fbpx

Hal yang perlu ditingkatkan dalam diri

Bagikan artikel ini

hal yang perlu ditingkatkan dalam diri

Sebagai manusia  kemampuan diri harus selalu ditingkatkan, manusia bisa bertahan hidup hingga sekarang di bumi karena memiliki kemampuan diri. Seiring perkembangan zaman dan waktu, manusia harus bisa meningkatkan kemampuan di dalam diri agar tidak tergilas oleh zaman.

Seseorang perlu meningkatkan hal-hal penting di dalam dirinya agar bisa untuk:

Memenangkan persaingan dalam kehidupan;

Menjaga kelangsungan hidup;

Memiliki hidup yang sejahtera;

Tentu saja, orang-orang yang tidak mau meningkatkan kemampuan diri tidak akan bisa menghadapi tuntutan zaman yang bergubah begitu cepat. Bayangkan saja, tahun 90-an orang masih banyak yang mengetik dengan mesin tik, tahun 2.000-an sudah banyak yang mengetik menggunakan komputer, sepuluh tahun berselang laptop sudah menjadi pandangan biasa ditenteng oleh banyak orang untuk bekerja. Akhir-akhir ini, banyak juga orang yang sudah meninggalkan laptop untuk urusan pekerjaan, telepon genggam sudah bisa menggantikan peran laptop dan komputer untuk beberapa hal.

Tahapan mulai dari bekerja menggunakan mesin tik, komputer, laptop, hingga telepon genggam dialami oleh satu generasi. Maka sudah sepatutnya seseorang harus bisa meningkatkan beberapa hal agar bisa bersaing seiring perkembangan zaman. Sebagian orang, para peneliti dan ilmuan, telah bersaing mengembangkan alat-alat tersebut, setidaknya orang lain harus mampu bersaing, menyesuaikan diri, dan meningkatkan kemampuan dalam diri agar bisa menggunakan peralatan dalam pekerjaan sesuai dengan tuntutan zaman.

Baca Selengkapnya :   Manajemen HR (Human Resource), Ini Fungsinya!

Jadi, betap pentingnya untuk meningkatkan kemampuan diri seseorang. Lalu apa saja yang perlu ditingkatkan dalam diri masing-masing kita? Berikut ini adalah hal yang perlu ditingkatkan dalam diri:

Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi seseorang memang menjadikan manusia bertahan hidup, bahkan ribuan tahun. Dibanding makhluk hidup lainnya, manusia adalah yang paling bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.

Dalam kehidupan modern, kemampuan beradaptasi bukan hanya terbatas untuk bertahan hidup dari cuaca dan cara mendapatkan makan, tapi juga untuk memenangkan persaingan. Kemampuan beradaptasi dengan kemajuan teknologi, perubangan lingkungan, dan tuntutan pasar maka sangat diperlukan agar orang tersebut tetap dibutuhkan orang dan dapat menyejahterakan kehidupan sendiri.  Peluang usaha yang dimiliki orang yang mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar tentu akan lebih lebar terbuka.

“Asumsi dasar adaptasi berkembang dari pemahaman yang bersifat evolusionari yang senantiasa melihat manusia selalu berupaya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam sekitarnya, baik secara biologis/genetik maupun secara budaya.” sumber

Kemampuan Berkomunikasi

Apapun pekerjaan Anda, pastikan Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Bagaimana mungkin ide baik Anda atau keterampilan dan keandalan Anda bisa diketahui oleh orang lain jika tidak dikomunikasikan dengan baik. Maka kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang perlu untuk terus ditingkatkan. Cara terbaik meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah dengan mempraktikkannya secara langsung.

Baca Selengkapnya :   5 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Keinginan Belajar

Kewajiban belajar secara formal memang terbatas pada usia tertentu, usia sekolah. Tapi keinginan untuk belajar harus selalu ditingkatkan. Karena hal inilah yang mejadikan seseorang bisa memahami hal-hal baru di sekitarnya.

Penerapan Etika

Etika adalah sebuah norma kesopaan. Yang harus senantiasa ditingkatkan. Mungkin setiap orang paham ini hal baik dan ini hal buruk. Namun, tidak semua orang mampu menerapkan dalam tindakan dan tingkah laku. Dengan demikian penerapan etika menjadi sangat penting untuk selalu ditingkatkan. Batasan kesopanan dan etika dalam kehidupan nyata yang berpapasan langsung, tentu sangat berbeda dengan kesopanan melalui media sosial, misalnya. Orang yang mampu bertahan adalah orang yang disukai oleh banyak orang, nah agar disukai banyak.  Terlebih, akhir-akhir ini rekrutmen pekerja dari sebuah perusahaan juga meminta akun media sosial calon pegawai. Orang yang tidak punya etika yang baik meskipun sekadar di dunia maya, bisa menjadi boomerang.

Kemampuan Manajemen Waktu dan Manajemen Keuangan

Hal yang perlu ditingkatkan dalam diri selanjutnya adalah kemampuan manejerial. Manajemen keuangan maupun waktu. Kemampuan mengatur waktu perlu ditingkatkan karena seiring bertambahkanya usia, pembagian waktu bisa kacau. Harus meingkatkan kemampuan diri agar bisa mengatur waktu untuk bekerja, waktu untuk keluarga dan anak, waktu untuk istirahat, dan waktu rekreasi.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Pertanyaan Interview yang Sering Muncul!!!

Jika tidak diatur dengan baik, waktu yang ada malah terbuang sia-sia, bahkan bekerjaan kurang optimal, sementara keluarga banyak terabaikan. Maka kemampuan menejemen waktu adalah hal yang bperlu ditingkatkan.

Jadi, kemampuan mengatur uang juga perlu ditingkatkan dalam diri seiring berjalannya waktu. Anda harus tahu mana uang yang harus disisihkan untuk kebutuhan pokok dan biaya hidup, mana yang akan Anda sisihkan sebagai keperluan rekreasi. Karena kehidupan yang baik berawal dari upaya meningkatkan kemampuan diri dengan memenuhi kebutuhan Anda akan uang untuk menjaga kondisi tubuh dan kesehatan pikiran.

Maka hal-hal yang perlu ditingkan dalam diri di atas pada dasarnya saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!