fbpx

Banyak Peluang! Ini 4 Pekerjaan Freelance Paling Dicari Tahun 2024?

Bagikan artikel ini

macam macam pekerjaan freelance

Remote working sudah menjadi tren bekerja yang semakin populer beberapa tahun terakhir. Meskipun dulu, remote working ini dianggap tidak mungkin, tapi adanya kemajuan teknologi dan globalisasi membuatnya semakin diagungkan bahkan menjadi hal yang normal. Ini karena individu mendapatkan fleksibilitas dan akses yang besar ke peluang kerja di seluruh penjuru dunia. 

Freelance ini sangat digemari oleh para anak-anak muda karena fleksibilitas yang diberikan dari segi waktu dan jenis pekerjaan yang based on project. Jadi, Anda bisa memilih project yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Bahkan, ada hal yang lebih membuat orang di era ini tertarik dengan freelance ini karena kita diberi kebebasan untuk memilih jangka waktu bekerja (singkat atau lama) serta tidak ada keterikatan kontrak dengan perusahaan. 

Penasaran, bukan? Mari kita lihat apa saja jenis pekerjaan freelance yang berpotensi di tahun 2024 ini. 

Macam macam pekerjaan freelance paling menjanjikan di tahun 2024

1. Penulis konten
Kini strategi pemasaran melalui konten blog jadi pilihan banyak perusahaan. Hal ini karena awareness yang dihasilkan merupakan hasil organic, dengan biaya yang lebih kecil dibandingkan strategi pemasaran offline atau online lainnya. Itulah kenapa, profesi penulis atau content writer sedang tinggi permintaannya oleh beberapa perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Program Kerja Perusahaan : Pengertian Serta Jenisnya

Jika ingin memiliki pekerjaan lepas, menulis sepertinya pilihan yang sedang tepat. Beberapa perusahaan memberikan harga per artikel, sehingga semakin banyak artikel yang Anda buat semakin besar bayaran yang Anda dapatkan. Menulis juga bisa jadi aktivitas yang menyehatkan jiwa. Anda bisa melakukannya sepulang kantor atau di akhir pekan.

2. Media sosial admin
Maraknya penggunaan media sosial tentu banyak dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk memasarkan bisnisnya. Tentu banyak perusahaan yang akhirnya memperkerjakan karyawan pada bidang ini.

Tak selalu memperkerjakan karyawan full time, banyak juga perusahaan yang lebih memilih pekerja lepas untuk mengelola media sosialnya. Tak hanya perusahaan, kini banyak juga toko online yang menerapkan hal yang sama.

Penggunaan media sosial sudah jadi kegiatan yang memang dilakukan sehari-hari. Makanya pekerjaan lepas yang satu ini, bisa terbilang praktis, karena bisa Anda kerjakan dimana pun dan kapan pun. Biasanya Anda tinggal membuat sebuah tabel perencanaan konten untuk jangka waktu seminggu atau sebulan lalu tinggal menggunggah post berdasarkan planning tersebut.

Baca Selengkapnya :   Cara Menggendalikan Emosi Setelah Dimarahi Atasan

Jangan lupa untuk cantumkan surat lamaran kerja juga saat mengirimkan email lamaran kerja. Bagaimana cara membuatnya? Klik di sini.

3. Jasa desain grafis
Yang berhubungan dengan desain tentu semua orang tidak bisa melakukannya. Sehingga banyak orang yang akhirnya menggunakan jasa pekerja lepas untuk mengerjakan desain-desain jika ada suatu projek.

Tapi enaknya menjadi desainer adalah, tentu klien Anda tak akan datang dari perusahaan, atau agensi saja. Anda juga bisa mendapatkan klien yang ingin mendesain undangan, hingga pernak-pernik pernikahannya. Keuntungan pun pasti bisa lebih banyak. Tinggal Anda pintar-pintar menyisihkan waktu untuk pekerjaan tambahan tersebut ya.

4. Penerjemah
Memiliki keterampilan banyak bahasa? Manfaatkan keunggulan ini untuk memberikan pemasukan tambahan untuk Anda.  Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa negara lain, Anda bisa mengambil pekerjaan freelance sebagai penerjemah.

Penerjemah tak hanya dalam hal berbicara, tapi kini banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan dokumen, artikel, hingga buku. Dalam hal pembayaran pun berbeda-beda, ada yang memberikan bayaran berdasarkan jumlah buku atau artikel yang diterjemahkan, ada juga yang memberikan bayaran berdasarkan banyaknya halaman. Bisa dibilang, bayarannya lumayan sekali, lho.

5. Virtual Assistant

Baca Selengkapnya :   Jurusan Kuliah IPA yang Banyak Diminati

Freelance ini menjadi salah satu pekerjaan yang sedang naik daun dan bisa menjadi alternatif terbaik. Pendapatan yang bisa dihasilkan oleh seorang Virtual Assistant berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 35 juta per bulan, tergantung kemampuan dan pengalaman bekerja Anda. Tugas dari seorang Virtual Assistant ini adalah melakukan penjadwalan, membuat notula, menjawab email atau chat perusahaan serta mengatur pertemuan. Terkesan mudah, tapi jangan diremehkan Sobat SmartPresence, karena butuh keahlian yang mahir dalam pekerjaannya.

Memasuki tahun 2024, peluang Anda untuk punya penghasilan tambahan semakin beragam, mulai dari penulis konten hingga virtual assistant. Tapi, pastinya setiap pilihan punya nilai plus dan minusnya sendiri ya. 

Jadi, penting untuk melakukan riset sebelum memutuskan untuk terjun dengan pekerjaan yang Anda tekuni. Dengan perencanaan yang matang, Anda pasti akan menemukan jalan untuk menambah penghasilan Anda. 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!