fbpx

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Pegawai?

Bagikan artikel ini

waktu yang tepat untuk menambah pegawai

Kesuksesan sebuah perusahaan tentu tak lepas dari kerja keras tim. Semakin berkembangnya bisnis, tentu sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk menambah pegawai. Bagi perusahaan besar atau startup yang sudah berkembang, langkah untuk menambah pegawai ternyata bukanlah hal yang mudah. Tentu keputusan ini harus dipikirkan dengan baik. Jangan sampai terus menambah pegawai sampai akhirnya justru berlebihan dan akhirnya harus melakukan efisiensi. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menambah pegawai perusahaan? Simak di ulasan berikut ini!

Waktu yang tepat untuk menambah pegawai perusahaan

 1. Bisnis sudah bisa dipastikan prospek kedepannya berikut dengan rencana yang matang

Ketika membuat perusahaan, tentu semua pebisnis mau perusahaannya maju dan menghasilkan prospek yang baik. Namun tak sedikit juga perusahaan startup yang akhirnya harus berhenti di tengah jalan karena rencana bisnis yang kurang jalan.

Jika ingin menambah pegawai, pastikan perusahaan Anda memiliki rencana kedepan yang memang sudah matang dan pasti berjalan. Tetapkan tujuan bisnis Anda, dan langkah apa yang akan dipilih.

Baca Selengkapnya :   Kenali Lebih Dalam Terkait Proses Manajemen Kerja

Nah, baiknya sebelum menambah pegawai, ulas kembali tujuan bisnis Anda. Coba bicarakan terlebih dahulu, apakah pegawai dengan jumlah yang lebih banyak akan ber-impact lebih pada perusahaan? Setelah itu baru tentukan kriteria karyawan yang Anda inginkan.

2. Load kerja bertambah

Sebuah perusahaan baru yang semakin berkembang pasti akan ditandai dengan bertambahnya daftar pekerjaan. Misalnya, dalam seminggu Anda bisa melayani 10 klien dalam sebulan, mungkin seiring berjalannya waktu Anda harus melayani 50 klien dalam satu bulan.

Tentu hal tersebut tak bisa dipungkiri akan membuat Anda kesusahan ketika mengerjakannya sendiri. Daripada banyak pekerjaan yang akhirnya terbengkalai, mungkin sudah saatnya perusahaan menambah pegawai baru.

Cari tahu berapa kapasitas pekerjaan yang bisa Anda kerjakan dalam sehari. Dengan begitu perusahaan pun tahu berapa jumlah karyawan baru yang dibutuhkan untuk membantu tim Anda menyelesaikan pekerjaan.

3. Perusahaan sudah memilik omset dan keuntungan yang stabil

Semakin menambah karyawan tentu pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan akan semakin besar. Dari segi bujet gaji, asuransi kesehatan, hingga pelatihan harus dipersiapkan dengan matang sebelum menambah karyawan.

Baca Selengkapnya :   Biaya Mesin Absensi dan Cara Memilih Aplikasi yang Tepat

Jangan sampai finansial perusahaan belum mampu tapi sudah mau menambah karyawan. Tentunya hal tersebut akan berimbas kurang baik untuk kedepannya. Tapi jika perusahaan sudah memiliki omset dan keuntungan yang stabil, dan sudah dirasa mampu untuk menggaji karyawan baru. Tentu tak ada salahnya untuk menambah karyawan baru. Pastinya dengan menambah karyawan baru akan semakin banyak masukan-masukan baru yang akan membuat perusahaan lebih maju lagi, pekerjaan pun lebih maksimal.

4. Fasilitas kantor yang mendukung

Ini juga menjadi poin penting. Perusahaan startup biasanya memiliki pola pengembangan yang pesat, dengan perubahan yang cukup cepat. Tapi yang perlu diingat ketika ingin menambah karyawan adalah apakah fasilitas kantor Anda mendukung?

Pastikan ruangan kantor tempat Anda bekerja, mampu menampung karyawan baru tersebut. Pastikan sang karyawan memiliki tempat bekerja yang layak. Karena kantor yang terlalu sempit dan penuh pun terkadang membuat karyawan tidak nyaman dan akhirnya produktivitasnya pun menurun.

Jika memang kantor tempat Anda bekerja sudah tidak bisa menampung, pastikan Anda memiliki tempat kantor baru terlebih dahulu. Atau mungkin Anda bisa mengakalinya dengan memperkerjakan karyawan yang bekerja remote atau jarak jauh. Tapi, pastikan fasilitas Anda mumpuni saat kedatangan karyawan baru.

Baca Selengkapnya :   Simak Cara Rekrutmen Karyawan dengan Linkedin Ini

Untuk perusahaan baru, klik di sini untuk ketahui cara memilih software HR terbaik.

5. Perusahaan melakukan ekspansi dengan skala bisnis yang lebih besar

Setelah berjalan beberapa waktu, ternyata perusahaan Anda memiliki prospek yang baik. Anda pun ingin melebarkan sayap perusahaan Anda pada skala bisnis yang lebih besar. Tentu hal ini bukanlah perkara mudah, Anda harus didukung dengan tim yang kompeten dan solid.

Beberapa perusahaan melakukan ekspansi namun tetap membatasi anggaran pengeluaran demi berhemat dan meraih untung yang lebih banyak. Mungkin beberapa perusahaan ada yang seperti itu, tapi tentu tidak akan baik untuk kesehatan para karyawan lama Anda.

Ini adalah waktu yang baik untuk menambah karyawan baru. Pekerjaan yang terbagi dengan baik tentu akan memberikan hasil yang lebih baik juga.

Bagaimana, dengan poin-poin di atas apakah perusahaan Anda sudah waktunya untuk menambah karyawan baru? Yang jelas, ketika karyawan Anda bertambah jangan lupa untuk menggunakan sistem absensi agar memudahkan tugas HR untuk mengawasi kinerja karyawan. SmartPresence adalah sistem absensi online yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk mencatat keseluruhan kehadiran karyawan, termasuk fitur GPS. Ketahui lebih lanjut mengenai SmartPresence di sini.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!