fbpx

Pentingkah Quality Management Untuk Perusahaan?

Bagikan artikel ini

Quality Management

Quality management adalah rangkaian tindakan yang digunakan untuk menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan atau organisasi agar memastikan kualitas barang atau jasa yang diproduksinya. Hal ini sangat diperlukan, karena mengingat baik itu perusahaan maupun bisnis pasti ingin kualitas produksi mereka selalu konsisten.

Baca Juga: Apa Saja Fungsi Manajemen SDM?

Komponen Utama Quality Management

Dalam quality management ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Berikut ini komponen utama dalam quality management.


Quality planning

Komponen utama yang pertama dalam manajemen mutu adalah quality planning. Quality planning merupakan sebuah proses pembuatan standar kualitas dan cara mencapainya.

Tanpa adanya quality planning, maka tidak akan ada benchmark yang jelas, sehingga bisa saja kualitas dari produk yang dihasilkan berbeda-beda. Jadi, komponen ini adalah semacam tonggak atau pangkal utama yang harus dijalankan agar komponen lain dapat terlaksana dengan optimal.

Baca Selengkapnya :   Prosedur Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang Wajib Perusahaan Ketahui!

Quality improvement

Seperti namanya, quality improvement ditujukan memang untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang sedang diproduksi oleh perusahaan. Peningkatan kualitas berfokus pada proses produksi. Peningkatan kualitas ini dapat dijalankan di tengah-tengah produksi, agar proses lebih optimal dan produk yang dihasilkan bisa dipercaya kualitasnya.

Quality control

Komponen manajemen mutu yang selanjutnya yaitu quality control. Quality control adalah pengecekan atau pengawasan proses guna menjaga kualitas produksi, agar sesuai dengan standar yang ditetapkan di awal.

Jika dibandingkan dengan quality improvement, quality control lebih berfokus kepada pengawasan proses produksi dan produk yang dihasilkan, bukan mengubah prosesnya.

Quality assurance

Quality assurance adalah tindakan yang dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau jasa sudah memenuhi standar yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar ketika quality control dijalankan tidak terlalu banyak produk yang harus diperbaiki. Proses ini dapat membuat produksi lebih efisien baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya.

Manfaatnya bagi Perusahaan

Manfaat utama menggunakan quality management adalah perusahaan dapat mencapai konsistensi dalam seluruh proses produksinya, sehingga kualitas produk yang dihasilkan juga konsisten. Dengan menggunakan quality management atau manajemen mutu, perusahaan dapat menggunakan seluruh sumber dayanya secara lebih efisien dan optimal. Hal ini tentu saja dikarenakan ada sistem yang memastikan standar kualitas tetap terjaga secara konsisten.

Baca Selengkapnya :   Apa itu Teknologi Geotagging ?

Baca juga :

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!