fbpx

Yuk Ketahui Tentang Performance Management Lebih Mendalam

Bagikan artikel ini

Faktor kesuksesan management

Perusahaan yang berkembang pesat dan memiliki berbagai bisnis yang sudah market fit pastinya banyak peran di balik layar yang membantu berkembangnya bisnis tersebut. Maka dari itu, bisa di bilang karyawan adalah aset terpenting perusahaan.

Tanpa adanya karyawan, sebuah perusahaan tidak bisa berjalan. Itulah kenapa perusahaan ingin agar karyawannya memberikan performa atau kinerja yang maksimal dan sebaik mungkin.

Tapi tetap harus di ingat bahwa karyawan adalah manusia, akan ada kondisi dimana karyawan tersebut mengalami kondisi naik turun. Tetapi, peningkatan kinerja sangat mungkin untuk dilakukan, dengan cara menerapkan performance management atau manajemen kinerja.

Sebelum menerapkan performance management, ada baiknya Anda pahami dulu apa itu performance management.

Apa Itu Performance Management

Performance management adalah proses dimana supervisor memastikan para stafnya menghasilkan pekerjaan yang sesuai dengan strategi dan gol dari perusahaan itu sendiri. Performance management juga memegang pemeran penting dalam mencapai keunggulan yang kompetitif.

Baca Selengkapnya :   Ini Dia Contoh Form Cuti Karyawan

Jika menurut Amstrong, performance management adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam kelompok, individu ataupun organisasi melalui penjelasan dan juga pemahaman kinerja dalam sebuah struktur kerja yang jelas dalam standar, tujuan dan kompetensi yang sudah disepakati secara bersama.

Performance Management Memiliki 3 Point

1. Mendefinisikan Performance

Di tahap ini Anda akan melakukan pendefinisian performance yang dilakukan saat analisa tugas atau job analysis.

2. Mengukur Performance

Untuk mengukur performance ini Anda bisa menggunakan performance appraisal.

3. Performance Feedback

Pada tahap ini, atasan atau supervisor akan akan memberikan saran-saran untuk peningkatan performance dari para stafnya agar sesuai dengan strategi dari perusahaan.

Tujuan Diadakannya Performance Management

Tujuan diadakannya performance management ini secara umum untuk menjaga kestabilan performa dari karyawan di perusahaan. Namun jika dilihat secara spesifik, performance management memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Memberikan feedback kepada karyawan secara tepat sasaran dan efisien.
  2. Menjadi acuan untuk dapat menentukan kenaikan gaji, kompensasi, dan lain-lain.
  3. Meningkatkan komunikasi dua arah antara pihak manajemen dan karyawan.
  4. Meningkatkan kinerja karyawan melalui pemberdayaan karyawan dan mekanisme pemberian penghargaan.
Baca Selengkapnya :   Ini 5 Benefit Menggiurkan Bagi Karyawan

Kesimpulannya adalah, performance management dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja karyawan agar mereka dapat melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja di masa mendatang.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!