fbpx

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA Jurusan IPS

Bagikan artikel ini

pekerjaan-yang-cocok-untuk-lulusan-sma-jurusan-ips

Selama beberapa generasi, tradisi dalam dunia kerja berlangsung sama. Anda telah menghabiskan sepertiga pertama dari hidup Anda untuk memperoleh gelar sarjana yang Anda butuhkan untuk mencari pekerjaan. Gelar-gelar ini adalah cap profesional yang membuka jalan bagi dua pertiga sisa perjalanan Anda. Ini menyiratkan bahwa sifat pekerjaan, bersama dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakannya, tetap tidak berubah seumur hidup – yang tentu saja tidak lagi benar. Menurut World Economic Forum, lebih dari 1 miliar pekerjaan, hampir sepertiga dari semua pekerjaan di seluruh dunia, kemungkinan besar akan diubah oleh teknologi cepat atau lambat.

Lalu bagaimana dengan lulusan SMA? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai pekerjaan yang cocok setelah lulus SMA? Hal yang wajar mengingat tidak semua lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi. Meskipun demikian, semangat, sebab banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan SMA dengan gaji yang memuaskan.

Jelas, masa depan pekerjaan tidak akan tentang gelar sarjana; akan tetapi tentang keterampilan kerja. Sekarang adalah kesempatan Anda yang tidak memiliki gelar sarjana menuju karir yang sukses dan meningkatkan keragaman di dalam dunia kerja.

Anda lulusan SMA dengan jurusan IPS? Berikut pekerjaan yang cocok untuk Anda!

  • Customer Service

Customer service merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati. Secara gambaran umum, staf customer service bertugas untuk menangani beragam keluhan, termasuk urusan yang berkaitan dengan klien perusahaan. Meski tampak mudah, pekerjaan ini membutuhkan kesabaran, fokus yang baik, dan pengetahuan luas.

  • Penulis

Jika Anda memiliki hobi menulis, maka pekerjaan sebagai penulis sangatlah cocok. Meskipun tingkat persaingan dalam bidang ini cukup tinggi, selama Anda memiliki kemampuan dalam merangkai kata menjadi bahasan menarik, Anda akan memiliki peluang yang baik. Belum lagi, saat ini tersedia banyak media online  yang menawarkan pekerjaan sebagai penulis lepas.

Baca Selengkapnya :   Layoff atau PHK, Berikut Penjelasannya!

Selain mendapatkan penghasilan, bekerja sebagai penulis bisa menambah wawasan Anda. Pekerjaan ini juga fleksibel. Artinya, Anda masih bisa melakukan kegiatan lainnya, termasuk bekerja sambil kuliah.

  • Data Officer

Pekerjaan lain yang cocok untuk Anda adalah petugas input data. Tugasnya memang sederhana, yaitu menginput data ke dalam sistem perusahaan. Meskipun terlihat mudah, faktanya pekerjaan input data membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Pasalnya, kesalahan kecil berdampak besar pada data yang telah Anda input sebelumnya.

  • Anak Buah Kapal (ABK)

Pekerjaan yang cocok selanjutnya adalah bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Sebagai ABK, Anda akan bepergian ke luar kota. Bahkan, luar negeri. Selain gaji besar, Anda Bisa mendapatkan pengalaman menarik selama bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, menjadi seorang ABK tidaklah mudah karena diperlukan mental kuat.

Anda harus mempersiapkan diri jauh dari keluarga dan hanya pulang sesekali. Anda juga harus melatih fisik dan membekali diri dengan berbagai kemampuan yang akan menunjang karier sebagai seorang anak buah kapal.

  • Pengajar Bimbel

Jika Anda termasuk murid berprestasi, maka Anda bisa melamar pekerjaan sebagai pengajar bimbel. Bisa juga dengan membuka jasa les mata pelajaran anak SD, SMP, dan SMA di rumah dengan tarif terjangkau.

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Job Description UX Designer ?

Selain fleksibel, pekerjaan ini dapat menambah wawasan dan memperluas lingkup sosial Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa pekerjaan ini mengharuskan Anda bersikap tegas, sabar, profesional, dan dapat memberikan solusi termudah agar anak didik cepat memahami materi pelajaran yang disampaikan.

  • Pramugari

Bekerja sebagai pramugari tentu saja punya kebanggan tersendiri. Pekerjaan ini bisa membuat Anda menikmati  jalan-jalan gratis. Penghasilannya juga tidak perlu ditanya, bisa lebih besar dari lulusan sarjana atau S2. Gaji pramugari junior mulai dari Rp 5 juta, itu belum termasuk berbagai tunjangan.

Fasilitas yang didapatkan saat bekerja juga sangat baik, misalnya minimal penginapan yang diberikan adalah hotel bintang empat. Saat ini memang sudah banyak sekolah-sekolah khusus pramugari, tetapi lowongan kerjanya terbuka untuk siapa saja, termasuk lulusan SMA, SMK atau MA.

  • Sales Marketing

Anda suka bertemu orang baru dan punya skill komunikasi yang baik? Menjadi sales marketing adalah salah satu pilihan untuk Anda. Jangan salah mengenai pekerjaan ini, jika performa Anda bagus dan target tercapai, komisi yang Anda dapatkan bisa sangat tinggi.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia 6 Jenis Pengangguran Yang Ada di Indonesia

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan perbankan, menawarkan berbagai reward untuk sales yang kompeten, dari mulai uang hingga tiket jalan-jalan. Selain itu, menjadi sales dapat membuat Anda memiliki jaringan yang luas. Hal ini penting buat perkembangan karier Anda  kedepannya.

Sekalipun Anda belum memiliki kesempatan untuk menikmati bangku perkuliahan, itu bukan berarti hidup dan karier Anda akan berakhir di situ saja. Sebelum memutuskan karier yang akan Anda jalani dan tekuni, Anda patut mempertimbangkan beberapa pemikiran demi perkembangan karier Anda ke depan. 

Tidak ada orang yang tidak memiliki passion dan bakat. Passion merupakan suatu hal yang Anda cintai sedangkan bakat adalah kemampuan yang Anda miliki sejak lahir yang bisa membuat Anda menjadi lebih cepat ahli dalam bidang tertentu dibandingkan orang lain.

Dua hal tersebut harus Anda perhatikan dan kembangkan. Banyak perusahaan papan atas dunia telah mulai memperluas perekrutan mereka kepada pelamar yang tidak memiliki gelar sarjana tetapi memiliki pengalaman dan keterampilan yang relevan. Perusahaan seperti Netflix, Google, Bank of America, Whole Foods, Apple, termasuk didalamnya.

Terus semangat untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!