fbpx

yang perlu kamu tau tentang Fakultas Manajemen

Bagikan artikel ini

fakultas-manajemen

Apa itu manajemen? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering muncul, khususnya bagi mahasiswa baru yang sedang merencanakan untuk memilih jurusan. Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Program studi atau jurusan manajemen pada umumnya di beberapa kampus berada dalam fakultas ekonomi.

Saat ini manajemen menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh calon mahasiswa baru. Peminat jurusan manajemen bukan hanya dari lulusan IPS yang sudah memiliki modal dasar yang sudah dipelajari saat SMA, tetapi juga siswa yang lulus dari IPA. 

Proses adaptasi untuk jurusan manajemen terbilang mudah dan singkat. Pada awal masa perkuliahan mahasiswa akan dikenalkan dengan beragam dasar-dasar dari ilmu manajemen sebelum masuk pada bagian spesial atau khusus yang dimilikinya. Jadi calon mahasiswa tidak perlu merasa khawatir jika dulu memilih jurusan IPA pada saat bangku SMA. Meskipun jurusan manajemen dikenal sebagai salah satu cabang dari IPS.

Baca Selengkapnya :   Tips Menghemat Penggunaan Data Selama WFH

Jurusan Manajemen sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan pada berbagai bidang perusahaan, seperti sektor swasta, hingga instansi pemerintah. Lulusan ini dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan serta dapat berkomunikasi secara efektif.

Menjadi seorang manajer adalah hal yang pasti terbesit pertama kali oleh calon mahasiswa jika mendengar tentang jurusan manajemen. Hal tersebut ada benarnya karena manajemen sendiri memiliki arti mengatur atau memerintah orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan.

Kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan manajemen lebih cenderung mempelajari tentang hal – hal yang berhubungan dengan menghafal dan praktek. Tetapi pada kenyataanya, secara umum mahasiswa akan mempelajari hapalan dan hitungan yang seimbang yaitu 50:50 dan lalu akan dipraktekkan dalam suatu kasus. Beberapa mata kuliah yang akan mahasiswa temui di jurusan manajemen adalah Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro, Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, dan masih banyak lagi. 

Di dalam jurusan manajemen sendiri terdapat konsentrasi yang dapat diambil yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan.

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
Baca Selengkapnya :   Kenali Lebih Dalam Terkait Proses Manajemen Kerja

Manajemen sumber daya manusia tidak hanya berfokus pada perekrutan, namun juga pemahaman seputar sumber daya manusia (karyawan) sebagai asset aktif perusahaan dalam pengelolaan dan pemanfaatannya agar produktivitas suatu perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan. Konsentrasi ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki minat dengan pendekatan Ilmu Psikologi dalam bisnis. 

  1. Manajemen Operasional

Kuliah Manajemen Operasional berarti mahasiswa akan belajar memahami dan memilih proses operasi yang paling efektif dan efisien untuk suatu perusahaan. Mahasiswa akan mempelajari tentang Manajemen Logistik, Manajemen Proyek, dan berbagai mata kuliah lain di seputar operasi perusahaan.

  1. Manajemen Pemasaran

Secara umum manajemen pemasaran adalah kegiatan perencanaan, pengawasan dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk/jasa kepada khalayak luas atau konsumen. Fokus kuliah manajemen pemasaran terletak pada strategi dan analisis untuk memenangkan persaingan bisnis. Konsentrasi ini cocok untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan sisi kreatif yang mereka miliki dan harus selalu mengikuti trend terkini sehingga dapat menarik minat konsumen. 

  1. Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan ialah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh. Di sini mahasiswa akan belajar untuk menerapkan strategi terbaik dalam rangka optimalisasi keungan perusahaan.  Konsentrasi ini cocok untuk mahasiswa yang suka dengan hitungan dan ketelitian. 

Baca Selengkapnya :   Tips Mengelola Database Karyawan Dengan Efektif

Tidak perlu bingung jika sudah lulus kuliah akan menjadi apa. Saat ini banyak dari lulusan program studi manajemen yang bekerja sebagai entrepreneur mandiri, manajer, marketing, staf HRD, akuntan, staf keuangan, marketer, staf operasional, banker dan lain – lain. 

Dengan banyaknya jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan manajemen tentu saja akan membuat lulusan manajemen mempunyai peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Bukan hanya bisa bekerja sebagai pekerja kantoran juga, namun juga berpeluang besar untuk membangun usaha sendiri. 

Daftar Universitas yang memiliki Fakultas Manajemen disini

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!