fbpx

6 Cara Membuat Absen Siswa Online

Bagikan artikel ini

absen siswa online

Sekolah sebagai salah satu tempat yang memberikan pendidikan kepada anak anak sebaiknya mengikuti technologi yang terus berkembang bahkan sangat cepat. Salah satu kemajuan technologi yang bisa diimplementasikan pada sekolah adalah penggunaan absen siswa online. Ada banyak cara yang bisa digunakan dan tentu solusi ini dibuat berdasarkan kecocokan technologi dengan kondisi sekolah.

Berikut ini adalah technologi absen yang bisa diterapkan untuk sekolah. mulai dari technologi formulir gratis untuk absen hingga technologi absen berbasi cloud. Tentu saja semua memiliki kelebihan dan kekurangan.

  1. Absen Siswa Online menggunakan Formulir Online
  2. Absen Siswa Online menggunakan aplikasi absen berbasis cloud

Berikut pembahasan dan detail pembuatannnya yang dapat digunakan untuk absensi siswa.

Absen Siswa Online menggunakan Formulir Online

1. Menggunakan Google Form

Berikut ini langkah-langkah cara membuat absensi online di Google Forms termasuk gambar

Langkah 1. Buka Google Form disini kemudian pilih tombol “Go to Google Form”

Absen Siswa Online menggunakan Google Form Langkah 1

Langkah 2. Pilih Blank “Start a new form” dengan gambar +
Maksutnya adalah kita akan membuat Formulir baru yang dibuat sesuai dengan tujuan kita.

Absen Siswa Online menggunakan Google Form Langkah 2

Langkah 3. Silahkan buat sesuai dengan gambar berikut
Kali ini kita akan membuat beberapa hal yang akan kita isi setiap hari yaitu : tanggal, nama guru, status kehadiran siswa (termasuk nama seluruh siswa yang ada di kelas)

Baca Selengkapnya :   Semangat kerja mulai hilang? Ini dia tips nya!
Absen Siswa Online menggunakan Google Form Langkah 3

Langkah 4. Formulir sudah bisa digunakan, berikut tampilannya

Absen Siswa Online menggunakan Google Form Langkah 4

Langkah 5. Setelah Formulir siap, mari kita siapkan halaman untuk laporan harian. Pilih “Create Spreadsheet”
Jadi sekarang kita memiliki 2 halaman, 1 halaman formulir dan 1 halaman laporan

Absen Siswa Online menggunakan Google Form Langkah 5

Langkah 6. Berikut tampilan laporan absen siswa

Absen Siswa Online menggunakan Google Form Langkah 6

2. Menggunakan Zoho Form

Pada prinsipnya proses pembuatan sama seperti Google Form, Zoho Form juga merupakan layanan absensi siswa yang sangat mudah digunakan dan pengaksesannya hanya dengan cara mengklik link yang telah dibagikan oleh sanga pembuat form. Bahkan, dalam Zoho Form ini juga terdapat fitur tanda tangan yang mana siswa akan diminta untuk menggambar tanda tangan mereka dalam suatu kotak setiap kali melakukan absesnsi. Layanan ini tentu membuat absensi semakin terpercaya.

Sedikit berbeda dengan formulir pada google form yang dijelaskan sebelumnya, Zoho Form tidak mempunyai fitur multi checkbox grid yang digunakan dengan data nama nama murid.

Informasi contoh pembuatan absensi kelas dengan menggunakan Zoho dapat dicek di sini

Semua data-data yang terekam dalam Zoho Form juga akan terlindungi dan tidak akan khawatir hilang. Guru bisa mencetak semua data absensi yang terekam kapan saja dengan tanpa melakukan penataan ulang karena semua data di sanasudah tersusun dengan rapi. Layanan ini bisa dinikmati secara gratis dengan tanpa adanya iklan-iklan yang mengganggu seperti pada layanan gratis lainnya.

Baca Selengkapnya :   Memahami UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Absen Siswa Online menggunakan aplikasi absen berbasis Cloud.

1. Menggunakan Smartpresence.id

Smartpresence.id adalah pilihan utama yang bisa anda gunakan untuk absen siswa online, dengan pengalaman mengelola lebih dari 30.000 user. Smartpresence adalah produk absensi online berbasis cloud dengan berbagai keunggulan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Berbasis cloud – Anda tidak membutuhkan investasi server fisik karena SmartPresence menggunakan teknologi cloud computing.
  • Multi platform – Memudahkan akses sistem dari berbagai macam jenis platform, dapat diakses melalui web browser, aplikasi android, aplikasi iphone.
  • Realtime – Dengan penggunaan cloud server memudahkan Anda mendapat informasi dan data kehadiran realtime yang dapat di akses setiap saat.
  • Pengaturan jadwal masuk & istirahat – Ketika sudah diatur, setiap siswa atau guru yang terdaftar harus mengikuti standart yang sudah ditetapkan.
  • Pengaturan sistem yang Dinamis – Setiap mesin absensi atau aplikasi mobile yang digunakan oleh karyawan, akan bekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan.
  • Fleksibel dashboard & report – Setiap report yang dihasilkan dapat dibuat seperti keinginan anda.
  • Dukungan integrasi – Dengan dukungan integrasi API anda dapat menghubungkan kebutuhan data anda.
  • Kehandalan data & terpercaya – Smartpresence.id memastikan data yang terekam & atur untuk kebutuhan absensi memiliki tingkat akurasi yang baik.
  • GPS Restriction – Anda dapat menentukan di mana saja lokasi siswa dapat melakukan absensi.
  • Face Recognition – karyawan dapat melakukan absen hanya dengan selfie berkat teknologi pengenalan wajah (face recognition).
  • Anti Spoofing – Expression Detection – Dengan deteksi ekspresi Anda dapat mencegah siswa atau guru melakukan pemalsuan identitas.
Baca Selengkapnya :   6 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Di Dunia!

Berbeda dengan platform Formulir Online yang mempunyai batasan batasan fitur, Smartpresence.id memberikan berbagai fitur dengan GRATIS selama 30 hari pertama. Segala bentuk dan detail absensi akan di bantu oleh team Smartpresence.id.

Coba Smartpresence.id untuk mendapatkan gratis uji coba!

2. Menggunakan Adaptivepay.com.sg

Modul manajemen kehadiran dari Adaptivepay.com memudahkan pelacakan kehadiran karyawan. Adaptivepay.com memiliki fitur bawaan yang dapat mencatat waktu masuk dan keluar karyawan serta memfasilitasi pelacakan jam kerja aktual dan juga lembur.

Sistem pelacakan kehadiran menggunakan kode QR atau GPS untuk melacak waktu masuk dan keluar karyawan. Metode lain seperti Sidik Jari / perekam waktu biometrik juga dapat digunakan untuk melacak detail waktu masuk dan keluar karyawan

Biaya aplikasi ini sebesar $6/bulan
Sayangnya aplikasi ini tidak dapat diakses via Desktop dikutip dari capterra.com

3. Menggunakan Carbonatepp.com

Sejatinya Carbonatepp.com tidak dibuat untuk absen online siswa, produk ini dibuat cenderung untuk kebutuhan HR. Tidak hanya fitur attendence, Carbonatepp.com juga memberikan fitur penting untuk HR seperti
Payroll system

  • Online leave management
  • Rostering system
  • Announcement
  • Appraisal Systems
  • Digital Workspace Solutions

Biaya untuk menggunakan aplikasi ini sebesar $8/bulan

4. Menggunakan Wheniwork.com

Sama seperti namanya wheniwork.com memberikan fitur fitur untuk pekerja namun fitur attendence dapat juga digunakan untuk absensi siswa online. Kelebihan dari wheniwork.com adalah pada fitur break management yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal istirahat siswa.

Biaya untuk menggunakan aplikasi ini sebesar $4/orang

Untuk informasi lebih detail bisa di cek disini Wheniwork.com

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!