fbpx

Jenis Pekerjaan Yang Cocok Terhadap Kepribadian

Bagikan artikel ini

Jenis Pekerjaan

Banyak sekali hal yang harus di pertimbangkan ketika memilih suatu pekerjaan.  Biasanya orang akan mempertimbangkan nominal gaji, lingkungan pekerjaan, tujuan karir, dan fasilitas yang didapat. Dari berbagai hal yang dipertimbangkan untuk memilih jenis pekerjaan ada salah satu hal yang sangat penting yaitu kepribadian diri. Kepribadian juga mempengaruhi kecocokan kita dengan pekerjaan yang kita geluti. Jika kamu memilih pekerjaan yang mendukung kepribadianmu, maka kamu akan bekerja dengan lebih efektif dan optimal. Kamu juga akan merasa lebih nyaman mengekspresikan dirimu dan mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan tersebut.

Jadi bagaimana cara memilih jenis pekerjaan yang cocok dengan kepribadian? Pertama- kamu harus tau tipe kepribadian kamu  terlebih dahulu, barulah menentukan pekerjaan apa yang cocok untukmu. Berikut ini beberapa jenis kepribadian dan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tersebut.

Kepribadian Sosial

Orang-orang yang berkepribadian sosial biasanya cenderung suka menolong orang dan menyukai kegiatan yang mengharuskannya berinteraksi dengan banyak orang. Orang yang mempunyai tipe sosial punya ciri-ciri pandai bergaul dan berbicara, responsif, bertanggung jawab, berjiwa sosial, dan lebih berorientasi pada perasaan. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian sosial biasanya adalah psikolog, aktivis, public relations, customer service, dokter, apoteker, dan lain-lain.

Baca Selengkapnya :   Pentingnya Perencanaan Bisnis untuk Memulai Usaha

Kepribadian Artistik

Orang yang mempunyai kepribadian artistik memiliki daya imajinasi dan intuisi yang tinggi, tetapi menghindari aktivitas yang rutin dan berulang. Mereka biasanya juga tipikal orang yang pandai memecahkan masalah karena mereka mampu memadukan antara sisi kreatifitas dan intuisinya dengan data atau informasi rasional yang mereka dapatkan dari lingkungannya. Pekerjaan yang tepat untuk orang yang berkepribadian artistik biasanya adalah designer, design grafis, editor, produser, dan lain-lain.

Kepribadian Enterprising

Biasanya tipe orang yang artistik identik dengan kreatifitasnya, selain kreatif tipe orang berkepribadian artistik biasanya juga pandai dalam memecahkan masalah, tetapi kurang suka dengan banyaknya aturan. Mereka biasanya juga senang mengekspresikan diri dan menghindari keadaan yang bersifat interpersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut keterampilan fisik. Jika kamu memiliki kepribadian enterprising, kamu bisa  pertimbangkan karir sebagai manager, supervisor, team leader, koordinator, dan lain-lain.

Kepribadian Realistic

Seorang yang realistis cenderung menyenangi jenis pekerjaan yang banyak melibatkan fisik yang membutuhkan keahlian, kekuatan, dan koordinasi. Ciri-ciri orang-orang realistis adalah bersifat sungguh-sungguh, tulus, stabil, serta praktis. seseorang yang realistik tidak begitu mementingkan teori, yang penting dia melakukan sesuai dengan prakteknya. Orang dengan Kamu bisa bekerja di beberapa bidang seperti menjadi seorang insinyur, mekanik, teknisi, operator mesin, ahli listrik, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya :   Cara Membuat Surat Resign Yang Baik dan Benar

Kepribadian Conventional

Apakah Anda menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka, berkas-berkas dan segala pekerjaan yang serba teratur? Jika ya, maka kamu termasuk orang dengan tipe konvensional. Mungkin orang dengan kepribadian konvensional akan lebih cocok bekerja di bagian administrasi, keuangan, pegawai bank, pegawai arsip, dan akuntan.

Kepribadian Intelektual

Biasanya seseorang yang memiliki kepribadian intelektual selalu memiliki karakter analitis. Seseorang yang hobi meneliti atau mencari solusi untuk suatu masalah dan selalu bertanya akan semua hal adalah orang yang termasuk dalam kepribadian intelektual. Pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian intelektual adalah menjadi seorang peneliti, periset, software developer, ahli matematika, ahli kimia, ahli fisika, dosen, psikiater, detektif, psikolog, dan sebagainya.

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!