fbpx

Apa Saja Tugas Direktur Utama Dalam Perusahaan?

Bagikan artikel ini

Tugas Direktur Utama

Tugas direktur utama pasti sangatlah berat, karena direktur utama merupakan jenjang atau jabatan tertinggi dalam perusahaan. Untuk perusahaan yang memiliki CEO, direktur utama merupakan jabatan tertinggi kedua. Akan tetapi, ada pula beberapa organisasi yang mempercayakan jabatan direktur dan CEO pada satu orang. 

Sebagai seorang direktur utama haruslah piawai dalam mengambil keputusan yang terkait dengan perkembangan perusahaan sekaligus mengelola sumber daya yang tersedia. Selain itu masih banyak tugas-tugas yang harus dijalani oleh seorang direktur utama. Berikut ini beberapa tugas seorang direktur utama dalam perusahaan.

Mengambil keputusan strategis 

Direktur Utama menjabat sebagai orang yang bertanggung jawab atas segala pengambilan keputusan agar perusahaan menjadi terarah dan bertumbuh. Untuk bisa membuat keputusan strategis, direktur harus terlebih dahulu menganalisis data, tren pasar, kompetitor dan peluang bisnis untuk kemudian bisa merumuskan rencana bagi jangka panjang perusahaan. 

Baca Selengkapnya :   Stock Opname : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Mengkomunikasikan visi misi perusahaan 

Direktur utama harus mampu mengkomunikasikan dan menerapkan apa yang menjadi visi misi perusahaan, serta dapat menentukan kemana arah yang akan ditempuh oleh perusahaan. Selain itu, seorang direktur juga harus bisa menjamin bahwa karyawannya memahami visi, misi, serta tujuan dari perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan komunikasi pada level yang dapat membuat para karyawan benar-benar merasa dilibatkan dalam tujuan perusahaan sehingga mereka yakin bahwa peran memang dihargai. 

Manajemen keuangan 

Menyandang jabatan direktur utama artinya bertanggung jawab dalam memastikan keuangan perusahaan aman. Memantau kinerja keuangan, mengelola anggaran, mengawasi pelaporan keuangan dan mengambil keputusan strategis untuk optimalisasi pengeluaran dan pendapatan perusahaan semuanya menjadi hal yang harus dilakukan oleh Direktur Utama. Bukan hanya itu, Direktur Utama juga menjalin hubungan dengan lembaga keuangan dan investor untuk memastikan adanya sumber pendanaan yang memadai bagi perusahaannya. 

Menjalankan rapat 

Direktur Utama akan menjadi pimpinan dalam rapat yang diadakan rutin dengan seluruh jajaran pemimpin perusahaan untuk memastikan keputusan yang dibuat dan pengerjaannya berjalan sesuai dengan tujuan, visi dan misi perusahaan. Merekalah yang juga berperan dalam menyampaikan gagasan, evaluasi, kritik, saran serta arahan kepada seluruh pihak yang ada dalam perusahaan. 

Baca Selengkapnya :   Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Contohnya

Mengawasi situasi perusahaan  

Ini menjadi tugas yang tidak kalah penting dari seorang direktur. Mengawasi situasi perusahaannya sendiri sekaligus dengan kompetitornya adalah hal yang harus dimonitor untuk mengetahui ketika ada peluang untuk melakukan ekspansi bisnis, opini publik, inovasi yang dilakukan kompetitor dan lainnya. Dengan informasi inilah, Direktur Utama akan menyesuaikan atau melakukan perubahan sesuai dengan strategi yang telah disusun. 

Melakukan evaluasi perusahaan 

Evaluasi bukan hanya digunakan ketika perusahaan tidak mencapai target atau tujuan yang ditetapkan. Ketika mencapai target dan memberikan hasil yang baik, Direktur Utama tetap harus mengadakan evaluasi terhadap kesuksesan tersebut sehingga kedepannya bisa mencapai kesuksesan yang maksimal. Adapun ketika pencapaian tidak berhasil, Direktur Utama harus menganalisa apa yang menjadi penyebab dan faktor yang memicu ketidakberhasilan tersebut agar bisa segera diperbaiki. 

Pemimpin dalam perusahaan 

Direktur Utama adalah jabatan yang memimpin perusahaan dengan arahan yang jelas. Mereka harus bisa membimbing, memberi petunjuk dan menginspirasi seluruh tim perusahaan agar tetap konsisten dalam memberikan kontribusi demi pertumbuhan perusahaan. Ini juga mencakup pengembangan budaya perusahaan yang positif, menetapkan nilai-nilai, memastikan karyawan terlibat hingga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan inklusif. 

Baca Selengkapnya :   Memahami Akuntansi Anggaran untuk Bisnis

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!