fbpx

HR Manager : Peran dan Tujuannya pada Perusahaan

Bagikan artikel ini

HR Manager

Human Resources Manager atau HR Manager merupakan sebuah pekerjaan yang ada dalam sebuah perusahaan. Memiliki tugas krusial terutama merekrut & mengelola karyawan yang sebagai aset krusial bagi perusahaan. Menjadi HR apalagi menggunakan tingkatan manajer tentu susah-susah gampang.

Ada beberapa kriteria dan kondisi yg harus dipenuhi buat sebagai HR Manager yang profesional. Alasannya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, karena ada poly kepentingan perusahaan yang herbi tugas HR tadi. Misalnya, memastikan perusahaan mempunyai seluruh SDM (asal daya insan) yg dibutuhkan hingga mengelola keperluan perusahaan terutama menyangkut penggajian dan hal teknis lainnya yang herbi peraturan pemerintah.

Peran dalam Perusahaan

HR atau Human Resources merupakan orang-orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang bertanggung jawab pada pengelolaan karyawan. Istilah HR muncul pertama kali dalam tahun 1960-an ketika interaksi kerja antara karyawan dan perusahaan terbentuk.

HR ini punya tugas primer yaitu mengawasi hal-hal yg berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Untuk seorang HR, ada beberapa pekerjaan yang menjadi fokus utama mereka yaitu:

  • Perekrutan dan penempatan staf,
  • Menghitung gaji, tunjangan, & kesejahteraan bagi karyawan,
  • Memberikan training & pembelajaran,
  • Memastikan keselamatan kerja karyawan,
  • Menciptakan hubungan yg serasi antara karyawan dan perusahaan,
  • Pengembangan dan pelatihan karyawan.
Baca Selengkapnya :   yang perlu kamu tau tentang Fakultas Manajemen

Karena dalam manajemen karyawan terdapat banyaknya bidang, HR dituntut harus memiliki keahlian spesifik. Misalnya:

  • Spesialis pengembangan pelatihan karyawan,
  • HR Manager,
  • Spesialis administrasi,
  • Kemampuan umum,
  • Bidang ketenagakerjaan,
  • Spesialis kompensasi & analisis pekerjaan,
  • Pelatihan dan pengembangan karyawan,
  • Rekrutmen,
  • Konsultan karyawan,
  • Analis personalia.

Keahlian spesifik tadi diperlukan lantaran pekerja atau karyawan telah mengalami evolusi. Ini wajib direspons HR agar mereka mampu mengelola karyawan dengan baik. Sehingga mampu menaikkan produktivitas yang ujungnya perusahaan yang diuntungkan.

Tujuan

Tujuan berdasarkan adanya manajemen HR atau asal daya manusia adalah membuat pekerjaan yg berurusan dengan pengelolaan karyawan jadi lebih mudah. HR harus diisi oleh orang-orang yg sempurna. Mereka wajib tahu bagaimana mengemban tanggung jawab pada mengelola karyawan.

Seperti memberikan program pengembangan atau pelatihan, memastikan kesejahteraan karyawan, hingga menjamin keselamatan bagi para karyawan. Mereka juga bertanggung jawab dalam melakukan penilaian terhadap karyawan, apakah sudah sinkron menggunakan baku yg diinginkan perusahaan atau tidak.

Terlepas menurut itu, hal yg paling krusial merupakan menjaga hubungan baik antara karyawan menggunakan perusahaan misalnya menghindari permasalahan menggunakan mematuhi hukum ketenagakerjaan. Maka dari itu jangan kaget jika HR sering dikatakan sebagai malaikat pelindung pada dalam perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan?

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!