fbpx

Urutan Struktur Teks Prosedur yang Tepat

Bagikan artikel ini

urutan-struktur-teks-prosedur-yang-tepat

Apa Anda suka memasak? Memasak adalah hal yang biasa kita lakukan setiap hari, terutama bagi wanita. Memasak bisa menjadi kesenangan jika kita menyukainya tetapi ada beberapa orang yang malas memasak atau bahkan takut karena tidak bisa membuat makanan yang enak. Untuk membantu mereka, orang yang tidak bisa memasak, mereka dapat melihat resep. Resep sangat membantu. Ketika kita ingin membuat makanan yang enak, kita membutuhkan resep karena ada langkah-langkah yang bisa menuntun kita di dalamnya. Resep adalah contoh teks prosedur. Contoh lain adalah instruksi buku. Ketika Anda membeli TV baru atau ponsel baru, pasti ada instruksi buku di dalam kotak. Buku petunjuk juga merupakan salah satu contoh teks prosedur. Saat ingin mendownload sesuatu dari internet, ada langkah-langkah sebelum kita melakukannya. Langkah-langkah tersebut juga teks prosedur. Lalu, apa sebenarnya teks prosedur itu? 

menurut Yahoo Struktur teks prosedur terbagi menjadi tiga, yakini bagian tujuan, langkah-langkah, dan yang ketiga bagian penegasan ulang.

Sebelum melangkah lebih jauh ke teks prosedur, Anda harus tau apa itu prosedur. Prosedur adalah serangkaian tindakan atau operasi tertentu yang harus dijalankan dengan cara yang sama agar selalu mendapatkan hasil yang sama dalam situasi yang sama (misalnya, prosedur darurat). Kurang tepat berbicara, kata ini dapat menunjukkan urutan tugas, langkah, keputusan, perhitungan dan proses, yang ketika dilakukan dalam urutan yang ditetapkan menghasilkan hasil, produk atau hasil yang dijelaskan. 

Baca Selengkapnya :   Performance Planning : Pengertian, Manfaat Serta Tujuannya

Teks prosedur adalah jenis teks faktual umum yang akan sering ditemui siswa dalam literasi, kurikulum, dan sepanjang hidup mereka. Tujuan dari teks prosedur adalah untuk menyediakan rangkaian langkah-langkah atau arahan yang tepat dan berurutan yang menjelaskan kepada pembaca bagaimana melakukan sesuatu, sementara juga memungkinkan pembaca untuk mencapai hasil dengan sukses. Tujuan penulisan prosedur memiliki beberapa bentuk, termasuk, namun tidak terbatas pada, resep, petunjuk cara melakukan, menggunakan, atau membuat sesuatu, eksperimen ilmu pengetahuan, petunjuk arah untuk peta, manual, dll. Penting juga untuk dicatat bahwa teks prosedur dapat memiliki bentuk yang berbeda, seperti brosur, poster, atau buku panduan. Teks prosedur yang baik biasanya didukung oleh fitur presentasi autentik, seperti langkah bernomor (walaupun bisa juga ditulis dalam paragraf terstruktur), daftar berpoin, diagram, sub judul/judul, dan ilustrasi/foto.

Struktur umum teks prosedur adalah: Tujuan, Bahan/Peralatan, dan langkah-langkah. Hal tersebut untuk memberitahu pembaca bagaimana melakukan atau membuat sesuatu. Informasi disajikan dalam urutan logis dari peristiwa yang dipecah menjadi langkah-langkah berurutan kecil.

Baca Selengkapnya :   Apa Sih Strategi Mempertahankan Karyawan yang Paling Efektif?

Struktur Teks Prosedur :

  • Tujuan (atau judul)

Teks ini berisi tentang tujuan membuat atau mengoperasikan sesuatu.

  • Bahan / Peralatan (tidak semua teks prosedur memerlukan bahan / peralatan)

Teks ini berisi bahan-bahan atau peralatan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Namun tidak semua teks prosedur memiliki bahan atau peralatan, terkadang teks prosedur tidak memiliki bagian bahan atau peralatan.

  • Langkah-langkah (tindakan yang harus dilakukan)

Teks ini berisi langkah-langkah atau urutan-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang tercapai. Langkah atau urutan harus berurutan dari yang pertama sampai yang terakhir.

Karakteristik teks prosedur :

  • Menggunakan pola kalimat imperatif (Perintah).
  • Menggunakan kata kerja aktif.
  • Menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan.
  • Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan detail waktu, tempat, cara yang akurat.

Beberapa Bentuk Umum dari Teks Prosedur :

  • Petunjuk Arah – Bagaimana saya bisa sampai ke suatu tempat? Instruksi yang sangat spesifik termasuk nama dan arah lokasi. Bahasa formal diperlukan dan penambahan peta akan membuat instruksi Anda lebih mudah dipahami.
  • Petunjuk – Bagaimana saya melakukan sesuatu? Bahasa Anda harus memenuhi kebutuhan audiens Anda dan Anda mungkin perlu menyertakan diagram jika ada elemen kompleks yang harus diselesaikan.
  • Resep – Bagaimana cara memasak sesuatu? Resep adalah teks universal. Ada tujuan yang sangat jelas dari audiens jadi jangan pernah menyimpang dari esensi. Bahan, metode, dan beberapa visual sangat penting.
  • Aturan untuk permainan – Bagaimana cara memainkan ini? Sadar akan audiens Anda dan tulislah dengan gaya dan bahasa yang dapat mereka mengerti. Anda membutuhkan visual dalam gaya penulisan ini.
  • Manual – Bagaimana cara mengoperasikan ini? Apakah ada peringatan yang perlu saya ketahui sebelum melanjutkan? Jadilah sangat spesifik dalam penjelasan Anda.
  • Agenda – Apa yang kita lakukan? Kapan kita melakukannya? Siapa yang bertanggung jawab?
Baca Selengkapnya :   Ini Dia Cara Mengetahui Lowongan Kerja yang Palsu!

Pemahaman yang baik tentang jenis penulisan teks prosedur ini memiliki banyak kegunaan untuk aplikasi kehidupan nyata terutama dalam dunia Pendidikan. Beruntung, teks prosedur adalah salah satu jenis penulisan yang lebih mudah untuk diajarkan kepada siswa dan diproduksi oleh siswa.

Sebagai jenis penulisan non fiksi, teks prosedur dalam berbagai bentuknya seringkali lebih mudah dipahami dan diikuti oleh siswa yang tidak memiliki ketertarikan alami untuk menulis daripada beberapa jenis penulisan yang lebih kreatif. Pembelajaran serangkaian kriteria akan dapat memastikan bahwa siswa yang lebih lemah dalam penulisan pun dapat menghasilkan teks prosedur yang koheren dan berhasil.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!