fbpx

Manfaat Coaching Bagi Karyawan

Bagikan artikel ini

manfaat coaching

Sebelum Anda melakukan coaching dengan atasan atau dengan praktisi coaching, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa manfaat dari coaching itu sendiri.

Dalam beberapa survei yang telah dilakukan oleh International Coach Federation, ditemukan sebuah bukti besar manfaat coaching bagi karyawan. Setelah proses coaching dilakukan, performa kerja karyawan meningkat hinggan 70%. Begitu juga dengan manajemen waktu (57%) dan manajemen bisnis (61%), dan peningkatan 3 faktor tadi sangat berpengaruh pada efektivitas tim hingga 51%.

Nah, dari hasil survei di atas, penerapa program coaching tidak hanya menguntungkan karyawan saja. Ketika dilakukan secara tepat dan efektif dampaknya akan terasa sampai ke perusahaan. Dan sudah banyak pimpinan yang menggunakan cara ini kepada karyawannya, apa saja sih manfaat coaching?

1. Meningkatkan Kinerja Tim

Saat karyawan mendapat program coaching yang tepat, pimpinan juga akan menikmati manfaat coaching bagi karyawan dan perusahaan, yaitu coaching dapat meningkatkan kinerja tim. Karena dalam kerja tim, tidak ada karyawan yang bergerak sendiri seperti superhero.

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Manajemen Bisnis Pada Perusahaan

2. Membantu Karyawan Menentukan Prioritas

Dalam dunia kerja yang namanya pekerjaan tidak hanya satu. Ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan oleh karyawan. Tapi, tidak jarang pekerjaan-pekerjaan itu bisa diselesaikan tepat waktu atau sesuai target. Masalahnya banyak karyawan yang tidak memahami dengan skala prioritas, mereka tidak dapat menentukan pekerjaan mana yang harus didahulukan dan mana yang ditunda.

Maka dengan coching, pimpinan akan membantu Anda mengenai masalah prioritas ini. Anda juga lebih tahu apa yang sedang terjadi di perusahaan pada saat itu, jadi Anda tahu mana yang harus didahulukan atau ditunda.

3. Menggali Potensi Yang Ada Dalam Diri Karyawan

Jika Anda sadar ada potensi lebih pada diri Anda yang masih bisa dikembangkan, maka itulah saat yang tepat untuk coaching. Karena dengan coching potensi seseorang akan semakin terlihat. Dengan begitu perusahaan dapat memetakan kemampuan karyawannya dan untuk menempatkan mereka di posisi yang tepat.

4. Lebih Memahami Visi Dan Misi Dalam Rencana Bisnis Perusahaan

Dengan coaching, maka karyawan dapat lebih memahami visi dan misi dari perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan rencana bisnis.

Baca Selengkapnya :   Cara Menggendalikan Emosi Setelah Dimarahi Atasan

Jadi, karyawan akan lebih memahami mengenai tugasnya masing-masing. Para karyawan juga akan mendapatkan wawasan mengenai apa yang harus dilakukan agar kinerjanya meningkat. Dan nantinya akan berguna bagi perusahaan.

Bagaimana caranya agar coaching dapat berjalan dengan efektif ? Ada beberapa yang bisa dilakukan, yakni:

coaching
  1. Coach harus menunjukkan penghargaan kepada para coachee
  2. Coach harus rama kepada coachee
  3. Coach harus menjelaskan mengenai tujuan dan materi coaching dengan baik
  4. Coach harus mendengarkan coachee dan memahami perasaannya
  5. Coach dan coachee menyepakati hal-hal yang disetujui bersama
  6. Coach harus menjelaskan mengenai kinerja yang harus diperbaiki dan bagaimana cara yang tepat untuk memperbaikinya
  7. Coaching memang bisa dilakukan secara internal.
  8. Coach dan coachee menjadwalkan waktu pertemuan berikutnya, agar coachee tidak merasa ditinggalkan setelah proses coahing berakhir.
  9. Coaching memang bisa dilakukan secara internal. Namun, coaching juga bisa dilakukan dengan mengundang pihak luar, yang berkompeten tentu saja, untuk memberikan pembinaan mengenai satu hal.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!