fbpx

Finance : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Dalam Perusahaan

Bagikan artikel ini

Finance

Di sebuah perusahaan, pastinya ada beberapa orang karyawan yang memiliki peran penting terkait dengan pengelolaan keuangan perusahaan tersebut. Karyawan tersebut dikenal dengan sebutan finance, dimana tugas finance membutuhkan ketelitian yang tinggi, karena berkaitan dengan perhitungan uang yang dimiliki perusahaan.

Finance atau staf keuangan sendiri, merupakan pekerjaan yang banyak dicari oleh lulusan sarjana ekonomi. Selain karena tawaran gajinya menarik dan juga bekerja di dalam ruangan dan hanya berhubungan dengan komputer dan angka tanpa perlu banyak turun ke lapangan.

Pengertian Finance

Apabila dilihat dari segi bahasa, finance berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti keuangan. Sementara itu, secara istilah, finance merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan cara pengelolaan uang agar kondisinya senantiasa stabil dan tidak kekurangan maupun kelebihan.

Sedangkan bila merujuk pada profesi, maka finance adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan keuangan di sebuah perusahaan. Dengan demikian, mereka bekerja mengawasi keluar masuknya dana perusahaan, serta memperbaiki alokasi dana tersebut dan sistem keuangannya jika terjadi kendala.

Baca Selengkapnya :   Serba-Serbi Tentang Business Development

Fungsi dan Tujuan

Sebagai pengelola keuangan, pastinya mereka memiliki fungsi dan tujuan tersendiri bagi perusahaan. Diantara fungsi yang paling umum diantaranya

Mengumpulkan Dana Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, akan banyak aktivitas operasional yang membutuhkan dana, sehingga harus senantiasa tersedia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, karyawan bagian keuangan berfungsi mengumpulkan dana dari perusahaan, baik dari pemasukan, ataupun pinjaman kepada bank.

Menyalurkan Dana

Menyalurkan dana perusahaan merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan dengan selektif. Jika dana dibutuhkan untuk hal yang tidak terlalu berpengaruh pada kemajuan perusahaan, maka finance harus bisa menahannya.

Mengelola Keuntungan

Agar perusahaan yang dikelola semakin maju, maka keuntungan perusahaan tidak bisa digunakan untuk hal yang bersifat stagnan. Di sinilah fungsi penting seorang karyawan keuangan, agar mampu berpikir kreatif dalam memajukan perusahaan dengan mengelola keuntungan yang diperoleh.

Mengajukan Kebijakan

Fungsi terpenting dari seorang finance adalah membuat laporan terkait kebijakan yang akan diambil untuk menstabilkan keuangan. Selain itu mereka harus pandai berkomunikasi dengan pimpinan perusahaan dan meyakinkannya agar kebijakan disetujui.

Baca Selengkapnya :   4 Jenis Tenaga Kerja Yang Ada di Indonesia!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!