fbpx

Memahami Akuntansi Anggaran untuk Bisnis

Bagikan artikel ini

akuntansi anggaran

Akuntansi adalah proses membuat perencanaan terhadap pengeluaran uang Anda untuk usaha atau kegiatan. Rencana pengeluaran uang ini disebut anggaran. Dengan membuat rencana pengeluaran ini memungkinkan Anda untuk menentukan terlebih dahulu apakah Anda akan memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal yang perlu atau ingin Anda lakukan dalam usaha atau kegiatan Anda.

menurut wikipedia, Secara umum, pengertian akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Apa itu akuntasi anggaran? akuntasi anggaran adalah proses perencanaan dan peramalan yang penting untuk membantu Anda mengelola uang dalam bisnis dan kegiatan Anda dengan menyeimbangkan pengeluaran dan pendapatan Anda. Jika pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang dan Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan, hal ini akan menjadi tidak baik dan bermasalah. 

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menghabiskan lebih banyak daripada yang mereka peroleh dalam usaha dan kegiatan mereka dan perlahan-lahan tenggelam dalam utang setiap tahun. Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk melakukan usaha dan kegiatan yang ingin Anda lakukan, maka Anda dapat menggunakan proses perencanaan ini untuk memprioritaskan pengeluaran Anda dan memfokuskan uang Anda pada hal-hal yang paling penting bagi usaha dan kegiatan Anda.

Mengapa akuntasi anggaran begitu Penting?

Karena penganggaran memungkinkan Anda membuat rencana pengeluaran untuk uang Anda, hal ini memastikan bahwa Anda akan selalu memiliki cukup uang untuk hal-hal yang Anda butuhkan dan hal-hal yang penting bagi Anda. Mengikuti anggaran atau rencana pengeluaran juga akan membantu usaha dan kegiatan Anda keluar dari hutang jika saat ini Anda berhutang.

Baca Selengkapnya :   Jam Istirahat Itu Dihitung Jam Kerja? Ini Jawabannya!

Bagaimana dengan Peramalan dan Perencanaan Anggaran?

Setelah Anda membuat anggaran pertama Anda, mulai menggunakannya dan merasakan bagaimana anggaran tersebut dapat membantu menjaga sektabilan keuangan Anda tetap pada jalurnya, Anda mungkin ingin memetakan rencana pengeluaran atau anggaran Anda selama 6 bulan hingga satu tahun ke depan. Dengan melakukan ini, Anda dapat dengan mudah memperkirakan bulan-bulan mana keuangan Anda mungkin ketat dan bulan-bulan mana Anda akan memiliki uang ekstra. Anda kemudian dapat mencari cara  dan strategi untuk meratakan pasang surut dalam keuangan Anda sehingga segala sesuatunya dapat lebih mudah dikelola dan menyenangkan.

Akuntansi Anggaran dalam Usaha dan Bisnis

Dalam akuntansi anggaran untuk usaha dan bisnis, hal ini mencakup informasi keuangan dan non-keuangan. Fiturnya yang paling jelas adalah proyeksi pendapatan (seberapa besar Anda mengantisipasi penjualan) dan pengeluaran (berapa banyak Anda mengantisipasi pengeluaran). Anggaran juga dapat berisi informasi non-keuangan, seperti berapa banyak karyawan yang Anda pikir Anda butuhkan.

Anggaran adalah dokumen peramalan, tetapi bisnis juga menggunakannya sebagai alat kontrol keuangan. Kontrol keuangan adalah alat untuk memantau aktivitas dalam bisnis Anda. Salah satu kontrolnya adalah meninjau pengeluaran dan memastikan bahwa Anda tidak melebihi pengeluaran yang dianggarkan. Seringkali, sebuah perusahaan (atau divisi atau departemen di dalamnya) tidak diperbolehkan membelanjakan lebih dari yang telah dianggarkan.

Baca Selengkapnya :   Perusahaan Dengan Manajemen Terbaik Di Indonesia

Anggaran mencakup periode waktu tertentu, umumnya setahun. Dan anggaran melihat ke masa depan. Meskipun Anda menggunakan informasi historis untuk menyusun anggaran Anda, aktivitas yang Anda rencanakan terjadi di masa depan.

Anggaran induk adalah ringkasan dari rencana keuangan dan rencana operasi Anda. Anggaran induk memberi Anda “gambaran besar” dan menetapkan tindakan Anda untuk periode mendatang. Ini sangat penting.

Rencana keuangan adalah apa yang Anda bagikan dengan pihak luar yang membutuhkan informasi anggaran Anda. Bank tempat Anda memiliki pinjaman mungkin ingin melihat anggaran keuangan Anda. Dalam beberapa kasus, badan pengatur pemerintah mungkin ingin meninjau anggaran Anda.

Rencana operasi digunakan secara internal. Manajer Anda perlu memahami berapa banyak yang dapat mereka belanjakan tahun ini dan bagaimana mereka diizinkan untuk membelanjakannya. Manajer juga perlu memahami berapa banyak uang yang diramalkan perusahaan sebagai keuntungan. Laba yang diproyeksikan mempengaruhi rencana penjualan manajer. Rincian ini terkandung dalam rencana operasi. Anda membagikan rencana operasi kepada setiap manajer, dan manajer mengimplementasikan rencana tersebut.

Anggaran induk adalah gambaran menyeluruh tentang rencana Anda untuk masa depan dan bagaimana rencana itu akan dicapai.

Terdapat 2 jenis anggaran, yaitu:

  • Budget strategis adalah anggaran yang berlaku untuk jangka panjang yaitu melebihi satu periode akuntansi (melebihi 1 tahun)
  • Budget taktis adalah budget yang berlaku untuk jangka pendek.
Baca Selengkapnya :   Manajemen Bisnis : Pengertian Serta Fungsinya

Budget yang disusun untuk 1 periode akuntansi (setahun penuh) dinamakan budget Periodik.

Sedangkan budget yang disusun untuk jangka waktu kurang dari satu periode akuntansi misalnya jangka tiga bulanan, dan sebagainya disebut sebagai budget bertahap (continous budget).

Anggaran (budget) yang baik haruslah mencakup seluruh kegiatan perusahaan, yang sering dinamakan budget komprehensif.

Secara garis besar isi dari budget komprehensif terdiri dari:

  • Budget Taksiran (Forecasting Budget) berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dan keadaan (posisi) finansial perusahaan pada saat tertentu pada waktu yang akan datang.
  • Budget Variabel berisi tentang tingkat perubahan atau variabilitas biaya, khususnya biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya ”semi-variabel” sehubungan dengan adanya produktivitas perusahaan. Analisa Statistika dan Matematika Pembantu yang dipergunakan untuk membuat taksiran-taksiran serta mengadakan penilaian (evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
  • Laporan Budget (Budget Report), yaitu laporan tentang realisasi pelaksanaan budget yang dilengkapi dengan berbagai analisa perbandingan antara budget dan realisasinya sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan sebab-sebabnya, baik yang bersifat positif (menguntungkan) maupun negatif (merugikan), sehingga dapat ditarik kesimpulan dan tindak lanjut (follow-up) yang segera perlu dilakukan.

Setelah Anda membaca artikel ini apakah anda tertarik untuk membuat akuntansi anggaran untuk usaha, bisnis atau kegiatan Anda? Percayalah hal ini akan membantu Anda dalam menjalankan usaha, bisnis dan kegiatan anda menjadi lebih baik dan akuntabel!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!