fbpx

2 Jenis Program Kesehatan Karyawan

Bagikan artikel ini

Program Kesehatan Karyawan

Karyawan adalah aset terpenting dalam suatu perusahaan atau organisasi. Maka dari itu perusahaan harus sangat memperhatikan bagaimana kesehatan karyawan. Karena keberadaan karyawan sangatlah berpengaruh terhadap maju atau mundurnya perkembangan suatu perusahaan atau organisasi. 

Itu sebabnya mengapa perusahaan perlu memiliki sebuah program kesehatan yang baik untuk karyawannya. Hal ini berguna untuk mendukung kondisi kesehatan karyawan agar tetap bisa bekerja dengan produktif dan menghasilkan kinerja yang baik.

Apa itu Program Kesehatan?

program kesehatan karyawan merupakan sebuah inisiatif perusahaan untuk meningkatkan kesehatan para karyawannya. Program yang diterapkan masing-masing perusahaan pastinya berbeda-beda, akan tetapi pada umumnya mempunyai satu tujuan yaitu mengurangi ketidakhadiran karyawan karena sakit dan juga meningkatkan produktivitas karyawan. Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan vendor tertentu untuk menjalani program kesehatan ini.

Apa Saja Program Kesehatan Karyawan?

Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja program kesehatan bagi karyawan yang dapat digunakan oleh pengelola perusahaan atau organisasi. Berikut ini beberapa program kesehatan karyawan yang dapat terapkan di perusahaan.

Baca Selengkapnya :   6 Tips Untuk Meningkatkan Skill Komunikasi di Lingkungan Kerja

Baca Juga: Ini Cara dan Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Program Kesehatan Swasta

Jenis program ini biasanya yang paling sering diberikan perusahaan kepada karyawan adalah asuransi dan salah satunya adalah asuransi kesehatan swasta. Dengan adanya asuransi kesehatan swasta ini, karyawan dapat memiliki hak atas jaminan kesehatan sesuai dengan manfaat yang telah ditentukan oleh perusahaan sebelumnya.

Untuk besaran dan jumlah manfaat kesehatan yang diberikan bisa berbeda-beda antar karyawan tergantung dengan kesepakatan yang diambil antara perusahaan dengan karyawan bersama dengan pihak asuransi. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menjelaskan secara rinci bagaimana kesepakatan mengenai program kesehatan yang diberikan oleh perusahaan.

Program Kesehatan Pemerintah

Selanjutnya program kesehatan yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawannya adalah program kesehatan pemerintah. Seperti yang sudah diketahui pemerintah Indonesia telah meluncurkan satu program kesehatan untuk karyawan, yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan adalah program jaminan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Jaminan ini terdiri dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua. Program ini dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh karyawan dalam kondisi yang sesuai dengan kesepakatan.

Baca Selengkapnya :   Intip Budaya Dari 5 Perusahaan Dunia yang Dapat Ditiru!

Daftar Isi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menjadi Reseller Kami!

Bergabung sekarang dan nikmati keuntungannya!