Pandemi Covid-19 memaksa pemerintah dan perusahaan swasta untuk menerapkan work from home. Tantangan saat work from home sendiri bisa dialami baik oleh pihak pekerja maupun perusahaan. Pekerjaan yang biasanya dilakukan secara tatap muka harus dialihkan melalui sambungan internet. Adanya tantangan ini sebaiknya mendapatkan perhatian sehingga tidak mengganggu kinerja dan jalannya perusahaan.
Bekerja dari rumah bagi pekerja bisa berdampak positif maupun negatif. Ada sebagian orang yang lebih senang bekerja di rumah karena lebih santai. Namun ada juga yang kesulitan karena tidak bisa mengatur jadwal kerja dengan baik. Berikut ini beberapa tantangan saat work from home bagi para pekerja.
Daftar Isi
Toggle1. Koneksi Internet Yang Tidak Stabil
Masalah internet yang tidak stabil bisa sangat menganggu saat bekerja dari rumah. Pekerjaan yang mengharuskan rapat online atau mengunggah data melalui internet bisa bermasalah.
2. Waktu Kerja Yang Tidak Pasti
Waktu kerja yang tidak pasti kadang membuat pekerja tidak mengerjakan dengan tepat waktu. Perusahaan yang membiarkan pekerjanya tidak terjadwal dapat berpengaruh pada kinerja pekerja itu sendiri. Ini perlu adanya sistem absensi online yang bisa membuat pekerja tahu jadwal kerjanya dengan baik.
3. Komunikasi Yang Tidak Optimal
Komunikasi yang tidak optimal antara pekerja dan pimpinan atau dengan klien bisa menjadi tantangan saat work from home. Melakukan pembicaraan jarak jauh tentunya akan berbeda daripada bertatap muka langsung. Kendala ini bisa diminimalkan dengan mengecek ulang setiap informasi dari pihak lain.
4. Lingkungan Kerja Di Rumah Yang Tidak Mendukung
Bekerja dari rumah bisa sulit untuk berkonsentrasi jika anggota keluarga yang lain misalnya anak mengganggu saat bekerja. Ruang kerja di rumah yang tidak mendukung juga dapat menjadi masalah.
Tak hanya bagi pekerja, adanya keharusan work from home karena masalah pandemi juga bisa menjadi masalah bagi perusahaan. Sistem kerja yang biasanya dilakukan secara offline bisa sedikit terganggu jika diubah menjadi online. Oleh karena itu, manajemen perusahaan harus bisa segera beradaptasi untuk mengatasi masalah ini. Jika perusahaan tak dapat beradaptasi dengan baik maka penurunan performa bisa terjadi.
Salah satu masalah yang bisa diatasi adalah masalah absensi saat WFH. Jika sebelumnya absensi mungkin dilakukan secara biasa atau manual, maka saat WFH perlu ada sistem absensi baru. Pekerja yang tidak berada di kantor tetap perlu diberi tugas secara terjadwal sehingga dapat bekerja sesuai deadline. Beruntungnya saat ini telah hadir Smartpresence yang bisa membantu perusahaan dalam mengatur absensi jadwal kerja karyawan.
Adanya sistem absensi online ini bisa membantu perusahaan agar dapat mengatasi tantangan saat work from home. Pekerja dapat dipantau secara realtime melalui aplikasi khusus yang bisa membantu mengetahui waktu kerjanya secara detail. Smartpresence.id bahkan tersedia dalam bentuk aplikasi mobile dan web dashboard sehingga dapat digunakan untuk berbagai perangkat.
update covid-19 disini