fbpx

8 Pilihan Tepat Bagi Anda yang Ingin Terjun Ke Dunia Investasi

Bagikan artikel ini

dunia-investasi

Permasalahan COVID-19 yang melanda pada tahun 2019 di Indonesia membuat banyak usaha terpaksa harus tutup, dan pertumbuhan perekonomian terhambat dan menurun secara drastis. Beruntung bagi Anda yang telah melakukan investasi sebelumnya sehingga mampu bertahan pada masa sulit seperti sekarang ini.

Investasi adalah hal yang sangat penting dilakukan sejak awal untuk mempersiapkan kebutuhan yang terencana maupun yang tidak terencana di masa depan seperti permasalahan krisis COVID saat ini. Investasi merupakan suatu tindakan menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. Selain mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa depan, investasi juga dapat melindungi aset yang Anda miliki dari ancaman inflasi.

Investasi sudah menjadi hal umum dilakukan oleh setiap individu pada masa sekarang ini. Bagi Anda yang memiliki modal dan berkeinginan berinvestasi dan bingung harus berinvestasi seperti apa, berikut ide-ide di dunia investasi yang dapat Anda lakukan.

1. Investasi Saham

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling umum dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, maka Anda sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut berhak memperoleh dividen sebesar persentase saham yang Anda miliki pada perusahaan tersebut. Selain hal tersebut, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga penjualan saham. 

Dari segi keuntungan, investasi jenis saham menawarkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Namun, dengan adanya sifat high return, investasi saham juga high risk karena harganya yang fluktuatif dan sangat bergantung pada keadaan ekonomi, politik, maupun keadaan tertentu.

Sekarang ini banyak pialang yang telah memiliki platform digital yang memudahkan anda sebagai investor untuk dapat melakukan trading saham melalui smartphone atau komputer / laptop pribadi Anda dimanapun dan kapanpun. Investasi ini sangat baik jika anda mencari keuntungan short term.

2. Investasi Reksa Dana

Baca Selengkapnya :   Ini Contoh Penilaian Kinerja Perusahaan!

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk mengumpulkan dana dari pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh manajer investasi. Dalam hal ini, Anda sebagai investor hanya perlu menyediakan modal yang kemudian modal tersebut dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio efek seperti produk-produk pasar uang, obligasi, maupun saham.

Saat ini, memulai investasi melalui reksa dana tidak perlu dana jutaan rupiah melainkan hanya dengan uang minimal Rp100.000, Anda sudah dapat memilih reksa dana sebagai pilihan Anda berinvestasi. Reksa dana juga tergolong sebagai investasi jangka panjang yang lebih aman dibandingkan dengan saham. Karena dikelola oleh manajer investasi Anda tidak perlu repot memantau perkembangan investasi Anda setiap hari.

3. Investasi Deposito

Membuka deposito berjangka di Bank merupakan jenis investasi lainnya yang bisa Anda pilih. Deposito berjangka ini memiliki bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa, dan memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas. Jika Anda mencairkan dana sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan, Anda akan dikenakan penalti oleh Bank yang bersangkutan. Jenis investasi ini menjadi salah satu investasi yang memiliki risiko rendah dan terbilang aman. Untuk melakukan deposito  juga dianggap cukup mudah dan tidak rumit, sehingga banyak investor pemula yang memulai investasinya dengan membuka deposito.

Selain itu banyak juga bank yang menawarkan promosi hadiah langsung, atau cashback untuk investasi deposito yang Anda lakukan, sehingga menambah keuntungan Anda. Cukup menarik bukan?

info deposito disini

4. Investasi Obligasi

Obligasi merupakan surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat dipindahtangankan, yang berisi janji dari pihak penerbit untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi utang pokok pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pemegang obligasi. Imbalan bunga yang akan diterima oleh pemegang obligasi adalah berupa kupon.

Pada umumnya, di Indonesia sendiri biasanya jenis investasi ini memiliki jangka waktu mulai dari 1 hingga 10 tahun. Diterbitkannya obligasi ini dilatarbelakangi upaya menghimpun dana dari masyarakat yang akan digunakan sebagai sumber pendanaan di Indonesia.

Baca Selengkapnya :   Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Sistem Work From Home?

info Obligasi disini

5. Investasi Properti

Tanah dan bangunan merupakan jenis investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan dan menggiurkan. Berdasarkan tren, nilai properti terus meningkat dari tahun ke tahun dan persentase peningkatannya mencapai 15-20% per tahun, terutama jika Anda mendapatkan lokasi properti yang strategis. Selain itu, jenis investasi ini minim risiko kerugian, karena properti adalah salah satu kebutuhan dasar, baik untuk tempat tinggal ataupun usaha. Namun, dengan memilih jenis investasi ini kelemahannya adalah, Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar untuk membeli properti dan perawatan properti tersebut. Dengan memiliki properti baik tanah atau bangunan, Anda dapat menyewakan properti sambil menunggu nilai properti naik, kemudian menjualnya. Atau dapat juga membuat bisnis kos-kosan yang dapat menghasilkan keuntungan bulanan yang lumayan. Dengan menyewakan properti, Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari passive income dan properti Anda juga lebih terawat karena pihak penyewa yang akan mengurus properti Anda. Pastikan bahwa Anda menyiapkan perjanjian sewa menyewa ketika Anda akan menyewakan properti Anda kepada pihak lain. Hal ini dilakukan agar Anda dapat meminta ganti kerugian apabila penyewa menyebabkan kerusakan pada properti Anda.

6. Investasi Emas / Logam Mulia

Emas dan logam mulia merupakan salah satu jenis investasi klasik yang populer di kalangan masyarakat Asia dari zaman dahulu hingga saat ini. Investasi jenis ini cocok bagi Anda yang menginginkan investasi jangka panjang, karena harga emas dan logam mulia akan terus meningkat dan biasanya peningkatan harga ini disebabkan atas respons  terhadap kejadian-kejadian tertentu yang menyebabkan nilai paper investment, seperti saham dan obligasi, menurun. Hal ini membuat jenis investasi emas dan logam mulia tergolong aman karena harganya yang stabil terutama ketika pasar saham sedang mengalami penurunan.

Baca Selengkapnya :   Bagaimana Ketentuan Cuti Diluar Tanggungan?

7. Investasi Asuransi

Asuransi penting bukan hanya untuk melindungi pribadi, namun juga dapat melindungi keluarga dan juga aset yang Anda miliki, misalnya rumah dan kendaraan. Dulu asuransi hanya berfungsi sebagai proteksi, tetapi sekarang asuransi juga menawarkan beberapa opsi investasi. Asuransi berbasis investasi ini menggabungkan 2 produk yakni asuransi dan dana kelolaan seperti reksa dana. Umumnya, premi yang Anda bayarkan dikonversikan ke dalam bentuk unit. Unit yang Anda miliki inilah yang akan dibagi ke 2 jenis, yang pertama untuk membayar biaya asuransi, dan kedua untuk diinvestasikan. Asuransi yang umum digunakan sebagai investasi jangka panjang adalah asuransi jiwa.

Sebelum membeli polis asuransi ini, Anda harus memahami dengan benar bagaimana investasi dalam asuransi ini dilakukan. Anda harus cermat memilih perusahaan penerbit asuransi yang tepat karena investasi pada produk asuransi memerlukan biaya lebih dan merupakan  investasi jangka panjang, sehingga Anda perlu memastikan bahwa perusahaan penerbit asuransi adalah perusahaan yang telah mendapatkan izin dari otoritas yang berwenang dan kredibel.

8. Investasi Emas / Logam Mulia

Selain properti, emas dan logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dari dulu hingga kini. Investasi ini juga cocok bagi Anda yang ingin memiliki investasi jangka panjang yang cenderung aman karena harga emas dan logam mulia akan terus naik. Harga yang cenderung naik dan stabil ini pun menjadi alasan banyak orang yang berinvetasi di emas dan logam mulia. 

Bagi Anda yang baru ingin memulai investasi, rasanya investasi pada emas dan logam mulia bisa menjadi pilihan, terutama bagi Anda yang masih muda, seperti pelajar dan mahasiswa.

Nah, Itulah beberapa jenis investasi yang populer di Indonesia. Semoga membantu Anda dalam memilih instrumen investasi yang cocok dengan Anda! Mulailah berinvestasi sekarang untuk kestabilan Anda di masa depan!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!