fbpx

Jangan Jadi Korban Nganggur! Ini 4 Tips Cerdas Mencari Lowongan Pekerjaan

Bagikan artikel ini

Mencari Lowongan Pekerjaan

Mencari lowongan pekerjaan memanglah mudah, akan tetapi mendapatkan pekerjaan tersebut bukanlah hal yang mudah di jaman sekarang. Walaupun terdapat ribuan lowongan pekerjaan yang bisa Anda temui di situs tertentu, bukan berarti Anda bisa mendapatkan pekerjaan tersebut dengan mudah.

Ketika hendak melamar pekerjaan, Anda cenderung mengirim surat lamaran beserta CV ke berbagai lowongan pekerjaan yang ada. Namun tidak semua lowongan yang Anda isi memberikan respon sesuai yang Anda harapkan.

Maka dari itu mencari lowongan pekerjaan secara online juga diperlukan keterampilan, karena mudahnya menemukan lowongan pekerjaan di internet bukan berarti kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut dengan mudah. Diperlukan strategi agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan secara online.

Berikut adalah empat cara yang sistematis dan terorganisir untuk mencari pekerjaan. Sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut.

Tentukan tujuan karir

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah apa sebenarnya yang menjadi tujuan Anda berkarir. Apakah Anda berencana mendapatkan pengalaman kerja, menyasar pekerjaan tetap, membangun kredibilitas atau yang lainnya. Meskipun bagus untuk memiliki rencana, penting juga untuk Anda bersikap fleksibel untuk mengubah arah jika ada alasan kuat dibalik itu.

Baca Selengkapnya :   Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Terbukti

Visualisasikan perusahaan ideal

Walaupun Anda sedang mencari pekerjaan, namun Anda juga harus tahu seperti apa batasan yang bisa ditoleransi terhadap apa yang diberikan perusahaan. Anda perlu tentukan perusahaan seperti apa yang ideal agar Anda nyaman selama bekerja di sana. 

Mencari tahu latar belakang perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan, kenali lebih dulu seperti apa kinerja perusahaan, kultur, sepak terjang perusahaan yang akan Anda lamar. Di sinilah Anda harus menjelajahi ulasan perusahaan secara online, memantau obrolan media sosial, forum online, dan grup obrolan yang relevan. Anda harus mempersiapkan diri dengan mengenal perusahaan tersebut dengan baik.

Mencari kerja dengan cara yang cerdas

Mulailah melamar pekerjaan secara online dengan cara membuat daftar apa saja yang harus diperiksa dari perusahaan dan pekerjaan itu sendiri. Anda bisa mulai meneliti budaya perusahaan melalui ulasan di online, obrolan di media sosial, hingga forum online. Kemudian jangan asal memasukkan lamaran, cek apakah itu adalah lowongan pekerjaan palsu atau tidak. Sesudah itu, siapkan resume dengan surat lamaran. Terakhir, Cermat dalam memilih lowongan pekerjaan agar tidak terjebak dengan aksi penipuan.

Baca Selengkapnya :   Sedang Berjuang Memilih Karyawan Terbaik? Simak 5 Solusi Efektif Ini!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!