fbpx

8 Langkah Membuat Rencana Kerja yang Efektif

Bagikan artikel ini

Membuat Rencana Kerja

Membuat rencana kerja sebelum melakukan pekerjaan, bakal menolong tim memperoleh hasil yang lebih baik serta efektif. Pada saat membuat rencana kerja, Anda dituntut buat spesifik serta lebih detail menuliskan apa saja yang mesti dilakukan. 

Walaupun memakan waktu, persiapan ini bakal menolong Anda menuntaskan seluruh pekerjaan tepat pada waktunya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menyusun rencana kerja.

Tentukan Target

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat rencana kerja adalah menentukan target apa yang ingin dituju. Karena jika Anda sudah mulai melakukan rencana kerja tetapi Anda masih belum tahu apa yang menjadi target atau tujuannya, tentu rencana itu akan menjadi kurang efektif. Sebaiknya sebelum anda membuat rencana kerja, Anda sudah mengetahui terlebihdahulu hal-hal apa saja yang ingin dicapai dalam menjalankan rencana kerja tersebut.

Baca Selengkapnya :   Macam-Macam Tugas Administrasi

Menyusun Langkah Untuk Mencapai Tujuan

Setalah Anda menentukan tujuan yang ingin dicapai, maka selanjutnya Anda harus membuat daftar apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam menyusun daftar yang perlu dilakukan, Anda dapat mempertimbangkan beberapa cara yang berbeda untuk mencapai tujuan itu.

Buatlah Jadwal dan Alokasi Waktunya

Langkah selanjutnya dalam membuat rencana kerja yaitu menentukan jadwal serta waktu pelaksanaannya. Bila Anda sudah membuat jadwal serta menentukan alokasi waktu pada rencana kerja, maka tidak ada lagi pekerjaan yang tertunda ataupun pekerjaan yang tidak terselesaikan.

Buatlah Representasi Visual

Setelah membuat daftar tugas dan jadwal yang spesifik, Anda dapat membuat representasi visual untuk mendukung rencana yang akan dilakukan. Anda dapat menggunakan diagram alur, bagan Gantt, lembar kerja elektronik, atau aplikasi lain untuk keperluan bisnis.

Tandai Tugas yang Sudah Selesai

Selain memberikan kepuasan tersendiri, menandai tugas yang sudah selesai merupakan cara memastikan tugas apa saja yang sudah Anda selesaikan.

Membuat Catatan

Disaat Anda melakukan setiap tugas yang ada dalam rencana kerja, catatlah semuanya. Catatan ini ada baiknya disimpan dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy serta dibagi menjadi beberapa aspek perencanaan. 

Baca Selengkapnya :   Manfaat KPI Untuk Karyawan dan Perusahaan

Evaluasi

Bila rencana kerja sudah diselesaikan sebaiknya Anda melakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hal apa saja yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan kedepannya.

Rencana cadangan

Satu hal yang tak kalah penting ketika Anda membuat rencana kerja yaitu menyiapkan rencana kerja cadangan. Rencana cadangan ini sangat berguna untuk menghadapi kondisi yang dapat menghambat pekerjaan Anda.

Membuat rencana kerja yang efisien serta berhasil perlu di lakukan dengan kemauan, konsisten diri dan jiwa yang mau belajar serta tujuan kita buat menjadikan apa yang kita kerjakan jadi lebih baik serta optimal sebab dalam melaksanakan perencanaan bakal membuat kita jadi orang yang disiplin serta dapat mengarahkan fokus pada apa yang mau kita kerjakan.

Cara terstruktur semacam ini tidak cuma berguna di kantor. Anda juga dapat mempraktikkan rencana kegiatan buat keluarga apalagi buat hobi serta waktu pribadi Anda. Setelah sibuk bekerja, Anda pasti menginginkan penyeimbang dengan bersantai bersama keluarga ataupun menikmati waktu sendirian. Semuanya dapat berjalan beriringan asalkan direncanakan dengan baik.

Baca Selengkapnya :   Apa itu Teknologi Geotagging ?

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!