fbpx

Begini Cara Work From Home Lebih Produktif!

Bagikan artikel ini

Work From Home Lebih Produktif

Work From Home kini menjadi pilihan cara kerja sebagian besar pekerja di tengah wabah pandemi covid-19. Ini juga sejalan dengan anjuran dari pemerintah indonesia untuk tetap ada dirumah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini.

Namun tidak semua pekerjaan dapat menjalankan sistem work from home. Tuntutan ekonomi menjadi alasan utama bagi beberapa pekerjaan tersebut. Seperti buruh harian, ojek online dan pedagang kaki lima, karena jika mereka tidak bekerja maka mereka tidak mendapatkan penghasilan. Ada juga karena tuntutan profesi seperti polisi, satpam, dan lain sebagainya. Tak hanya itu petugas rumah sakit, dokter, dan perawat yang menjadi garda terdepan dalam merawat pasien yang terkena covid-19.

Tidak semua pekerja terbiasa membawa pekerjaannya kerumah. Mungkin bagi para pekerja yang sudah pernah atau sering melakukan pekerjaan dirumah atau work from home, pastilah ada beberapa kendala yang akan dihadapi.

Seperti halnya yang paling sering terjadi saat work from home adalah malas melakukan aktivitas dan kehilangan fokus. Ini terjadi karena terbiasa bekerja di kantor dan tidak ingin melakukan pekerjaan kantor di rumah. Namun jika pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan perusahaan maka nantinya akan berdampak buruk bagi para pekerja.

Baca Selengkapnya :   6 Cara Memperbaiki Kinerja Karyawan yang Buruk

Lalu bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja saat work from home? Berikut ini beberapa cara agar kalian lebih produktif saat menjalankan work from home.

1. Bangun Pagi

Kebanyakan orang beranggapan bahwa jika bekerja dari rumah bisa bangun lebih siang dan bermalas-malasan karena tidak perlu pergi ke kantor. Hal tersebut merupakan pemahaman yang salah. Walaupun work from home kalian sebaiknya bangun pagi seperti biasa. Dengan bangun pagi maka kalian dapat melakukan aktivitas lainnya sebelum bekerja.  Jika kalian sudah melakukan aktivitas lainnya sebelum bekerja, maka nantinya kalian dapat fokus untuk bekerja dan lebih produktif karena tidak terganggu dengan aktivitas lainnya.

2. Siapkan Tempat Kerja

Dengan berada di rumah kalian dapat menggunakan berbagai ruangan yang ada di rumah untuk dijadikan tempat kerja yang senyaman mungkin. Tujuannya agar kalian tidak bosan dengan suasana yang berbeda dari meja kerja kantor. Dengan tempat kerja yang nyaman juga salah satu hal yang dapat membuat kalian lebih produktif saat bekerja. Usahakan tempat kerja kalian terhindar dari gangguan dan hindari bekerja di kasur. Karena jika kalian bekerja di kasur nantinya dapat membuat kalian tertidur dan menyebabkan tingkat kemalasan yang tinggi, sehingga kalian tidak dapat produktif saat bekerja.

Baca Selengkapnya :   Pengertian dan Perencanaan Sumber Daya Manusia

3. Tentukan Target

Sama halnya seperti kalian saat bekerja di kantor, ketika melakukan work from home kalian juga harus memiliki target apa saja yang akan dikerjakan. Dengan adanya target kerja yang jelas, kalian dapat mengatur waktu pengerjaannya dan membuat pekerjaan kalian lebih produktif saat menjalankan work from home. Jika kalian tidak memiliki target yang jelas pasti kerja kalian tidak maksimal, yang ada malah banyak malas-malasanya dan kalian bisa ditegur oleh atasan.

4. Jaga Komunikasi

Ketika kalian melakukan work from home pastinya kalian tidak akan bertemu dengan kolega kerja kalian, tetapi bukan berarti kalian tidak dapat melakukan koordinasi sama sekali.  Kalian dapat memanfaatkan aplikasi tatap muka online untuk melakukan koordinasi dan membahas pekerjaan dengan kolega kerja maupun dengan tim kalian.

5. Tidak Korupsi Waktu

Ketika melakukan work from home pastinya kalian merasa bebas dibandingkan bekerja di kantor. Akan tetapi kalian harus bertanggung jawab dalam menjalani pekerjaan.  Sebaiknya kalian gunakan waktu bekerja dirumah dengan optimal dengan tidak melakukan aktivitas di luar pekerjaan. Karena itu dapat mengganggu fokus kalian dalam bekerja dan kalian dianggap korupsi waktu dan ditegur oleh atasan.

Baca Selengkapnya :   Absensi Online Hadir Membantu Mendisiplinkan Kerja Karyawan

Nah itu tadi 5 cara untuk menambah produktivitas kerja saat work from home. Bagi kalian yang kesulitan melakukan presensi karena sedang work frome home tidak perlu khawatir. Kalian bisa menggunakan sistem absensi SmartPresence untuk mengelola absensi kalian. Jadi kalian tetap bisa melakukan presensi dan memantau absensi tim kalian dengan mudah walau work from home. Segera daftarkan perusahaan kalian dan nikmati manfaatnya, dapatkan juga gratis uji coba selama 14 hari.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!