fbpx

Stock Opname : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Bagikan artikel ini

Stock Opname Barang

Dapat dibayangkan ketika sebuah usaha memiliki banyak stok barang digudang, apakah bagian operasional mengetahui kondisi barang tersebut rusak atau tidak? Untuk itu setiap usaha / perusahaan harus melakukan Stock Opname barang. Berikut ini ulasan mengenai apa itu stock Opname, apa fungsi dan tujuannya serta kapan harus melakukan stock opname?

Apa itu Stock Opname ?

Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan fisik stok barang yang berada di dalam toko atau gudang. Secara umum, kegiatan ini dilakukan guna mengetahui secara pasti dan akurat mengenai kecocokan barang dengan catatan pembukuan internal.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena Anda akan benar-benar secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Untuk mengatasi persoalan ini, perusahaan sudah harus mengatur waktu secara efisien ketika ingin melakukan stock opname.

Tujuan dan Fungsi Stock Opname ?

Stock opname dilakukan tidak hanya untuk mengetahui persediaan barang perusahaan saja, melainkan juga diharapkan dapat membantu menghitung, aktiva, piutang, dan utang. Pada beberapa perusahaan, kegiatan ini dilakukan untuk menghitung persediaan barang dan kas. Namun, khusus di perusahaan manufaktur, biasanya hal ini dilakukan guna mengetahui persediaan bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Baca Selengkapnya :   Sudah Siap? Ini Dia Prediksi Tren HR 2024!

Petugas yang biasanya diberi tugas untuk melakukan stock opname adalah petugas audit yang bukan personel pencatat persediaan dari internal perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat melakukannya secara independen dengan harapan dapat memberikan hasil yang benar-benar akurat.

Jadwal Stock Opname

Periode untuk melakukan stock opname pada umumnya dilakukan setiap akhir tahun atau bahkan setiap akhir bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan tersebut. Berbeda dari perusahaan dengan SPI yang rapi, biasanya hal ini dilakukan setiap triwulan dan caturwulan.

Menentukan periode yang tepat untuk melakukan stock opname bisa disesuaikan dengan tingkat kepentingan dan kemampuan perusahaan dalam melakukannya.

Di beberapa perusahaan, guna menekan risiko selisih dari stok, kegiatan stock opname ini dilakukan setiap awal bulan. Tujuannya adalah agar perbedaan stok dapat segera diketahui dan dicari tahu akar dari analisis perhitungannya. Apabila penyebabnya adalah jumlah barang, maka jarak waktu ketika melakukan stock opname juga semakin lama. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di sela hari kerja atau ketika perusahaan Anda sedang tidak beroperasi.

Baca Selengkapnya :   Tak Kenal Maka Tak Sayang SmartPresence

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!