fbpx

4 Aplikasi Absensi Siswa Terbaik

Bagikan artikel ini

Aplikasi Absensi Siswa

Di masa pademi covid-19 ini seluruh sekolah melaksanakan pembelajaran secara online. Tentu saja sekolah memerlukan aplikasi absensi siswa secara online yang bisa digunakan untuk membantu mereka dalam mengontrol dan mengecek kehadiran siswa per harinya.

Aplikasi absen siswa tersebut juga harus ramah bagi anak-anak, selain mudah untuk digunakan dan bila memungkinkan aplikasi tersebut dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis agar tidak banyak memakan biaya anggaran sekolah. Selain itu aplikasi absensi siswa tersebut dapat membantu para guru untuk memantau kehadiran siswanya, bukannya malah membuat para guru kesulitan mengoperasikan aplikasinya dan membuat guru semakin pusing tujuh keliling.

Daftar Aplikasi Absensi Terbaik

Jika mencari aplikasi absensi di internet pasti Anda akan menemukan banyak sekali pilihan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Aplikasi tersebut juga menggunakan teknologi yang sangat canggih dan ramah untuk pemula khususnya anak-anak. Penggunaannya juga tidak harus melalui perangkat komputer, cukup diakses melalui smartphone saja. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi absensi yang dapat digunakan untuk siswa.

Baca Selengkapnya :   5 Jenis Investasi Yang Sangat Menguntungkan

Google Form

Aplikasi absensi siswa yang pertama adalah Google Form. Walaupun sebenarnya Google Form bukan merupakan aplikasi absen melainkan aplikasi untuk membuat formulir online, akan tetapi Anda bisa memanfaatkan Google Form untuk membuat formulir absensi siswa. Saat ini, Google Form paling banyak digunakan untuk absensi siswa dengan alasan cara penggunaannya sangat mudah bagi siapa saja. Dengan aplikasi ini para guru cukup membuat form melalui akun Google masing-masing dan selanjutnya membagikan linknya kepada siswa agar mereka bisa melakukan absensi dengan cara mengisikan data-data yang diminta di sana.

Selain penggunaannya sangat mudah, data absensi siswa yang sudah dimasukkan ke dalam  Google Form akan direkap dan dikategorikan berdasarkan masuk atau tidaknya siswa per hari secara otomatis oleh sistem. Dengan demikian, para guru bisa mengontrol kehadiran mereka dengan mudah dan jika membutuhkan datanya, tinggal mencetaknya saja tanpa banyak melakukan perubahan dan pengkategorian ulang. Selain itu, para guru juga cukup membuat satu kali form lalu bisa digunakan untuk melakukan absensi hingga berkali-kali sehingga tidak perlu repot membuat form yang baru secara berkala.

Baca Selengkapnya :   Ingin Masa Depan Terjamin? Ini 5 Pilihan Investasi Jangka Panjang Terbaik

Zoho Form

Aplikasi ini hampir sama dengan Google Form, Zoho Form juga merupakan layanan absensi siswa yang sangat mudah digunakan dan pengaksesannya hanya dengan cara mengklik link yang telah dibagikan oleh sanga pembuat form. Bahkan, dalam Zoho Form ini juga terdapat fitur tanda tangan yang mana siswa akan diminta untuk menggambar tanda tangan mereka dalam suatu kotak setiap kali melakukan absensi. Layanan ini tentu membuat absensi semakin terpercaya dan bukan abal-abal karena sudah disahkan dengan tanda tangan yang bersangkutan.

Semua data-data yang terekam dalam Zoho Form juga akan terlindungi dan tidak akan khawatir hilang. Guru bisa mencetak semua data absensi yang terekam kapan saja dengan tanpa melakukan penataan ulang karena semua data di sana sudah tersusun dengan rapi.

Absensi Free

Data akurat siswa sangat penting dan dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Dengan demikian dalam mengelola instansi, sekolah, atau event menjadi lebih efektif dan efisien. Aplikasi Absensi ini menyediakan fitur yang mampu mengabsen karyawan, siswa, atau peserta event dengan cepat karena ada default semua hadir atau semua tidak hadir dan tinggal verifikasi. Sehingga daftar karyawan atau siswa atau peserta event dapat segera diperoleh dan segera dapat di share ke berbagai pihak termasuk atasan. Data detail absen siswa per minggu atau per bulan juga tersedia sehingga akan mempermudah guru dalam mengeceknya.

Baca Selengkapnya :   Mengetahui Perbedaan Perjanjian Kerja PKWT Dan PKWTT

SmartPresence

Aplikasi absensi siswa selanjutnya adalah SmartPresence. SmartPresence menawarkan berbagai kemudahan bagi sekolah. Selain digunakan untuk absensi siswa, SmartPresence juga dapat digunakan untuk absensi bagi para pegawai yang ada di sekolah. Fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari rekapitulasi otomatis, perhitungan terlambat otomatis, pencatatan lokasi absen, absen menggunakan smartphone, validasi wajah dan masih banyak fitur lainnya.

Berbeda dengan platform Formulir Online yang mempunyai batasan batasan fitur, Smartpresence.id memberikan berbagai fitur dengan GRATIS selama 30 hari pertama. Segala bentuk dan detail absensi akan di bantu oleh team Smartpresence.id.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!