fbpx

Pentingnya Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

Bagikan artikel ini

Loyalitas Karyawan

Loyalitas karyawan dapat diartikan sebagai kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada perusahaan atau organisasinya. Loyalitas juga salah satu hal yang tidak kita dapat dibeli dengan uang. Tetapi loyalitas hanya bisa didapatkan, namun tidak bisa dibeli.

Untuk bisa mendapatkan sikap loyal seseorang, terdapat banyak faktor yang akan mempengaruhinya. Akan tetapi menghilangkan loyalitas seseorang justru menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

Aspek-Aspek Loyalitas Karyawan

Kemauan untuk bekerja sama

Bekerja sama dengan orang-orang dalam suatu kelompok akan memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai oleh orang-orang secara individual.

Taat pada peraturan

Kedisiplinan yang menguntungkan organisasi baik intern maupun ekstern.

Hubungan antar pribadi

Hubungan sosial diantara karyawan, hubungan yang harmonis antara atasan dan karyawan, situasi kerja dan sugesti dari teman kerja

Baca Selengkapnya :   Jangan Bimbang, Ikuti Cara Mudah Ini Untuk Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Tanggung jawab pada perusahaan/organisasi.

Kesanggupan karyawan untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan kesadaran akan setiap resiko pelaksanaan tugasnya

Kesukanan terhadap pekerjaan

Untuk bekerja sama sebagai manusia seutuhnya dalam hal melakukan pekerjaan yang akan dilakukan dengan senang hati

Rasa memiliki

Sikap untuk ikut menjaga dan bertanggung jawab terhadap organisasi perusahaan sehingga pada akhirnya akan menimbulkan loyalitas demi tercapainya tujuan perusahaan dala membentuk suatu organisasi

Baca Juga: 6 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Loyalitas

Seiring berjalannya waktu, loyalitas karyawan terhadap perusahan dapat saja meningkat ataupun menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat loyalitas itu sendiri. Berikut ini 3 faktor yang mempegaruhi tingkat loyalitas seorang karyawan.

Tantangan

Faktor tantangan meliputi kejelasan jenjang karir yang dapat dirasakan oleh karyawan

Keamanan

Faktor keamanan meliputi masa jabatan seorang karyawan, kecukupan gaji, keselamatan kerja, dan jaminan.

Kenyamanan

Faktor kenyamanan meliputi kondisi lingkungan kerja yang baik, hubungan pertemanan yang ramah, fasilitas yang memadai, sistem kerja manusiawi, dan kepemimpinan yang dapatmemotivasi

Baca Selengkapnya :   Cara Membeli Saham BCA

Penyebab Turunnya Loyalitas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya loyalitas seorang karyawan terhadap perusahaan. Berikut ini beberapa yang menyebabkan loyalitas menurun.

Kepribadian

Faktor kepribadian ini dapat menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan. Contohnya saja seperti sifat yang cepat bosan dan ketidakselarasan antara karyawan dengan budaya kerja di sebuah perusahaan.

Faktor Rasional

Faktor yang kedua adalah rasional. Faktor ini menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan karena ada beberapa sebab antara lainnya adalah gaji, bonus, jenjang karir, dan fasilitas – fasilitas diberikan perusahaan kepada karyawan.

Faktor Emosional

Faktor yang terakhir adalah emosional. Dimana faktor ini biasanya disebabkan oleh ketidakcocokan karyawan dengan pemimpin, lingkungan kerja yang tidak kondusif dan kurangnya penghargaan perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!