fbpx

Beda Job Description & Job Specification Apa Sih? Ini Dia Bedanya!

Bagikan artikel ini

Job Description

Sebagai pencari kerja atau sebagai calon karyawan tentunya pernah merasa bingung dengan informasi yang diberikan oleh pihak perusahaan yang menawarkan informasi lowongan pekerjaan. Informasi yang diperoleh oleh para pencari kerja tentunya harus dipahami, biasanya informasi tersebut memuat mengenai job description dan job specification.

Pencari kerja  atau untuk calon karyawan harus dapat memahami perbedaan antara job des dengan job specification, yang bertujuan untuk memahami dan mengetahui apa saja tugas-tugas yang akan kita kerjakan nantinya. Sebelum kita mengetahui hal apa yang membedakan antara job description dan job specification, kita harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu, sebagai berikut :

  • Job Description

Job Description atau lebih dikenal dengan jobdesc merupakan uraian atau catatan yang menjelaskan gambaran tugas secara tertulis yang berisikan dari dibentuknya suatu jabatan atau tugas. Uraian atau catatan ini berisikan informasi fungsi tugas, tanggung jawab, dan wewenang  yang harus dilakukan terkait dengan pemegang jabatan. Hal tersebut menjelaskan bagaimana gambaran tugas karyawan secara rinci.

  • Job Specification
Baca Selengkapnya :   Banyak Peluang! Ini 4 Pekerjaan Freelance Paling Dicari Tahun 2024?

Job Specification merupakan suatu spesifikasi  atau persyaratan jabatan yang harus dipenuhi oleh calon pencari kerja untuk bisa masuk menduduki jabatan dalam perusahaan. Spesifikasi atau persyaratan ini terkait dengan latar belakang pendidikan, kompetensi, dan kemampuan atau hal lain yang terkait dengan jabatannya nanti.

Perbedaan Job Description dan Job Specfication

Job Description Job Specfication
Menjelaskan tentang bagaimana pekerjaan dan tugas yang akan dilakukanBerisi dengan persyaratan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.
Menjelaskan informasi mengenai tempat kerja, waktu kerja, gaji, dan tanggung jawab.Berisi dengan formasi mengenai persyaratan umur, kualifikasi, dan pengalaman kerja.
Menjelaskan apa yang harus dilakukan dalam pekerjaan tersebut.Menjelaskan kriteria dan syarat dari pekerjaan tersebut.

Setelah sudah terbentuk dengan jelas, itu akan sangat memudahkan bagi calon pencari kerja dan calon karyawan suatu perusahaan.

Mereka akan memahami apa perbedaan antara job description dengan job specification itu sebenarnya. Selain itu arah pengembangan karyawan menjadi lebih terstruktur, dari awal hingga akhir yang sudah menetapkan dia menjadi karyawan di perusahaan yang bersangkutan.

Baca Selengkapnya :   5 Ide Kreatif Di Tempat Kerja Agar Lebih Produktif

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!