fbpx

Cara Menabung Emas Di Pegadaian

Bagikan artikel ini

Investasi emas saat ini bisa menjadi cara menabung yang tepat untuk generasi milenial dan Gen Z. Karena nilai emas lebih menguntungkan di masa depan dibandingkan nilai uang yang terus terkena inflasi. 

Emas batangan saat ini menjadi salah satu alat investasi jangka panjang yang dapat dijadikan pilihan selain properti dan saham. Kemudahan dalam mendapatkan produknya menjadi salah satu keunggulan berinvestasi emas. Salah satunya adalah dengan menabung emas di Pegadaian. 

Dikutip dari Pegadaian, tabungan emas merupakan layanan penitipan saldo emas untuk mempermudah masyarakat berinvestasi emas. Apabila emas yang ada di dalam rekening tabungan emas telah mencapai 1 gram, para nasabah dapat mencetaknya dalam bentuk fisik dan dibawa pulang. 

Tabungan emas di Pegadaian adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan cara membeli emas dalam bentuk logam mulia 24 karat melalui fasilitas selayaknya menabung.

Sederhananya, seorang nasabah bisa menyetorkan uang tunai dalam jumlah berapapun yang nantinya akan dikonversi ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga terbaru emas 24 karat yang berlaku.  

Baca Selengkapnya :   Intip Budaya Dari 5 Perusahaan Dunia yang Dapat Ditiru!

Investasi emas ini berbentuk fisik namun memiliki fasilitas yang dijamin langsung oleh pihak Pegadaian saat seseorang membelinya. Ini tentu menjadi keuntungan bagi pelanggan. Karena selama ini meski menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan, emas batangan rawan akan pencurian dan hilang.

Bagaimana Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian? 

Untuk membuka tabungan emas di Pegadaian, nasabah hanya perlu mendatangi outlet Pegadaian terdekat. Selain itu, pembukaan tabungan emas Pegadaian juga bisa dilakukan online via aplikasi digital. 

Pemohon hanya perlu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dan melampirkan identitas diri berupa KTP atau paspor. Bagi yang membuka rekening Pegadaian tabungan emas melalui online, buku tabungan bisa didapatkan dengan mendatangi kantor cabang Pegadaian yang dipilih saat pendaftaran secara online maksimal 6 bulan sejak pembukaan rekening di aplikasi. 

Bagaimana Cara Menabung di Tabungan Emas Pegadaian?

Modal berinvestasi tabungan emas Pegadaian relatif sangat terjangkau, karena transaksi dapat dilakukan mulai 0,1 gram dan maksimal 100 gram per hari. Nasabah dapat melakukan top up atau menabung emas melalui berbagai cara. Nasabah bisa menabung melalui outlet Pegadaian, ATM, aplikasi Pegadaian digital, atau agen Pegadaian terdekat. Usahakan sisa saldo minimal di dalam rekening setelah buyback adalah 0,1 gram agar rekening tabungan tetap aktif. 

Baca Selengkapnya :   Ini 5 Benefit Menggiurkan Bagi Karyawan

Biaya Administrasi

Saldo emas ini kemudian bisa dicairkan menjadi emas batangan fisik jika beratnya sudah memenuhi. Selain itu, saldo emas bisa dijual langsung ke Pegadaian dengan harga buyback. Cetakan emas batangan bisa didapatkan dengan masa tunggu antara 15 sampai dengan 45 hari sesuai dengan lokasi kantor cabang Pegadaian.

Namun demikian, Pegadaian akan mengenakan tarif atau biaya cetak jika saldo emas tersebut akan ditukar menjadi emas batangan fisik. Cetak fisik emas dapat dilakukan dalam bentuk emas batangan Antam, UBS, atau Galeri 24 Pegadaian mulai dari pilihan kepingan 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Perlu anda ketahui, cetak emas dan pengambilannya hanya dapat dilakukan di Pegadaian tempat pembukaan rekening tabungan emas. 

Biaya yang dikenakan untuk mencetak emas adalah  Rp100 ribu per gram untuk cetakan emas Antam, Rp60 ribu per gram untuk cetakan emas UBS, dan Rp50 ribu per gram untuk cetakan Galeri 24 Pegadaian.

Meskipun ada biaya yang harus dibayar, pada prinsipnya membuka tabungan emas di Pegadaian lebih mudah daripada di lembaga keuangan lain sepert BRI, BCA, dan bank lain. Biaya setoran emas di Pegadaian lebih murah dan terjangkau. 

Baca Selengkapnya :   CARA MENULIS DESKRIPSI PEKERJAAN YANG EFEKTIF untuk IKLAN LOWONGAN KERJA

Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan semua persyaratan pembukaan rekening anda agar lebih mudah mengikuti cara menabung emas di Pegadaian. Pelajari juga aturan berinvestasi emas dari buku, artikel, atau literasi lainnya sehingga anda dapat menghasilkan banyak uang dengan berinvestasi emas di Pegadaian.

Jadi intinya produk tabungan emas dari Pegadaian ini memungkinkan nasabah untuk melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya. 

Selamat mencoba!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!