fbpx

Ini Dia 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online di Tahun 2024

Bagikan artikel ini

Aplikasi Absensi Online

Manajemen kehadiran karyawan merupakan bagian penting dalam mengelola sumber daya manusia. Akan tetapi, dengan semakin kompleksnya sistem kerja modern, manajemen kehadiran juga semakin sulit dan memakan banyak waktu. Inilah mengapa banyak perusahaan telah beralih dari sistem absensi manual ke aplikasi absensi online.

Aplikasi absensi online merupakan solusi modern untuk manajemen kehadiran. Dengan aplikasi ini, Tim HR dapat memantau kehadiran karyawan secara real-time, membuat laporan kehadiran secara otomatis, serta mengatur izin dan cuti dengan mudah. Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi absensi online baik untuk di gunakan di tahun 2024 ? Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi absensi online yang dapat Anda gunakan untuk perusahaan besar ataupun kecil.

Apa itu Aplikasi Absensi Online?

Sebelum melihat rekomendasi aplikasi absensi online, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa sebenarnya aplikasi absensi online itu. Secara sederhana aplikasi absensi online dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang mencatat kehadiran karyawan di suatu perusahaan.

Akan tetapi tidak sampai disana saja, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sangan bermanfaat untuk perusahaan terutama bagi tim HR. Mulai dari fitur manajemen izin dan cuti, dan laporan kehadiran secara otomatis. Dengan Fitur-fitur tersebut pekerjaan tim HR dapat mengelola kehadiran karyawan dengan lebih akurat dan efisien.

Secara keseluruhan, aplikasi absensi online memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, seperti memudahkan manajemen kehadiran karyawan, meningkatkan akurasi data kehadiran, dan mempercepat proses penggajian karyawan.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online

SmartPresence

SmartPresence merupakan salah satu aplikasi absensi online yang memiliki sederet fitur untuk manajemen sumber daya manusia (SDM) yang dikembangkan oleh PT Bima Sakti Alterra. Aplikasi ini tersedia pada perangkat Android serta IOS.

Berikut ini beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi SmartPresence, yaitu:

Melacak Waktu

Proses perekaman waktu kehadiran di SmartPresence dapat dilakukan secara Online dan Offline. Dalam melakukan perekaman kehadiran SmartPresence mengunakan teknologi face recognition yang dilengkapi fitur anti-spoofing untuk membuat data menjadi akurat serta sudah dilengkapi dengan GPS restriction untuk menentukan titik lokasi absen yang diijinkan.

Baca Selengkapnya :   Layoff atau PHK, Berikut Penjelasannya!

Mengelola Jadwal

HR dapat mengatur dan merencanakan jadwal pegawai sesuai kebutuhan secara mudah lewat aplikasi dashboard. Waktu istirahat yang diatur akan secara langsung mengurangi waktu kerja yang beririsan dengan jadwal kerja. Waktu Lembur Dikalkulasi Berdasarkan Pengaturan. Kemudahan Menukar Jadwal Shift Antar Karyawan​.

Laporan Waktu

Laporan waktu kehadiran kini lebih efektif dan cepat diterima dengan aplikasi SmartPresence Dashboard. Dasbor web menyediakan operasional pelaporan yang paling lengkap dari laporan detail sampai pada ekspor laporan. Informasi lokasi kehadiran dapat anda lihat secara birdview pada dasbor web. Dengan aplikasi SmartPresence Employee karyawan mendapat informasi tentang data kehadirannya, tidak perlu khawatir apakah rekam kehadiran yang dilakukan tidak tersimpan.

Melalui fitur-fitur tersebut, SmartPresence seperti aplikasi hris dapat membantu perusahaan dalam mengelola SDM secara efektif dan efisien.

KolegaHR

Kolega HR menjadi aplikasi yang berkecimpung di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang dikembangkan oleh PT Bima Sakti Alterra. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang berfokus pada sistem pengelolaan sumber daya manusia yang tidak hanya mengatur cuti, kehadiran, lembur, penggajian karyawan hingga penggantian biaya secara efisien, tetapi juga mengintegrasikan teknologi pengenalan wajah untuk memberikan tingkat akurasi dan keamanan. Anda tidak perlu khawatir, karena aplikasi KolegaHR kini sudah tersedia bagi para pengguna Android dan IOS, lho! 

Berikut ini beberapa fitur yang disediakan oleh KolegaHR: 

1. Kehadiran karyawan 

Fitur ini menyediakan sistem untuk kehadiran, cuti, lembur dan penggantian biaya secara efisien dimana semuanya telah terintegrasi dengan teknologi demi menjaga keamanan dan terjaminnya akurasi yang tinggi. 

2. Penggajian (payroll) 

Menyediakan solusi yang mengedepankan kemudahan dan ketepatan dalam menghasilkan laporan penggajian perusahaan, memastikan akurasi dalam perhitungan pajak dan jaminan sosial tanpa tertinggalnya ruang untuk berdiskusi. 

Baca Selengkapnya :   Big Data dalam Sumber Daya Manusia (HR): Analisis Bakat (Analisis Orang) mulai digunakan

3. Learning Management System 

Fitur ini menawarkan pendidikan informasi perusahaan dengan mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis karyawan, menciptakan ekosistem holistik demi menciptakan pengetahuan dan pertumbuhan di semua tingkatan tanpa terkecuali. 

4. Performance Management System 

Fitur ini menjadi solusi untuk manajemen SDM yang berisi laporan analitis secara mendalam dengan penyediaan wawasan untuk mengambil keputusan strategis secara terarah dan menuju ke arah yang lebih baik. 

Connecteam

Connecteam adalah aplikasi pelacakan kehadiran dan jam kerja dengan fitur obrolan bawaan, pelacakan GPS, dan pengingat otomatis. Aplikasi ini dibangun untuk karyawan non-meja dan dapat diakses di perangkat seluler apa pun. Connecteam juga menyediakan jadwal tugas dan pekerjaan, alat pelatihan dan onboarding, serta fitur obrolan karyawan. Selain itu, Connecteam dapat diintegrasikan dengan penyedia perangkat lunak penggajian.

Homebase

Homebase adalah solusi cloud untuk mengelola jadwal karyawan, timesheet, biaya tenaga kerja, dan penggajian. Homebase dirancang untuk bisnis yang mempekerjakan tim dengan sistem upah per jam. Fitur-fiturnya mencakup manajemen waktu cuti, pelacakan dan pengoptimalan biaya tenaga kerja, serta integrasi dengan penyedia perangkat lunak seperti ADP, Quickbooks, dan Shopify. Versi dasar gratis, tetapi versi berbayar dimulai dari 20 dolar per bulan.

Buddy Punch

Buddy Punch adalah perangkat lunak pelacakan kehadiran yang menyediakan opsi pukulan fleksibel untuk karyawan mencatat waktu, termasuk integrasi dengan perangkat lunak penggajian. Fitur pelacakan kehadiran termasuk pelacakan GPS dan login pengenalan wajah, serta sistem permintaan cuti yang dapat disesuaikan. Buddy Punch juga menyediakan akses cloud dan integrasi dengan sistem manajemen akuntansi dan penggajian yang umum digunakan.

ClockShark

ClockShark adalah software pelacakan kehadiran dan timesheet untuk layanan lapangan seperti konstruksi, perkebunan, dan bisnis mobile lainnya. Aplikasi ini memudahkan manajemen crew dengan kalender jadwal kerja yang dapat diatur, notifikasi real-time jika jadwal berubah, dan kemampuan check-in dan check-out melalui smartphone. Data job costing direkam dalam aplikasi sehingga dapat diakses untuk payroll dan penagihan. Kemampuan GPS dan geofencing tersedia, serta integrasi dengan banyak penyedia payroll.

Baca Selengkapnya :   Pengertian Kepuasan Kerja termasuk penyebab dan dampaknya

Wrike

Wrike adalah perangkat lunak manajemen kerja yang menawarkan template pelacakan kehadiran untuk mengevaluasi tren kehadiran tim dan fitur pelacakan waktu untuk memantau tingkat kinerja karyawan. Perangkat lunak ini juga memiliki kalender terintegrasi dan lebih dari 400 integrasi native dengan perangkat lunak manajemen file, penjualan, dan pemasaran yang paling populer dari Microsoft, Google, Dropbox, Salesforce, dan Marketo.

Beebole Timesheet

Beebole adalah alat pelacakan kehadiran cloud-based yang dapat diandalkan dan mudah digunakan untuk tim dari segala ukuran bisnis, dengan fitur-fitur seperti pelacakan kehadiran, jam kerja, lembur, istirahat, dan waktu cuti yang dapat diatur untuk anggota tim, klien, proyek, dan tugas. Beebole juga menawarkan aplikasi seluler gratis, pelacakan geolokasi, pengawasan lembur, alat biaya tenaga kerja, pengaturan peran pengguna yang fleksibel, dan dukungan langsung multibahasa. Beebole terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Google Workspace, Microsoft 365, Microsoft Azure, dan lainnya.

QuickBooks Time

QuickBooks Time adalah perangkat lunak pelacakan kehadiran dan waktu kerja dengan fitur manajemen cuti di aplikasi mobile. Aplikasi mobile time clock-nya tersedia di perangkat iOS dan Android. QuickBooks Time dapat mengintegrasikan dengan aplikasi payroll, perencanaan kerja, dan pelacakan pengeluaran bisnis seperti Aero, Breezeworks, Gusto, dan Square Payroll. Ada opsi paket dengan harga sekitar 20 dolar sampai 40 dolar per bulan.

TimeCamp

TimeCamp adalah software pelacakan waktu dan kehadiran yang otomatis dengan fitur pelacakan kehadiran, persetujuan timesheet, pelaporan cuti, pelacakan lembur, otomatisasi penggajian, pelacakan produktivitas, dan pembuatan laporan. TimeCamp terintegrasi dengan lebih dari 80 aplikasi bisnis dan menawarkan rencana gratis seumur hidup untuk jumlah pengguna yang tidak terbatas, cocok untuk bisnis kecil.

Demikianlah pembahasan tentang aplikasi absensi online yang umumnya digunakan oleh karyawan di perusahaan. Penting untuk diingat bahwa setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kembali pada pilihan Anda untuk menentukan aplikasi mana yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!