Instagram merupakan salah satu social media yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia, dengan lebih dari 800 juta akun di seluruh dunia. Kini Instagram melebarkan sayapnya untuk menjadi platform atau media pemasaran yang tepat bagi bisnis Anda.
Bahkan sekitar 75% pengguna Instagram melakukan aktivitas seperti berbelanja, mencari barang yang diinginkan dan memberi rekomendasi kepada kerabat ketika melihat postingan yang menarik.
Pada 2016 lalu Instagram telah meluncurkan yang namanya Instagram Bisnis, dan cara ini bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk yang Anda jual, khususnya bagi Anda para pelaku bisnis di bidang F&B.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda di sosial media Instagram.
Daftar Isi
TogglePosting konten berkualitas secara konsisten
Mengikuti tren memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dengan pembuatan konten secara konsisten dan berkualitas menjadi salah satu kunci penting untuk meningkatkan penjualan. Meskipun mungkin tidak akan cepat mendatangkan followers maupun pembeli, namun cara ini dipercaya dapat membangun image yang baik dan meningkatkan kepercayaan calon konsumen.
Ini dia tips membuat konten Instagram yang berkualitas:
- Buat storytelling pada caption dibawah postingan
- Konten yang dibuat bisa berupa infografis, foto atau video bermanfaat yang ditaruh di feed Instagram, atau slideshow
- Up-to-date terhadap tren yang viral di media sosial
- Buat konten yang sifatnya berkampanye, seperti film pendek yang berisi soft-selling produk atau video testimoni.
Maksimalkan penggunaan hashtag (#)
Tidak hanya content foto dan caption saja, di social media seperti Instagram ada yang namanya hashtag (#) dan itu sangatlah penting untuk membantu mempromosikan bisnis F&B Anda. Anda bisa memasukkan postingan ke dalam kategori-kategori yang berkaitan dengan bisnis Anda.
Dengan menyertakan hashtag para user lebih mudah untuk menemukan postingan Anda dari berbagai postingan yang di upload setiap harinya. Untuk bisnis F&B hashtag yang sering digunakan diantaranya #kuliner #makanan #food #makananenak #instafood #kulinerjakarta #kulinerbandung dan masih banyak lagi hashtag yang bisa Anda gunakan.
Lakukan interaksi dengan audiens
Melakukan interaksi dengan audiens juga menjadi hal penting yang harus Anda lakukan, sebab ini akan menciptakan crowd yang bisa saja berdampak pada jumlah followers, pembeli dan cakupan lainnya. Interaksi yang dimaksud disini adalah dengan:
- Membuat mini quiz di Instagram story. Ini bisa dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan produk yang akan Anda jual, tapi Anda tidak perlu memberikan hadiah.
- Adakan giveaway di momen-momen tertentu, baik itu sebulan atau dua bulan sekali atau ketika ada perayaan tertentu. Giveaway ini tidak harus selalu memberikan produk, tetapi bisa Anda ganti dengan memberikan kupon potongan harga atau voucher lainnya.
- Menjawab setiap komentar audiens. Ini menjadi komponen yang selalu disepelekan oleh banyak orang, tapi nyatanya berdampak besar. Dengan memberikan respon cepat pada komentar konsumen, Anda akan mendapat reputasi dan perspektif positif dari konsumen Anda.
Manfaatkan fitur yang diberikan Instagram
Instagram saat ini memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan dan salah satunya adalah Instagram for Business. Selain itu masih ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan sebagai bisnis, antara lain:
- Instagram story: Lakukan interaksi seperti polling, mini quiz, atau mini content tentang produk baru. Atau bisa juga membuat polling tentang makanan yang sering dipesan oleh customer.
- Highlight: Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda akan memudahkan audiens untuk melihat informasi penting. Misalnya tentang harga, testimoni ataupun promo-promo dari bisnis Anda.
- Instagram Ads: Fitur ini menjadi sangat efektif untuk meningkatkan penjualan karena dapat menargetkan audiens yang tepat berdasarkan preferensi dan perilaku pengguna, serta menyediakan format iklan yang menarik dan mudah diakses oleh pengguna Instagram.
- Direct purchase: Konsumen dapat langsung membeli produk Anda di Instagram tanpa harus meninggalkan aplikasi. Ini sangat menyederhanakan proses pembelian dan mendorong impuls pembelian melalui integrasi yang mudah dan intuitif.
Cantumkan lokasi restoran
Komponen yang satu ini memegang peranan penting dalam memudahkan calon pelanggan untuk menemukan lokasi fisik bisnis F&B Anda dengan cepat dan akurat. Dengan informasi jelas, konsumen dapat merencanakan kunjungan secara langsung tanpa adanya hambatan dalam mencari alamat.
Fitur ini juga mampu meningkatkan eksposur restoran di Instagram. Ketika audiens mencari atau menjelajahi tempat makanan di daerah tertentu, restoran yang memiliki informasi lokasi yang lengkap akan lebih unggul dan mudah ditemukan. Pada akhirnya, akan menjadi pertimbangan untuk dikunjungi oleh konsumen karena mereka merasa lebih yakin dan nyaman ketika sudah diberikan informasi lokasi restoran secara jelas.
Dengan begitu, secara tidak langsung ini juga turut berimbas dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan konsumen. Mereka yang sudah pernah mengunjungi restoran Anda, akan memberikan ulasan atau merekomendasikan restoran Anda kepada teman-temannya berdasarkan pengalaman positif yang mereka alami setelah mengunjungi lokasi fisik restoran Anda yang mudah diakses dan ditemukan di platform Instagram.
Analisa data statistik secara berkala
Apapun yang Anda lakukan, baik itu berhubungan dengan advertising atau tidak, semua bisa dihitung dan di analisa kemudian. Sejak terintegrasi dengan Facebook, kini Instagram memiliki analytic tools yang menyediakan beragam rekaman data.
Mulai dari impression, followers, most like, dan lainnya. Dengan ini Anda bisa mengetahui apakah cara marketing yang Anda lakukan sudah benar atau belum. Dan langkah pemasaran selanjutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.
Jadi, dari beberapa tips diatas, tips mana saja yang sudah pernah Anda lakukan? Apakah itu benar memberikan dampak positif bagi peningkatan penjualan Anda di Instagram?
Di era yang serba digital ini, melakukan penjualan di Instagram memang sangat penting, untuk bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Sayangnya, terkadang memang cara-caranya sangatlah tricky. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti 5 tips diatas untuk memperkuat kepercayaan konsumen sehingga berdampak pada pengaruh keputusan pembelian.