fbpx

Staff Serta Karyawan Apakah Beda ? Ini Jawabannya!

Bagikan artikel ini

Staff Serta Karyawan

Kalian tentu sering mendengar istilah karyawan dan juga staff. Namun, tahukah kamu kalau kedua istilah tersebut memiliki beberapa perbedaan bila melihatnya secara teliti. 

Baca juga: Manajemen HR (Human Resource), Ini Fungsinya!

Bila dilihat secara umum, staff merupakan pekerja tetap sedangkan karyawan adalah pekerja kontrak.  Tetapi tak hanya itu saja perbedaannya, kita juga dapat membedakannya dari banyak hal juga. Berikut ini hal-hal yang membedakan antara karyawan dengan staff.

Pengertian Staff dan Karyawan

Staff biasanya merupakan pekerja yang bekerja di balik meja, seperti misalnya staff keuangan, atau staff administrasi. Sedangkan karyawan adalah pekerja yang melakukan pekerjaan fisik.

Baca juga: CRM (Customer Relationship Management) dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Perbedaan Staff serta Karyawan

1. Tanggung Jawab

Bila melihat dari tanggung jawab masing- masing, maka biasanya antara kedua tipe posisi ini mempunyai tugas yang berbeda- beda. Secara singkat tanggung jawab yang dipunyai oleh staff itu termasuk pekerjaan yang khusus, sebaliknya karyawan masih memperoleh pekerjaan yang kurang spesifik.

Baca Selengkapnya :   Tantangan Saat Work From Home Bagi Perusahaan Dan Pekerja

Akan tetapi, dari sisi pengertian lainnya ada juga yang mengatakan bahwa staff merupakan pekerja dari sebuah lembaga ataupun institusi, sementara karyawan merupakan pegawai swasta.

2. Penghasilan

Bila melihat dari sisi penghasilan, maka kedua posisi ini bakal memperoleh nominal pendapatan yang tidak sama persis. Semua ini tergantung kepada lama bekerja, jabatan, dan tanggung jawab yang jadi kewajiban dari masing- masing.

Staff sendiri umumnya memperoleh pendapatan yang lebih besar sebab bekerja buat perusahaan ataupun lembaga. Sebaliknya karyawan kebalikannya serta bisa jadi memperoleh pendapatan yang lebih kecil.

3. Status Selaku Pekerja

Adapun apabila memandang dari sisi status pekerja, biasanya keduanya mempunyai status yang berbeda. Umumnya, staff sendiri ialah pekerja yang terbilang pekerja tetap, sebaliknya karyawan mempunyai kontrak kerja yang bisa berakhir.

4. Perusahaan

Tipe perusahaan juga bisa dibedakan antara staff serta karyawan. Staff selaku suatu sebutan kepegawaian pada sesuatu Lembaga ataupun anggota institusi. Beda halnya dengan karyawan yang sifatnya lebih luas. Seseorang karyawan bisa saja jadi pekerja dari perusahaan swasta. Maka dari itu keduanya biasanya merupakan sebutan yang berbeda bergantung pada industri mana seorang dipekerjakan.

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Work Life Balance Bagi Karyawan!

Baca juga: Jenis-Jenis HRD dalam Perusahaan

5. Waktu Kerja

Waktu kerja yang diartikan merupakan jangka waktu seseorang pekerja di sesuatu tempat yang diresmikan pada awal. Staff sendiri mayoritas mempunyai status permanen serta bekerja dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Sebaliknya karyawan umumnya terikat kontrak dengan jangka waktu dekat sebagian bulan ataupun sebagian tahun saja.

6. Manfaat Kerja

Dalam hal menerima manfaat dari industri ataupun institusi, bisa jadi staff serta karyawan juga tidak menerima manfaat yang sama. Contohnya saja dalam jumlah cuti yang didapatkan oleh kedua staff serta karyawan. Umumnya, staff sendiri bakal menerima waktu cuti ataupun libur lebih banyak, sebaliknya karyawan kebalikannya.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!