in order to move forward to in a direction that aligns more closely with my professional aspirations.

I am grateful of the chances and encounters I have had while working at PT Abadi Jaya. The valuable skills I have acquired here are deeply appreciated and will undoubtedly benefit me in my ongoing professional journey.

In the coming weeks before October 4, 2023, I am fully committed to assisting in ensuring a smooth transition.

Sincerely,
Ade Sugandi


Jakarta, 26 December 2019

Mr Nanang Sumardi
Product Manager
PT Sembah Jaya
Jl. Setia Budi
Jakarta Selatan

Dear Sir,

I am writing to formally tender my resignation from my role as Assistant Product Manager at PT Sembah Jaya, effective October 26, 2023.

It has been a privilege to serve in this capacity for the past five years. The experience and insights I have gained during my career have been invaluable.

I am grateful for the opportunities for growth and collaborative atmosphere in which I have been fortunate to work. The experiences will surely have an impact on my future career and I will always regard my time at PT Sembah Jaya as a pivotal chapter in my professional journey.

For the next two weeks, I am committed to ensuring a seamless transition.

Thank you once again for your guidance and support throughout my journey. I look forward to staying in touch.

Best Regards,
Ilham Bawwazier


Itulah contoh surat resign atau pengunduran diri yang baik dan benar. Dengan membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar seperti di atas, tentunya perusahaan tidak akan merasa jika Anda adalah karyawan yang tidak memiliki sopan dan santun.

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Fungsi Manajemen SDM?

Setelah Anda resign, itulah saat yang tepat untuk mencari tempat kerja pengganti yang Anda inginkan. Ini dia rekomendasi 30 perusahaan terbesar di Indonesia, mungkin Anda berminat untuk apply ke salah satunya.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!