fbpx

Presensi dan Absensi Ternyata Berbeda? Ini Perbedaannya!

Bagikan artikel ini

Presensi dan Absensi

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata absensi dan presensi bukan? Tapi, apakah Anda tahu bahwa sesungguhnya absensi dan presensi itu dua kata yang memiliki arti berbeda, lho! Meskipun presensi ataupun absensi berkaitan dengan kehadiran seseorang, kedua kata ini memiliki arti yang bertolak belakang. Hanya saja, presensi cenderung memihak pada posisi yang positif dan diharapkan, sementara absensi dianggap sebagai kata yang tidak diinginkan dan berkonotasi negatif. 

Tapi, apa perbedaan presensi dan absensi secara keseluruhan? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di artikel ini! 

Tentang Absensi 

Absensi menjadi suatu hal yang wajib Anda ketahui apalagi ini menjadi istilah yang penting dalam dunia kerja. Absensi ini merujuk kepada istilah yang membahas tentang ketidakhadiran atau tidak berpartisipasinya seseorang secara fisik di tempat kerja. Jadi, ketika berbicara tentang dunia pekerjaan, absensi dijadikan sebagai bukti ketidakhadiran karyawan di tempat kerja yang kemudian akan digunakan untuk menghitung gaji, tunjangan dan bonus.

Baca Selengkapnya :   Ingin Tingkatkan Percaya Diri? Lakukan 6 Cara Ini!

Tentang Presensi 

Presensi menjadi kata yang seringkali disandingkan dengan absensi. Hal ini tidak mengherankan karena absensi sendiri mempunyai makna yang berkebalikan dari presensi. Jika absensi mengacu pada ketidakhadiran, presensi justru berarti kehadiran. Namun, pada praktiknya, absensi lebih dikenal dan digunakan untuk menggambarkan kehadiran seseorang, khususnya dalam dunia pekerjaan. Padahal, semestinya ketika berbicara tentang kehadiran, kata yang lebih tepat digunakan adalah presensi. 

Jadi, secara singkat presensi berarti kehadiran yang melibatkan pendataan waktu kedatangan dan kepulangan karyawan. Adapun metode presensi yang bisa digunakan sangat bervariasi, baik itu data terkait pencatatan secara manual, menggunakan kartu identifikasi, hingga teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan (sidik jari, pengenalan wajah atau perangkat lunak). Dengan presensi ini, perusahaan akan sangat terbantu dalam memonitor data kehadiran karyawan untuk dapat mengetahui seberapa disiplinnya karyawan. 

Perbedaan Presensi dan Absensi 

Presensi dan absensi menjadi dua konsep berbeda yang banyak digunakan dalam menggambarkan kehadiran atau ketidakhadiran seseorang. Untuk lebih memahami dan meminimalisir kekeliruan Anda, kami sediakan perbedaan dari kedua kata ini. 

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Job Description UX Designer ?

Presensi menitikberatkan fokusnya pada keberadaan seseorang dalam lingkungan pekerjaan. Artinya, seorang karyawan fisik dan batinnya hadir dalam lingkungan pekerjaannya dan berpartisipasi untuk perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini mencerminkan kehadiran yang membawa mereka kepada fakta bahwa karyawan ini konsisten hadir sesuai dengan kebijakan dari perusahaan. 

Sementara, absensi lebih membahas tentang ketidakberadaan atau ketidakhadiran karyawan dalam dunia kerja. Jadi, karyawan tidak hadir secara fisik dan batin serta tidak berpartisipasi atas perusahaan tempatnya bekerja. Dengan mempunyai catatan presensi dan absensi, perusahaan dapat memantau dan melacak kehadiran seseorang dengan data yang akurat untuk kemudian dijadikan sebagai langkah mengambil keputusan yang diperlukan. 

Kelola Presensi dan Absensi dengan SmartPresence  

Istilah presensi dan absensi pastinya menjadi istilah yang tidak asing bagi HRD mengingat HRD menjadi pihak yang bertanggung jawab. HRD menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam mencatat dan menganalisa data kehadiran karyawan setiap bulannya. Namun, Anda sebagai HRD juga harus melakukan pencatatan dan pemrosesan data hadir serta ketidakhadiran karyawan dengan bantuan aplikasi yang tepat. 

Baca Selengkapnya :   5 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Negosiasi Gaji

Perlu Anda catat, bahwa mengelola presensi dan absensi karyawan bukanlah hal yang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda bukan hanya mencatat kehadiran dengan akurat, tapi ada bejibun tugas lainnya seperti menghitung payroll, menghitung berapa banyak karyawan yang cuti atau tidak masuk kerja, terlambat hingga lembur. Bukankah akan sangat memusingkan untuk mengelola semua ini secara manual? 

Di era yang semuanya sudah serba berteknologi canggih, Anda bisa meminimalisir ketidakefektifan dan ketidakakuratan data dengan menggunakan aplikasi SmartPresence. Aplikasi yang menawarkan solusi pelacakan kehadiran berbasis cloud yang merekam data karyawan dengan dilengkapi pola pengenalan wajah, pelacakan GPS, pengambilan foto saat kehadiran serta fitur-fitur lainnya. 

Jadi, sampai kapan Anda mau dipusingkan untuk melihat dan membuat data secara manual? Yuk segera beralih ke SmartPresence dan rasakan efisiensi yang diberikan dalam mengoptimalkan pengelolaan karyawan Anda! 

Reference:

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!