fbpx

Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan

Bagikan artikel ini

Insentif Terhadap Karyawan

Dalam keberhasilan sebuah perusahaan sangat tergantung pada sumber daya manusia yang berkualitas. Itu sebabnya perlu diberikan apresiasi terhadap kinerja karyawan agar mereka lebih bersemangat dalam bekerja dan memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan. Salah satunya adalah dengan kebijakan pemberian insentif.

Lalu, Kenapa pemberian insentif terhadap karyawan dapat meningkatkan kinerjanya pada perusahaan? Karena pemberian insentif itu merupakan salah satu teknik motivasi yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Berikut ini beberapa alasan pemberian insentif kepada karyawan di kantor atau perusahaan Anda.

1. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Pemberian insentif jangka pendek mampu memotivasi kinerja mereka. Jika Anda memberikan insentif dalam jangka panjang, apa yang akan terjadi? Tentu saja, karyawan akan semakin termotivasi dan merasa dihargai sehingga menciptakan gairah positif yang mereka salurkan di perusahaan.

Baca Selengkapnya :   Intip Budaya Dari 5 Perusahaan Dunia yang Dapat Ditiru!

2. Insentif dapat Membangun Koneksi secara Emosional

Insentif adalah sebuah cara efektif yang digunakan pimpinan atau manajer sebuah perusahaan untuk memotivasi karyawan. Pendekatan yang dilakukan seorang pimpinan perusahaan ini selanjutnya akan meningkatkan hubungan baik dengan para karyawan sehingga terjalin sebuah komunikasi nilai dan kepercayaan secara emosional.

3. Insentif Sebagai Penghargaan terhadap Sikap Karyawan

Saat sebuah perusahaan mengalami kemajuan dan peningkatan dari segi pendapatan, maka setiap bagian pun akan mengalami peningkatan. Mulai dari penambahan perlengkapan dan peralatan kerja, penambahan jam lembur kerja, sampai dengan perekrutan karyawan baru.

Itu sebabnya, beberapa karyawan yang telah berusaha keras memajukan perusahaan juga berhak mendapatkan persentase penambahan atas prestasi kerja mereka, dengan demikian, pemberian insentif juga dipandang sebagai persepsi keadilan bagi karyawan.

4. Insentif Dipandang Sebagai Persepsi Keadilan

Saat sebuah perusahaan mengalami kemajuan dan peningkatan dari segi pendapatan, maka setiap bagian pun akan mendapatkan peningkatan. Mulai dari penambahan perlengkapan dan peralatan kerja, penambahan jam lembur kerja, sampai dengan perekrutan karyawan baru.
Itu sebabnya, beberapa karyawan yang telah berusaha keras memajukan perusahaan juga berhak mendapatkan persentase penambahan atas prestasi kerja mereka, dengan demikian, pemberian insentif juga sebagai persepsi keadilan bagi karyawan.

Baca Selengkapnya :   Seperti Apa Masa Depan SDM Dalam Pekerjaan?

5. Insentif Tidak Harus Selalu Berwujud Uang

Pemberian insentif tidak harus berupa uang anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan karyawan anda. Anda bisa mulai bertanya pada bagian Human Capital Management, apa yang dibutuhkan karyawan satu dengan karyawan lainnya. Kesesuaian pemberian insentif kepada karyawan juga akan membuat karyawan Anda merasa lebih dihargai karena Anda paham betul apa kebutuhan utama dari karyawan Anda.

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa pemberian insentif dapat meningkatkan kinerja karyawan. Pemberian insentif pada karyawan yang anda miliki merupakan investasi yang cukup efektif untuk meningkatkan kualitas kinerja mereka. Juga berdampak positif terhadap meningkatnya keuntungan perusahaan.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!