fbpx

Program Kerja Perusahaan : Pengertian Serta Jenisnya

Bagikan artikel ini

Program Kerja

Memiliki program kerja yang jelas, tertulis, serta terorganisir tentu akan membuat perusahaan dapat mencapai tujuannya. Tak sekadar itu, program kerja juga mewakili peta atau rencana yang formal pada sebuah perusahaan.

Baca juga: Ini Dia Data Karyawan Perusahaan Yang Harus Ada!

Program kerja ini biasanya dibuat untuk mendefinisikan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk bentuk program kerja sendiri itu ada bermacam-macam, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Agar lebih jelas terkait program kerja, Kamu dapat simak ulasan berikut ini.

Pengertian Program Kerja

Program kerja merupakan rencana sistematis yang ditempuh guna menciptakan tujuan tertentu dalam sesuatu perusahaan atau organisasi. Rencana tersebut akan dilakukan dalam rentang waktu yang telah ditetapkan serta menjadi ketentuan utama yang sangat penting dalam kelangsungan suatu perusahaan.Hal ini dikarenakan rencana tersebut akan sangat berkaitan dengan tujuan dari perusahaan. 

Baca Selengkapnya :   Ayo Semangat lagi, Ini Cara Motivasi Kerja Untuk Kamu!!

Saat perusahaan ataupun organisasi mempunyai sesuatu tujuan, tentu akan direalisasikan melalui program kerja. Bakal ada rencana-rencana strategis serta sistematis sesuai dengan tujuan perusahaan. Biasanya program tersebut dapat dilakukan dalam jangka panjang maupun jangka pendek serta melalui program kerja besar ataupun sederhana.

Tipe Program Kerja

Program kerja jangka pendek

Program kerja jangka pendek merupakan tipe program kerja yang dapat direalisasikan dalam waktu yang lebih singkat serta pembagian tugas yang lebih jelas berdasarkan periode. Umumnya program kerja ini dibuat dalam rencana kerja mingguan, bulanan, hingga triwulan.

Baca juga: Sales Monitoring, Ini 4 Pilar dan Manfaatnya!

Program kerja tetap

Pada umumnya program kerja tetap ataupun sebutan asingnya standing plan ini merupakan program kerja yang mencakup permasalahan berulang yang sering ditemui oleh perusahaan. Salah satu contoh dari program kerja tetap ini yang umum diketahui adalah Standar Operasional Prosedur ( SOP). Selain itu SOP, sebagian ketentuan yang ada dalam visi misi perusahaan, kebijakan serta ketentuan perusahaan juga merupakan bagian dari program kerja tetap.

Baca Selengkapnya :   Begini Cara Work From Home Lebih Produktif!

Program kerja strategis

Program kerja strategis merupakan wujud program kerja yang dirancang berdasarkan pada rencana jangka panjang. Umumnya program kerja ini dilakukan untuk menggapai tujuan utama perusahaan. Maka dari itu, hasilnya juga tidak ditetapkan untuk saat ini namun guna di masa depan yang lebih panjang.

Program kerja taktis

Program kerja taktis merupakan program kerja yang dibuat untuk merencanakan strategi bisnis saat ini ataupun dalam periode kerja terdekat. Mayoritas wujud program kerja ini dibuat oleh perusahaan karena memberikan dasar yang baik buat penerapan pekerjaan dalam menggapai tujuan yang dibutuhkan.

Baca juga: People Analytics: Cara Kerja, Manfaat, dan Tren

Program kerja kontingensi

Tidak hanya keempat program kerja di atas, program kerja kontingensi juga tidak kalah penting untuk disiapkan oleh perusahaan. Program Ini nantinya akan sangat berguna bagi perusahaan  apabila nantinya terjadi hal-hal yang tidak terduga pada perusahaan. Program kerja ini juga dikenal sebagai rencana darurat.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!