fbpx

Ingin Tingkatkan Percaya Diri? Lakukan 6 Cara Ini!

Bagikan artikel ini

Tips meningkatkan percaya diri

Banyak orang merasa kurang percaya diri saat bekerja, mungkin karena mereka belum berpengalaman, masih berstatus karyawan baru, atau ragu dengan kemampuan mereka dalam meraih kesuksesan. Rasa kurang percaya diri memang seringkali menghambat karir seseorang di dunia kerja. Jika terus dibiarkan, rasa percaya diri yang rendah akan menghambat karir dan produktivitas seorang karyawan.

Apakah Anda salah satu korbannya? Jika iya, kali ini SmartPresence akan membagikan tips meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja. Simak baik-baik ya!

1. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri 
Setiap orang pastinya memiliki kelebihan pada dirinya yang menjadi potensi dan keuntungan besar saat karyawan mampu memahami dan mengembangkan kelebihan tersebut. Disaat kelebihan yang unik menjadi dominan pada diri karyawan, orang-orang yang ada disekitarnya akan lebih respect dan percaya kepada karyawan karena kelebihan tersebut.

Selain itu karyawan juga perlu mengenali apa yang menjadi kekurangan pada diri sendiri. Usahakan untuk tidak fokus dengan kekurangan kamu, berusahalah untuk mengurangi hal tersebut. Dengan mengetahui kelebihan serta kekurangan yang ada pada diri kamu sendiri, tentu saja kamu dapat tahu apa yang harus dilakukan untuk dapat membantu meningkatkan rasa percaya pada diri.

Baca Selengkapnya :   Perbedaan Karyawan Outsourcing dan Kontrak

2. Jangan Terlalu Fokus Dengan Pikiran Orang Lain 
Ini menjadi hal yang seringkali terjadi karena Anda lebih memikirkan dan mengkhawatirkan pandangan orang lain tentang dirimu. Padahal, daripada sibuk memikirkan itu, lebih baik fokus selesaikan pekerjaan sendiri dan tingkatkan skill. Mustahil untuk menyenangkan semua orang, yang bisa Anda lakukan hanya lakukan yang terbaik dan percaya diri karena pandangan orang lain menjadi sesuatu yang ada diluar kontrol Anda.

3. Tingkatkan kemampuan dan keterampilan 

Kedua aspek ini menjadi hal krusial dalam dunia kerja. Untuk itu, Anda harus pastikan bahwa Anda selalu update dan mengasah keterampilan serta kemampuan Anda sesuai dengan perkembangan yang ada. Dengan begitu, Anda sama saja sedang berusaha meminimalisir kekurangan dan ketidakmajuan Anda yang bisa menjadi peluang bagi orang lain untuk menggantikan posisi Anda. 

4. Hilangkan semua pikiran negatif
Percaya diri berawal dari diri sendiri. Hilangkan semua pikiran negatif dan gantikan itu dengan berpikir positif dan afirmasi dirimu sendiri untuk membuatmu menjadi lebih nyaman. Yakinkan bahwa diri Anda dapat melakukan yang terbaik dengan mengatakan “Aku bisa”, “Aku akan baik-baik saja”, “Aku pasti bisa melewati ini dengan baik”. 

Baca Selengkapnya :   Perbedaan Tunjangan Tetap Karyawan Dan Tidak Tetap

5. Cari rekan kerja yang suportif
Mendapat dukungan dari rekan kerja juga menjadi salah satu indikator untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Jadi, Anda bisa mencari rekan kerja yang mau memberikan dukungan dan semangat, yang mau mengajarkan Anda ke arah yang baik demi kebaikan Anda, bukan justru yang menjatuhkan dan mengucilkan Anda. 

6. Lakukan evaluasi dan pantau keberhasilan
Tuliskan bagaimana kinerja dan pencapaian kamu selama 1 bulan. Setelah itu, bandingkan dengan kinerja atau pencapaian kamu pada bulan sebelumnya. Aspek mana saja yang mengalami penurunan ataupun kenaikan? Jika sudah dibandingkan, kamu dapat mencari solusi atas hasil evaluasi mandiri tersebut. Tapi, jangan lupa untuk juga menulis keberhasilan yang sudah Anda capai sebagai bahan untuk memotivasi diri Anda bahwa Anda mampu dan bisa untuk menjadi lebih baik. 

Nah itu tadi pembahasan mengenai 6 cara dalam meningkatkan rasa percaya diri saat bekerja. Untuk Anda yang saat ini merasa terpuruk dan hampir gila karena tidak memiliki rasa percaya diri, yuk bangkitkan diri Anda, terapkan tips diatas agar percaya diri Anda semakin meningkat. Kalau orang lain aja bisa masa kamu nggak bisa? 

Baca Selengkapnya :   6 Cara Mengukur Kepuasan Kerja Karyawan

Jangan patah semangat dan jangan biarkan opini orang lain membuat kamu menjadi terpuruk! Kamu pasti bisa keluar dari keputusasaan kamu dan bangkit dengan kepercayaan diri mu yang tinggi. Gapai kesempatan kamu untuk membuktikan dan meredam opini orang lain! 

Reference

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!