fbpx

Pentingnya Talent Mapping Untuk Karyawan!

Bagikan artikel ini

talent mapping

Dalam dunia kerja sering sekali terjadi orang yang tidak nyaman dengan pekerjaan yang ia lakukan karena tidak sesuai dengan potensi yang ia miliki . Hal ini yang menyebabkan kinerja dari orang tersebut rendah, kurang bersemangat dalam bekerja dan stres.

Maka dari itu sangat penting bagi seseorang untuk mengenali dirinya sendiri. Kebanyakan dari mereka bertanya-tanya kepada orang lain atau keluarga, padahal ada beberapa cara yang lebih praktis untuk mengetahui bakat seseorang yaitu dengan menggunakan talent mapping atau pemetaan bakat.

Pengertian Talent Mapping

Talent Mapping atau yang dikenal dengan dengan pemetaan bakat adalah serangkaian tes assessment yang berguna untuk mengetahui bakat yang terpendam di dalam orang. Tes yang dilakukan tidak hanya fokus dalam memperbaiki bakat yang lemah saja. Akan tetapi tujuan dari talent mapping agar anda lebih fokus di dalam mengembangkan bakat.

Dalam melakukan pemetaan bakat ini, akan ada daftar 34 jenis bakat yang diurutkan dari bakat yang paling dominan di dalam diri hingga bakat yang paling lemah.

Baca Selengkapnya :   FAQ : Tentang Laporan per Pegawai

Manfaat Talent Mapping

Melalui pelaksanaan talent mapping, maka ada beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh. Beberapa manfaat tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

Menemukan bakat terpendam

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah membantu anda untuk bisa menemukan bakat yang terpendam. Mungkin saja selama ini anda masih belum memahami diri anda sebenarnya. Termasuk pula bakat dan keahlian yang ada dalam diri anda. Oleh karena itu sebisa mungkin bakat ini haruslah ditemukan sesegera mungkin terutama bila anda telah memasuki usia produktif. Di usia produktif tentunya anda bisa mulai bekerja untuk berbagai tujuan. Tentunya bekerja bila sesuai dengan bakat dan kemampuan akan terasa lebih menyenangkan dan membuat diri merasa nyaman saat bekerja.

Mengembangkan bakat

Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari metode ini adalah akan membantu anda untuk mengembangkan bakat yang dominan di dalam diri anda. Pengembangan bakat bisa dilakukan melalui berbagai macam hal misalnya dengan bekerja. anda dapat bekerja sesuai dengan bakat dan minat anda sehingga kinerja anda bisa semakin maksimal. Pengembangan bakat ini cukup penting untuk dilakukan agar anda bisa terus berkarya dengan segala kreasi dan inovasi yang menguntungkan bagi perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Jam Istirahat Itu Dihitung Jam Kerja? Ini Jawabannya!

Memahami kepribadian

Pemetaan bakat menjadi suatu hal yang bisa dilakukan oleh anda dalam rangka memahami kepribadian anda. Kepribadian masing-masing orang antara yang satu dengan yang lain sudah tentu berbeda. Berbagai kepribadian yang baik sebaiknya selalu dikembangkan. Sedangkan kepribadian yang kurang baik sebisa mungkin diupayakan agar bisa semakin berkurang. Dengan memahami kepribadian inilah maka secara tidak langsung akan membantu orang lain dalam mengambil sikap terhadap diri anda.

Meningkatkan kepercayaan diri

Tes pemetaan bakat ini pun juga bisa membantu anda untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepercayaan diri seseorang. Rasa percaya diri akan timbul dalam diri anda karena adanya rasa yakin atas kemampuan dan keahlian diri anda yang mungkin saja tidak dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui bakat dan kemampuan Anda secara pribadi.

Mengatasi kelemahan

Manfaat terakhir yang bisa anda dapatkan dari adanya pemetaan bakat ini yaitu membantu anda untuk tidak hanya fokus pada kelemahan saja. Kelemahan ini bisa ditutup dengan adanya bakat anda. Oleh karena itu anda harus tahu benar tentang potensi diri sehingga anda bisa mengembangkannya dengan lebih baik lagi.

Baca Selengkapnya :   5 Jenis Mesin Absensi Terpopuler di Indonesia

Cara Talent Mapping

Untuk melakukan pemetaan bakat ini sendiri, maka ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh perusahaan. Secara umum berikut ini beberapa cara untuk melaksanakan hal tersebut.

1. Interpretasi kekuatan

Talent mapping dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan salah satu caranya dengan melalui interpretasi kekuatan. Hal ini umumnya dilakukan agar melalui interpretasi ini maka anda dapat menampilkan suatu hasil kerja yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda. Hasil kerja anda pastinya akan membanggakan bagi perusahaan. Kinerja anda juga dapat menjadi lebih optimal sehingga hasilnya bisa lebih berguna terutama bagi perusahaan.

2. Mencari kompetensi diri

Anda mungkin bisa mencari bakat dan potensi diri secara mandiri. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencari kompetensi diri anda. Misalnya saja dengan melakukan tes seperti tes ST-30. Tes ini memang diperuntukkan bagi orang yang ingin mengetahui potensi dan bakat. Selain itu anda juga dapat mencari tahu bidang pekerjaan yang lebih disuka. Bidang pekerjaan yang disuka secara tidak langsung menunjukkan letak minat dan bakat anda.

Daftar Isi

Categories

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!