fbpx

Seberapa Pentingnya Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan?

Bagikan artikel ini

Pentingnya Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja karyawan memberikan segudang manfaat yang bukan hanya bisa dirasakan oleh karyawan itu sendiri tetapi termasuk perusahaan. Dengan adanya matriks ini, perusahaan mampu memutuskan jenjang karir dan kenaikan gaji dari karyawan mereka. Untuk itu, sebagai pemimpin perusahaan, Anda harus paham akan pentingnya penilaian kinerja ini agar karyawan dan perusahaan dapat berkembang dan menjadi lebih baik hari demi hari. 

Tapi, apakah Anda tahu mengapa penilaian kinerja menjadi begitu penting untuk perusahaan? Ini alasannya. 

Pentingnya penilaian kinerja karyawan

Penilaian kinerja dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengambil tindakan-tindakan perbaikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja melalui feedback yang diberikan oleh perusahaan.Hasil dari penilaian kinerja nantinya dapat digunakan sebagai informasi dalam menentukan kompensasi secara layak sehingga karyawan dapat memotivasi pegawai.Hasil dari penilaian kinerja tersebut tentunya dapat digunakan untuk menentukan program pelatihan dan pengembangan yang lebih efektif.

Baca Selengkapnya :   Fingerprint untuk Absen? Berikut Cara Kerjanya!

Membantu pegawai mengatasi masalah eksternal dengan penilaian kinerja, maka atasan akan mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya unjuk kerja yang jelek sehingga atasan dapat membantu mengatasinya. Dengan melakukan Umpan balik pada pelaksanaan fungsi manajemen sumber daya manusia, yaitu dengan diketahuinya untuk kerja karyawan secara keseluruhan dapat menjadi informasi sejauh mana fungsi sumber daya manusia berjalan baik atau buruk.

Manfaat Penilaian Kinerja untuk Perusahaan 

Penilaian kinerja menjadi komponen yang bukan hanya sekedar penting tetapi juga ada menyumbangkan manfaat: 

Meningkatkan produktivitas 

Dengan adanya penilaian kinerja bagi setiap karyawan akan sangat membantu dalam mengevaluasi karyawan. Dari evaluasi yang didapatkan, karyawan menjadi semakin terpacu untuk bekerja lebih produktif. Inilah yang menjadi modal penting perusahaan untuk terus memantau dan membantu kinerja setiap karyawannya.

Menyediakan jenjang karir yang baru 

Penilaian kinerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penyediaan jenjang karir yang baru bagi karyawan. Ketika karyawan mendapatkan penilaian kinerja yang baik dari perusahaannya, secara otomatis akan membuka pintu jenjang karir bagi karyawan. Maka dari itu, jika Anda sebagai karyawan ingin dipromosikan oleh perusahaan terhadap jenjang karir yang baru, pastikan Anda menunjukkan kualitas pekerjaan terbaik Anda agar perusahaan menoleh Anda. 

Baca Selengkapnya :   Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Mengidentifikasi bakat karyawan yang terselubung 

Potensi kerja karyawan akan lebih terlihat ketika mereka bekerja di lapangan. Oleh karena itu, dengan hadirnya penilaian kinerja ini akan sangat membantu dalam mengidentifikasi bakat dan keterampilan karyawannya yang tersembunyi dan tertutup. 

Meningkatkan hubungan manajer dengan karyawan 

Setelah mendapatkan data penilaian kinerja karyawan, artinya karyawan berkesempatan untuk melakukan diskusi dan tukar pikiran dengan atasan mereka akan apa yang menjadi kekurangan hingga masalah apa saja yang dihadapi. Dengan menyertakan umpan balik yang sifatnya konstruktif, tentunya karyawan sangat terbantu untuk mengatasi kendala yang mereka hadapi sekaligus meningkatkan hubungan antar anggota tim dan atasan mereka. 

Reference: 

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!