fbpx

Coba 5 Tips Agar Hidup dan Karier Seimbang Berikut Ini

Bagikan artikel ini

tips agar hidup dan karier seimbang

Memiliki usia produktif terkadang membuat seseorang menjadi lebih ambisius untuk mengejar karier. Bukanlah hal yang mudah jika Anda menginginkan jenjang karier yang tinggi. Tapi jangan sampai kehidupan keluarga, pasangan, atau sahabat justru tertinggal karena Anda terlalu sibuk bekerja. Bekerja terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental. Sebisa mungkin Anda harus bisa menyeimbangkan hidup dan karier setiap waktunya. Ada beberapa tips agar hidup dan karier seimbang, simak ulasan SmartPresence berikut ini!

Tips agar hidup dan karier seimbang

1. Bekerja sesuai dengan porsi Anda

Di zaman modern seperti ini, banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja dengan menggunakan target. Tak hanya profesi yang berhubungan dengan penjualan saja, tapi kini hamper semua profesi memiliki targetnya masing-masing.

Baca Selengkapnya :   6 Tips Untuk Meningkatkan Skill Komunikasi di Lingkungan Kerja

Target tersebut pasti dibarengi dengan sebuah dateline atau deadline. Beberapa orang banyak yang merasa kesulitan untuk mencapai target, tapi tak sedikit yang selalu berhasil mencapai target.

Kuncinya adalah bekerja sesuai dengan porsi Anda. Membantu teman memang hal yang mulia, tapi jangan sampai justru malah membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Pastikan juga pekerjaan yang diberikan sudah sesuai porsi dan jabatanmu. Jangan sampai justru Anda malah mengerjakan pekerjaan tim lain.

2. Punya manajemen waktu yang baik

Pada faktanya target itu memiliki keuntungan tersendiri. Biasanya Anda diberikan kebebasan untuk mengatur pekerjaan Anda sendiri. Jadi intinya adalah pintar-pintar Anda untuk mengatur waktu, hingga akhirnya pekerjaan selesai tepat waktu, atau mungkin malah lebih cepat dari deadline.

Makanya sebisa mungkin Anda harus bisa memiliki manajemen waktu yang baik. Dari target dan pekerjaan yang Anda miliki, cobalah untuk membuat jadwal sendiri setiap harinya. Dengan begitu Anda tahu apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Bagi pekerjaan tersebut ke dalam beberapa ranking prioritas. Pekerjaan dengan prioritas yang lebih tinggi, tentu harus didahulukan. Dengan begitu ketika sampai di rumah, Anda tak perlu melanjutkan pekerjaan yang belum selesai. Sebaiknya jangan bawa pekerjaan di rumah. Rumah adalah tempat beristirahat.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Jenis Jadwal Kerja yang Ada Pada Perusahaan

3. Datang dan pulang tepat waktu

Kunci memiliki keseimbangan antara karier dan hidup keseharian adalah datang dan pulang kantor tepat waktu. Ketika Anda datang ke kantor tepat waktu, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ketika Anda di kantor manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bekerja. Istirahat dan break sebentar tentu diperbolehkan, tapi kalau sudah dikejar deadline ya jangan sampai terlupa!

Pulang tepat waktu juga memiliki peran penting untuk menyeimbangkan kehidupan sehari-hari dan karier Anda. Jika memang pekerjaan sudah selesai, jangan berlama-lama di kantor. Manfaatkan waktu tersebut untuk pulang ke rumah atau pergi bersama sahabat.

4. Ambil cuti Anda untuk sekedar berlibur bersama keluarga

Rencanakan libur tahunan untuk sekedar menghabiskan quality time bersama keluarga, pasangan, atau sahabat. Bukan berarti boros, tapi liburan untuk memanjakan jiwa dan raga beberapa saat tentu bisa meningkatkan kesehatan jiwa dan fisik.

Tidak ada salahnya untuk rehat sejenak dari hectic-nya kota dan pekerjaan. Tapi jangan sampai ketika liburan Anda justru sibuk dengan handphone atau pekerjaan yang masih menggantung ya. Pastikan cuti Anda benar-benar berkualitas.

Baca Selengkapnya :   Produktif, Ini 5 Tips Manajemen Waktu Saat di Kantor

Agar bisa liburan dengan tenang tanpa harus ditagih cicilan, sebaiknya ketahui cara mengatur keuangan di tanggal muda di sini ya.

5. Hal kecil yang ternyata memiliki pengaruh besar

Jika Anda sudah merasa lebih banyak menghabiskan waktu di kantor, sudah saatnya membuat hal atau ritual kecil untuk keluarga Anda. Meskipun kecil, tapi ritual ini bsia memberikan pengaruh besar terhadap keseimbangan hidup dan karier Anda.

Misalnya, Anda bisa menyempatkan waktu untuk berbincang bersama pasangan sebelum tidur, membawakan makanan kesukaan keluarga Anda, atau bahkan mendongengi anak Anda saat mau tidur. Hal-hal yang cenderung terlihat kecil namun memiliki makna yang besar.

Memiliki keseimbangan hidup dan karier tentu akan membuat Anda lebih bahagia. Tapi juga jangan lupa untuk memiliki waktu me time untuk mengembalikan stamina dan kesehatan Anda. Selamat mencoba!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!