fbpx

Motivasi Kerja, Penting untuk Karyawan!

Bagikan artikel ini

motivasi kerja

Motivasi kerja adalah elemen, nilai, atau faktor untuk mendorong perilaku yang berhubungan dengan pekerjaan. Motivasi dapat berasal dari dalam maupun di luar keberadaan individu karyawan

Sesuai dengan istilah yang digunakan, motivasi kerja bertujuan untuk mendorong karyawan agar meningkatkan performa di lingkungan profesional.

Bagaimana cara membangun motivasi kerja? Cek di artikel ini!

Apa Itu Motivasi Kerja?

Motivasi adalah nilai-nilai yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan serta memilih keputusan yang cenderung positif. Standar motivasi bervariasi antar individu sehingga harus dikombinasikan dengan faktor-faktor lain seperti lingkungan, usia, minat, situasi yang dihadapi, dan lain-lain.

Motivasi kerja sendiri berkaitan dengan kinerja seseorang di lingkungan profesional, untuk mendorong seseorang meningkatkan performa profesional. Motivasi bisa bersifat eksternal seperti kompensasi dan retribusi, manfaat dan rekognisi yang didapat, hingga dukungan kolega.

Namun, motivasi juga bisa bersifat internal dari diri karyawan masing-masing, seperti kepuasan karyawan atas pekerjaannya.

Baca Selengkapnya :   Finance : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Dalam Perusahaan

Bagaimana Motivasi Kerja Mempengaruhi Karyawan?

Pentingnya motivasi berkaitan dengan beberapa teori psikologi yang menekankan pada kebutuhan dasar manusia. Menurut teori Hirarki Kebutuhan dari Abraham Maslow (1943), manusia memiliki tingkatan piramida kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Kebutuhan-kebutuhan dasar manusia seperti sandang, pangan, dan papan dapat dipenuhi melalui kompensasi finansial pekerjaan.

Namun, manusia memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi, seperti kebahagiaan, kenyamanan, pengakuan, kepercayaan diri, pencapaian, hingga kehormatan.

Penelitian menunjukkan bahwa motivasi berdampak baik pada kinerja karyawan. Karyawan yang termotivasi cenderung memiliki dorongan untuk meningkatkan performa mereka. Selain itu, motivasi juga berdampak pada ikatan emosional dan kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Hal ini dapat membantu tingkat retensi karyawan di perusahaan tersebut.

Ini Cara Menerapkan Motivasi Kerja!

Motivasi terbagi ke dalam dua kategori, yaitu eksternal dan internal. Faktor eksternal dapat dibentuk oleh perusahaan. Sementara, motivasi kerja internal dibangun oleh karyawan itu sendiri. Ini tips-tips membangun motivasi yang baik, bagi perusahaan maupun karyawan!

Motivasi dari Perusahaan

  1. Menerapkan sistem kompensasi finansial yang baik dan adil bagi karyawan
  2. Membangun kultur perusahaan yang mengutamakan kenyamanan karyawan dan dinamis
  3. Rekognisi pencapaian karyawan
  4. Menyediakan program peningkatan talenta dan jenjang karir
  5. Menyediakan lingkungan, infrastruktur, dan fasilitas kerja yang aman
Baca Selengkapnya :   Hard Skill vs Soft Skill: Mana yang Lebih Penting?

Motivasi dari Karyawan

  1. Mengambil kesempatan yang ada di tempat kerja
  2. Mendorong diri untuk mempelajari banyak hal
  3. Menemukan inovasi
  4. Berinisiatif memberikan solusi
  5. Memberdayakan dan berinteraksi dengan lingkungan kerja

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!