fbpx

Absen Digital : Pengertian Serta Manfaatnya

Bagikan artikel ini

Absen Digital

Absen Digital barangkali jadi salah satu tata cara absensi yang belum sering kita dengar. Sebelum mengulas absen digital lebih lanjut, secara singkat, arti kata absen ataupun absensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI merupakan ketidakhadiran.

Namun dalam dunia kerja, sebutan absen ataupun absensi digunakan selaku bentuk pendataan kehadiran ataupun presensi karyawan. Kembali ke absensi Digital, teknologinya sendiri baru diperkenalkan akhir- akhir ini kala koneksi internet sudah bisa dengan gampang dijangkau oleh seluruh orang.

Terdapat banyak kelebihan yang ditawarkan oleh absen digital atau elektronik absen dibanding dengan teknologi absensi yang ada sebelumnya, semacam absensi finger print ataupun sidik jari ataupun bahkan absen manual dengan kertas.

Terlebih saat ini ini, kala internet sangat gampang dijangkau baik secara akses ataupun harga, sehingga menjadikan absen digital merupakan opsi yang digunakan baik oleh kantor swasta maupun pemerintah.

Dalam artikel di bawah ini, kita bakal mengulas mulai dari pengertian elektronik absensi sampai gimana kita, selaku HR di perusahaan, menerapkannya buat tingkatkan produktivitas tim.

Pengertian Absen Digital

Absen ataupun absensi ialah tanda kehadiran kita. Semasa sekolah dahulu, buat melaksanakan absensi, guru memanggil nama kita satu per satu. Akan tetapi, buat skala perusahaan dengan jumlah karyawan yang dapat sangat bermacam- macam mulai dari puluhan sampai puluhan ribu pasti tidak bisa jadi mereplikasi tata cara yang sama.

Baca Selengkapnya :   5 Alasan Absensi Online Siswa Harus Dilakukan

Absen digital ataupun absensi elektronik dicoba lewat smartphone ataupun desktop dengan check in dengan menggunakan GPS. Karyawan dapat dapat melaksanakan check in dengan metode mengirimkan selfienya sehingga dapat dideteksi posisi keberadaannya oleh sistem.

Informasi yang masuk dalam database bisa diakses dengan transparan oleh karyawan ataupun perusahaan. Tak hanya itu saja, karena rekaman telah berbentuk informasi digital sehingga lebih gampang diintegrasikan dengan dengan informasi lain semacam penggajian( payroll).

Manfaat Memakai Absen Digital

Terdapat sebagian khasiat memakai absensi mobile online ataupun absen digital yang mampu didapatkan, dibanding dengan pemakaian absensi dengan tata cara lain. Berikut ini merupakan sebagian manfaat serta kelebihannya.

Fleksibilitas

Seperti yang sudah diketahui terdapat bermacam tipe perusahaan serta industri. Dengan keragaman ini pasti saja menyebabkan tidak seluruh perusahaan serta industri dapat cocok memakai metode absen konvensional semacam ceklok maupun finger print.

Metode absensi elektronik dapat memfasilitasi kebutuhan akan pekerjaan yang fleksibel disaat ini. Terlebih sejak pandemi, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja dari rumah.

Baca Selengkapnya :   Ingin Menjadi Seorang Business Analyst? Ini Sederet Tugasnya!

Lebih Hemat

Absen Digital tidak memerlukan perangkat fisik khusus ataupun pemasangan sistem yang mewajibkan instalasi dilakukan mandiri oleh perusahaan. Anggaran buat perangkat fisik ataupun instalasi telah tercantum dalam paket penjualan sehingga dapat lebih mengirit pengeluaran dari perusahaan.

Dengan memakai absensi digital hingga perusahaan cukup hanya mendaftar, mengunduh aplikasi, dan memakai smartphone ataupun laptop yang telah dimiliki buat pemakaian sehari- hari. Untuk karyawan yang mobile ataupun bekerja di lapangan, ataupun jarak jauh semacam saat ini ini, absen digital bakal sangat mempermudah.

Hal ini berbanding terbalik, bila Kamu memilah memasang absen fingerprint selaku sistem kehadiran di kantor. Lantaran harga absensi sidik jari tersebut terbilang lumayan mahal, belum lagi ditambah bayaran pemeliharaannya. Walaupun mempunyai harga yang lumayan tinggi, mesin fingerprint masih diminati oleh perusahaan besar.

Menghindari Kecurangan

Pada saat memilih sistem absensi yang digunakan salah satu tujuan di kepala merupakan tentang menaikkan produktivitas kerja. Salah satunya dengan meminimalisir kecurangan yang barangkali terjadi.

Absen digital didukung dengan teknologi Global Positioning System (GPS) serta biometrik yang jadi sistem keamanan ganda guna menghindari kecurangan. Caranya dengan memverifikasi kehadiran karyawan di suatu titik yang sudah ditetapkan dikombinasikan dengan foto karyawan. Oleh sebab itu, karyawan tidak dapat memanipulasi informasi sebab informasi yang masuk terenkripsi serta ditaruh dengan aman.

Baca Selengkapnya :   Mengetahui Perbedaan Perjanjian Kerja PKWT Dan PKWTT

Informasi yang Masuk Lebih Akurat

Sistem absensi merupakan acuan buat penghitungan penggajian serta perhitungan hak karyawan yang lain. Oleh sebab itu, penghitungan jam kerja lewat absen digital dinilai dapat memudahkan perihal ini.

Perhitungan lewatabsen digital dinilai lebih akurat terlebih langsung tersinkron otomatis sehingga penghitungannya juga dapat jadi lebih mudah.

Rekapitulasi Serta Integrasi Informasi juga Lebih Mudah

Salah satu keunggulan absen digital dibanding dengan metode lain merupakan informasi yang tersimpan dapat lebih gampang direkapitulasi serta diintegrasikan.

Informasi kedatangan, informasi ketidakhadiran, lembur serta keterlambatan dapat tercatat otomatis serta masuk ke sistem sehingga dapat langsung diintegrasikan dengan informasi lain. Buat HR, keunggulan ini membuat kerja yang lebih efektif.

Dapat dipantau secara real time

Absen digital tersambung dengan internet sehingga mempermudah pemantauan informasi dapat dilakukan secara realtime. Keunggulan ini bakal mempermudah kinerja HRD buat dapat memproses informasi kehadiran online karyawan dengan lebih cepat serta mudah.

Terlebih, informasi digital dari absen digital langsung tersimpan serta diperbarui otomatis di sistem cloud sehingga terjamin keamanannya.

Salah satu absen digital yang dapat kamu gunakan sistem absensi SmartPrensece. Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan penawaran spesial uji coba GRATIS!!!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!